Ini lho Penyebab Mengapa Rumah Kosong Lebih Cepat Rusak

Kenapa Rumah Kosong Gampang Rusak?

Banyak orang yang bilang kalau rumah yang tidak ditempati atau rumah kosong akan lebih cepat rusak dibandingkan dengan rumah yang berpenghuni. Kamu pernah mempunyai pengalaman seperti itu tidak? Mungkin kamu selama ini penasaran apa sih penyebab di balik cepat rusaknya rumah yang tidak berpenghuni. Nah, kali ini Kepo akan coba menguraikan penyebab dari rumah kosong yang lebih cepat rusak nih. Simak baik-baik di bawah ini ya.

Rumah Kosong Memiliki Kelembaban yang Tinggi

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Hal ini dapat disebabkan karena rumah kosong tidak memiliki sirkulasi udara yang kuran baik. Coba bandingkan dengan rumah yang berpenghuni yang setiap hari setidaknya membuka pintu dan jendela yang dapat membuat sirkulasi udaranya lebih baik. Intensitas cahaya yang masuk ke dalam rumah juga dapat mempengaruhi tingkat kelembaban. Rumah yang mendapatkan sinar matahari yang baik, kelembabannya lebih rendah dan akan lebih terjaga. Dengan kelembaban yang tinggi yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama dapat mempercepat kerusakan pada beberapa bagian rumah dan tentunya akan berdampak buruk, seperti bahan yang terbuat dari besi akan cepat korosi, bahan yang terbuat dari kayu akan mudah berjamur dan rapuh, serta rumah juga akan mudah berdebu.

[Baca juga: Ibu Rumah Tangga vs Wanita Karir]

Keberadaan Hewan di Rumah Kosong yang Tidak Terkontrol

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Disadari atau tidak, rumah kosong akan menjadi istana baik bagi serangga seperti semut, rayap, dan kecoak maupun hewan pengerat seperti tikus. Selain itu, laba-laba juga tidak luput menjadi “penghuni” rumah kosong kamu dan akan membuat sarangnya dimana-mana. Kebaradaan hewan-hewan ini jika terus dibiarkan tentunya akan mempercepat kerusakan rumah kamu. Berbeda dengan rumah yang berpenghuni, jika ada kemunculan hewan-hewan ini dan sifatnya menggannggu, pasti akan langsung diatasi sehingga menjaga rumah kamu dari gangguan hewan yang bisa saja sangat merusak. Nah, melihat kondisi seperti ini, wajar saja kalau rumah kosong akan lebih cepat mengalami kerusakan bukan?

[Baca juga: Ini Hewan-hewan di Sekitar Kita yang Sering Dikaitkan dengan Mitos]

Jamur, Bakteri, dan Kotoran yang Menumpuk

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Tingginya kelembaban udara dan kurangnya sinar matahari, tentunya akan mempercepat tumbuhnya jamur pada rumah kosong. Tidak hanya material yang terbuat dari kayu saja yang terserang jamur ini, tembok rumah, atap rumah juga tidak luput dari serangan jamur ini. Selain itu, hewan-hewan yang menjadi penghuni rumah kosong tentunya akan melakukan proses metabolisme yang akan mengelurakan zat sisa hasil metabolisme yang sudah berupa feses atau kotoran. Nah, kotoran hewan ini, jika dibiarkan akan menjadi tempat berkembangnya bakteri. Selain dapat merusak rumah kosong kamu, kotoran yang menumpuk juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap pada rumah.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan rumah kosong  menjadi cepat rusak. Untuk menjaga rumah kosong kamu agar tidak mudah rusak, kamu bisa mengantisipasinya dengan rutin membersihkan rumah kosong yang kamu miliki. Bisa juga dengan cara mengotrakan rumah kosong kamu ke orang lain, hal ini bisa membuat rumah kamu tetap terjaga dari kerusakan.

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional