Ini lho Benefit Makan Buah Pisang

Apa Manfaat Makan Buah Pisang?

Apakah kamu suka mengkonsumsi buah-buahan? Buah apa yang paling kamu suka dan sering kamu konsumsi? Seperti kita ketahui, bahwa buah-buahan dapat memberikan asupan nutrisi bagi tubuh kita seperti vitamin dan mineral. Karena selain mengonsumsi makanan pokok seperti nasi dan lauk-pauknya, konsumsi buah juga penting loh.

Ada banyak berbagai jenis buah yang dapat kita temui, salah satunya adalah pisang. Ayoo, kamu suka makan buah pisang tidak? Buah pisang memiliki rasa yang manis, bisa dimakan langsung atau diolah menjadi hidangan lain yang lezat. Selain itu, buah yang tidak mengenal musim ini mudah sekali ditemukan baik di pasar tradisional maupun di supermarket. Mau tahu apa saja manfaat yang diberikan pisang bagi tubuh kita? Yuk, simak uraiannya di bawah ini.

Bebas Lemak dan Kolesterol

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Ini cocok banget buat kamu yang sedang diet nih. Selain bebas lemak dan kolesterol, kalori yang terkandung dalam buah pisang rata-rata adalah 110 kalori, sehingga bisa memuaskan kamu untuk makan makanan yang manis tanpa harus merusak dietnya kamu. Asalkan tidak diolah menjadi makanan yang tinggi kalori loh ya.

[Baca juga: Lima Hal Ini Dapat Menyebabkan Gagalnya Diet Kamu]

Tinggi Kandungan Potasium

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Buah pisang dikenal memiliki kandungan potasium yang tinggi. Potasium sendiri memiliki berbagai fungsi untuk tubuh, seperti mengendalikan tekanan darah, menjaga fungsi otot dan saraf, menjaga kesehatan tulang, membantu metabolisme, mengurangi resiko stres, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, mengatur keasaman, membantu fungsi otak, serta dapat menjaga kesehatan kulit juga. Potasium yang terkandung dalam pisang mencapai 400 mg untuk pisang dengan ukuran yang sedang. Nah, lumayan bukan untuk menambah asupan potasium untuk tubuh kamu.

Kaya Akan Vitamin C

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Seperti buah kebanyakan, pisang juga memiliki kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C dalam pisang bisa mencukupi sekitar 15% vitamin C yang direkomendasikan dalam sehari, atau sekitar 10 mg vitamin C dalam satu buah pisang. Vitamin C baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, sebagai antioksidan, menjaga kesehatan kulit, serta untuk mengatasi flu.

Mengandung Vitamin B6

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Selain vitamin C, vitamin lain yang terkandung dalam pisang adalah vitamin B6. Vitamin B6 berfungsi untuk membentuk sel-sel yang baru dalam tubuh. Vitamin B6 juga dapat meningkatkan sitem imun tubuh karena membantu dalam sintensis limfosit yang berfunsi untuk pertahanan tubuh. Satu buah pisang mengandung sekitar 35% vitamin B6 yang dianjurkan dalam sehari loh.

[Baca juga: Tahukah Kamu? Ada lho Beberapa Makanan Kaya Nutrisi, Namun Kurang Digemari]

Berserat Tinggi

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Pisang juga memiliki kandungan serat yang terbilang tinggi loh. Serat sangat baik untuk melancarkan pencernaan kamu. Selain itu, serat juga bisa membantu kamu kenyang lebih lama, sehingga kamu tidak akan makan berlebihan. Cocok banget nih buat kamu yang sedang diet. Kandungan serat pada pisang seitar 2.6 gram per 100 gram buah pisang.

Nah, itulah beberapa benefit atau manfaat buah pisang bagi tubuh kita. Buah pisang bisa kamu jadikan pilihan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian kamu. Selain mudah didapat, harganya pun tidak terlalu tinggi. Oh iya, buat kamu yang sedang diet juga boleh nih menjadikan buah pisang sebagai salah satu makanan diet kamu, dengan catatan bukan olahan buah pisang yang tinggi kalori ya.

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional