Inilah Beberapa Genre Game yang Dapat Kamu Pilih

Apa saja Genre Game yang Dapat Kamu Pilih

Bagi kamu yang berpikir bahwa semua game itu sama saja, kamu mungkin salah. Karena setiap game mempunyai ciri masing-masing dan dikelompokan ke dalam beberapa genre. Bagi kamu yang hobi bermain game, pasti sudah tidak asing lagi dengan genre game yang ada saat ini. Ketika kamu memilih dan mahir memainkan genre game tertentu, belum tentu kamu bisa mahir memainkan genre game yang lainnya. Karena setiap genre game memiliki karakteristik dan cara mainnya masing-masing. Nah, bagi kamu yang ingin tahu dan mencoba game yang cocok untuk kamu, sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu genre-genre game yang ada, seperti yang sudah Kepo rangkum di bawah ini.

[Baca juga: Buat Kamu Para Gamer, Ini nih Langkah Agar Kamu Menjadi Professional dalam Ngegame]

FPS (First Person Shooter)

Call of Duty | source : youtube.com
Call of Duty | source : youtube.com

Genre game ini merupakan game menembak yang menggunakan sudut oandang orang pertama. Jika memainkan game FPS ini kamu hanya akan bisa melihat tangan dan senjata yang kamu gunakan. Dalam game ini kamu seolah-olah menjadi karekter utama dalam game. FPS ini agak berbeda dengan TPS atau Third Person Shooter dimana jika dalam TPS kamu dapat melihat keseluruhan badan karakter yang kamu mainkan. Contoh dari game FPS ini yaitu Call of Duty, Counter Strike, Doom, Battlefield, dan lainnya.

Role Playing Game (RPG)

source : en.wikipedia.org
Final Fantasy | source : en.wikipedia.org

RPG atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan permainan peran merupakan game dimana kamu berperan sebagai suatu tokoh atau karakter. RPG ini memiliki jalan cerita sendiri dan kamu harus melalui berbagai tantangan untuk menyelesaikan misi. Dalam RPG biasanya kamu akan bertemu dan berinterksi dengan NPC atau Non-Player Character. Asyiknya bermain RPG kamu bisa mengembangkan karakter yang kamu mainkan sesuai dengan keinginan kamu, namun masih dalam aturan main game. Selain itu, ada juga equipment yang dapat memperkuat karakter kamu. Nah, kalau kamu ingin mencoba memainkan game genre ini, kamu bisa pilih Final Fantasy, Kingdom Hearts, Breath of Fire, dan sebagainya. Oh ya, kalau kamu ingin berinteraksi dengan pemain lain yang lebih luas, kamu bisa coba memainkan MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game), dimana kamu bisa bermain dan bertemu dengan player lain dalam jumlah besar secara online.

[Baca juga: Bermain Video Games Ada Sisi Positifnya Juga Loh, Ini Buktinya]

Strategi

source : softpedia.com
Starcraft | source : softpedia.com

Sesuai dengan namanya, game ini membutuhkan strategi atau taktik khusus dalam memainkannya. Kalau kamu hanya asal main, dijamin deh, hanya kekalahan yang akan kamu dapat. Dalam memainkan genre game ini, kamu bisa lebih santai jika dibandingan dengan game-game action. Permainannya seputar pengembangan suatu kelompok, pembangunan, serta mencari atau memanfaatkan sumber daya yang kamu punya. Contoh genre game ini misalnya adalah Football Manager. Genre strategi ini dibedakan menjadi dua yaitu Real-Time Strategi (RTS) dan Turn-Based Strategy. RTS merupakan game strategi yang berjalan dalam waktu yang nyata, dimana setiap pemain di berbagai penjuru dapat mengambil berbagai langkah dan strategi yang berbeda dalam waktu yang bersamaan, contoh dari RTS ini adalah Warcraft, Starcraft, Command and Conquer. Sedangkan Turn-Based Strategy merupakan permainan strategi yang cara mainnya bergiliran, misalnya ketika kamu sedang menggerakkan pasukan kamu, lawan kamu menunggu, dan sebaliknya, contohnya game Front Mission, Master of Orion, dan Super Robots War.

Simulasi

source : softpedia.com
The Sims | source : softpedia.com

Game dari genre yang satu ini yang terkenal adalah The Sims. Dalam permainan simulasi seperti The Sims, kita dapat mengendalikan karakter virtual untuk melakukan berbagai pekerjaan yang kita inginkan. Selain itu, game simulasi juga ada yang berupa pembangunan suatu kota dan menjadi agar kota yang kamu bangun bisa berjalan dengan stabil. Nah, adanya juga game simulasi untuk mengendalikan kendaraan tertentu. Game simulasi ini bisa dibilang cukup banyak ragamnya deh. Contoh lain dari game dengan genre simulasi ini adalah The Sims City, Fight Gear, Second Life.

Puzzle Game

source : youtube.com
Tetris | source : youtube.com

Dari namanya tentu kamu sudah bisa menebak bukan bagaimana permainan ini? Dalam game yang bergenre puzzle ini kamu akan diarahkan untuk memecahkan teka-teki tertentu, misalnya menyamakan warna bola, menyusun balok, melewati labirin, hingga memecahkan perhitungan matematika. Ya, kamu harus sedikit menguras otak deh kalo bermain puzzle sih sebenarnya, namun dengan permainan puzzle, kamu dapat mengembangkan kemampuan problem solving loh. contoh dari permainan puzzle ini antara lain Bejeweled, Tetris, Minesweeper, Sokoban, dan Bomberman.

[Baca juga: Ini Lho Caranya Download Pokemon Go Untuk Android dan IOS di Indonesia]

Itulah beberapa genre game yang dapat Kepo rangkum buat kamu. Sebenarnya masih banyak lagi genre game yang lainnya. Bagi kamu yang penasaran dengan genre-genre game di atas, kamu bisa langsung mencobanya, siapa tahu salah satunya ada yang jodoh dengan kamu.

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional