Ini loh Bedanya Virtual Reality dengan Augmented Reality

Apa Beda Virtual Reality dengan Augmented Reality?

Dewasa ini teknologi sudah sangat pesat bekembang dan sudah merambah ke berbagai bidang. Teknologi yang belakangan sedang ramai jadi perbincangan adalah teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Kedua teknologi ini banyak diterapkan di beberapa bidang. Namun tahukah kamu perbedaan antara Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)? Buat kamu yang penasaran apa perbedaan dari kedua teknologi ini, kali ini Kepo bakal kasih ulasan tentang perbedaan antara VR dengan AR.

[Baca juga: Bermain Video Games Ada Sisi Positifnya Juga Loh, Ini Buktinya ]

Virtual Reality (VR)

Teknologi Virtual Reality (VR) adalah suatu teksnologi untuk menciptakan lingkungan tiga dimensi yang disimulasikan oleh komputer. Kalau kamu pernah melihat serial anime Sword Art Online, nah, seperti itulah gambaran VR itu. Bisa dikatakan, tekonolgi pada anime Sword Art Online yang kita rasa tidak mungkin, malah menjadi kenyataan dan bisa kita nikmati sekarang. Pada intinya VR ini akan menggiring penggunanya untuk masuk ke dalam dunia virtual yang sudah diciptakan. Untuk bisa menikmati teknologi ini, kamu harus mempunyai beberapa perangkat seperti kacamata, headset, sarung tangan dan walker. Setiap perangkat memiliki kegunaaanya masing-masing.

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Kacamata berfungsi untuk memvisualisasikan gambar agar perspektif gambar dapat terlihat lebih nyata oleh pengguna. Headset dapat memberikan efek suara yang lebih jelas kepada pengguna sehingga pengguna dapat merasakan suasana yang lebih nyata. Sarung tangan dan walker berfungsi untuk menghubungkan anggota gerak pengguna dengan dunia virtual sehingga pengguna dapat berjalan dan menyentuh benda-benda yang muncuk secara virtual seperti nyata. Teknologi VR ini sudah digunakan di berbagai bidang loh, seperti di bidang kedokteran, penerbangan, militer, dan digunakan sebagai perangkat pendukung untuk bermain game.

Augmented Reality (AR)

Jika VR mengajak penggunanya untuk masuk dalam dunia virtual dan seolah kamu meninggalkan dunia nyata, teknologi AR hadir untuk melengkapi dunia nyata dengan dunia virtual. Maksudnya, teknologi AR ini menggunakan lingkungan yang ada di dunia nyata dan ditambahkan informasi baru di dalamnya yang bersifat virtual. Teknologi AR memungkinkan para pengguna untuk berinteraksi dengan konten virtual secara langsung dalam dunia nyata.

source : pinterest.com
source : pinterest.com

Berbeda dengan teknologi VR yang membutuhkan perangkat yang cukup kompleks untuk dapat menggunakannya, perangkat teknologi AR bsa dibilang cukup sederhana. Kamu hanya membutuhkan kamera atau webcam sebagai input device dan monitor atau HMD sebagai output device. Contoh aplikasi teknologi AR  yaitu game Pokemon Go dan Google Translate. Selain itu, teknologi ini juga sudah digunakan dalam bidang yang lainnya.

Nah, itulah perbedaan antara teknologi VR dan AR yang sedang ramai diperbincangkan saat ini. Kedua teknologi ini bisa menjadi bukti pesatnya perkembangan teknologi yang dibuat oleh manusia dan membuat batas antara dunia nyata dengan dunia maya atau virtual menjadi semakin tipis. Baik itu teknologi VR maupun AR ataupun teknologi lainnya, selama digunakan untuk kepentingan yang baik serta dapat membantu memudahkan pekerjaan yang kita lakukan, boleh saja untuk digunakan, setuju?

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional