Pekerjaan Paruh Waktu yang Cocok untuk Mahasiswa

Inilah Pekerjaan Paruh Waktu yang Cocok untuk Mahasiswa

Kewajiban seorang mahasiswa memang pada dasarnya adalah menuntut ilmu, namun bukan berarti menutup kemungkinan kamu untuk berkembang di bidang lain. Menjadi mahasiswa bukan melulu di dalam kelas dan bergelut dengan berbagai mata kuliah yang sarat akan tugas. Atau mungkin sebaliknya, malah ada mahasiswa yang hobinya hanya nongkrong dan menghabiskan uang untuk kesenangan saja. Daripada menghabiskan uang pemberian orang tua untuk berfoya-foya, mending coba untuk menghasilkan uang sendiri, sambil tetap melanjutkan perkuliahan kamu. Namun terkadang suka bingung bukan mencari pekerjaan yang cocok dengan status kamu yang masih mahasiswa? Tenang, jangan khawatir, Kepo punya beberapa referensi pekerjaan yang dapat kamu pilih sebagai mahasiswa.

[Baca juga: Ini nih Perbedaan Mahasiswa Baru dan Mahasiswa Lama di Kampus]

Penulis Paruh Waktu

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Buat kamu yang memiliki kemampuan menulis yang cukup baik atau hobi menulis, kamu bisa coba menjadi penulis paruh waktu khususnya secara online. Menjadi seorang penulis tidak akan begitu menyita waktu kamu, sehingga kamu masih bisa memiliki banyak waktu untuk urusan kuliah kamu. Selain itu, kamu juga bisa melakukan perkerjaan kamu dimana saja, di kosan, di kampus, atau di tempat kamu nongkrong. Nah, untuk bisa menjadi penulis kamu bisa melamar ke portal media online. Bisa dibilang pekerjaan ini seseuai lah dengan gaya hidup mahasiswa yang cenderung menginginkan kebebasan dan tidak lepas dari internet.

Guru Privat

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Kalau kamu tidak begitu suka bergelut di dunia internet, kamu bisa mencoba untuk menjadi guru privat. Tidak ada salahnya bukan, ilmu yang kamu dapat selama menuntut ilmu dari SD hingga kuliah kamu bagikan dengan orang lain. Menjadi seorang guru, meskipun bukan di institusi pendidikan formal, merupakan suatu pekerjaan yang mulia loh. Selain kamu bisa mendapat pahala, kamu juga bisa mendapat penghasilan tambahan untuk uang kuliah kamu.

[Baca juga: Benarkah Mahasiswa Sekarang itu Penggerak Perubahan Bangsa?]

Berjualan Online

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Nah, buat kamu yang punya bakat atau tertarik di bidang bisnis, boleh jadi perkerjaan yang satu menjadi pilihan pekerjaan paruh waktu kamu. Kamu bisa menggunakan akun media sosial yang kamu miliki sebagai media promosi. Banyak pilihan produk yang bisa kamu pilih untuk berjualan, seperti produk fashion, kosmetik, makanan, aksesoris, dan lain sebagainya. Kamu juga tidak akan begitu banyak menghabiskan waktu kamu untuk pekerjaan ini, tinggal kamu promosi, tunggu ada order, kirim deh, gampang bukan?

Desainer Grafis

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Buat kamu yang senang menggambar atau merancang sesuatu, boleh coba nih jadi desainer grafis. Kamu bisa perlihatkan hasil karya kamu ke keluarga dan teman-teman kamu atau membagikannya di media sosial, siapa tahu ada perusahaan, percetakan, dan lainnya yang tertarik dengan gambar atau rancangan kamu. Kalau sudah begitu, lumayan bukan hobi kamu bisa membuahkan pemasukan buat kantong kamu.

Nah, itulah beberapa pekerjaan paruh waktu yang dapat kamu pilih sesuai minat dan bakat kamu. Jadi, menjadi mahasiswa bukan berarti harus terus bergelut dengan urusan kuliah kamu. Kalau kamu memiliki kemampuan atau bakat tertentu, kembangkan, jangan hanya dipendam dan lebih menyenangkan jika hobi kamu bisa menghasilkan. Jangan hanya menghabiskan uang orang tua saja, sesekali cobalah untuk menghasilkan uang sendiri. Meskipun mungkin tidak seberapa, namun pekerjaan paruh waktu yang kamu ambil semasa kuliah bisa dijadikan pengalaman untuk nantinya menjadi bekal setelah kamu lulus kuliah.

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional