Alat-alat Tulis Ini Bakal Bikin Kamu Kangen Masa SD

Inilah Alat-alat Tulis yang Bikin Kamu Kangen Masa SD

Masa-masa SD mungkin adalah masa-masa yang tak terlupakan dan memiliki banyak kenangan bagi kita semua. Apalagi yang SD nya di era 90an, karena di masa itulah bisa dibilang masalah terberat yang kita hadapi adalah PR matematika yang dikasih sama bu Guru, diluar itu semua hal terasa menyenangkan. Karena pada masa itu kita masih banyak memiliki waktu untuk bermain bersama teman-teman sebaya.

Selain masa-masa bermain, masa SD pastinya juga tak dapat dipisahkan dari berbagai macam alat tulis yang senantiasa setia menemani hari-hari belajar kita. Mulai dari pensil isi, penghapus huruf, sampai rautam kaca. Berbagai alat tulis tersebut seolah sudah menjadi alat tulis yang wajib dimiliki oleh hampir setiap pelajar SD. Namun sayang, alat-alat tulis yang populer di jaman-jaman SD dulu sebagian udah langka bahkan udah hilang dari pasaran.

Baca juga: Tipe-tipe Teman Sekolah yang Bakal Kamu Ingat Sampai Tua

Nah buat mengembalikan memori kamu akan kenangan masa SD, Kepo bakal sedikit mengulik-ulik berbagai macam alat tulis yang sering kita gunakan pas masih SD yang mungkin beberapa di antaranya pernah atau masih kamu miliki. Yuk langsung aja Kepoin bareng ūüėÄ

1. Penghapus Karet 

penghapus
penghapus karet via hobijadul.com

Penghapus karet motif huruf dan bendera negara asing ini sangat populer di era 90an. Hampir semua anak pernah punya penghapus ini. Di balik kepopulerannya, penghapus ini diam-diam udah bikin kita pinter lho gaes. Pinter dalam mengenal kata-kata dalam bahasa inggris menurut abjad, dan juga bendera-bendera negara asing.

2. Penghapus (yang konon katanya bisa buat menghapus) Pulpen

penghapus_20160526_215834_20160527_111310
penghapus merah biru via tribunnews.com

Konon katanya penghapus berwarna merah bata dan biru ini bagian birunya bisa buat menghapus kenangan tulisan pulpen. Tapi biasanya sih yang ada, kalo tulisan pulpen dihapus pake penghapus ini bukannya hilang, tapi malah kertasnya yang sobek :p

3. Pensil yang Ada Penghapusnya 

pensil yang ada penghapusnya via pixabay
pensil yang ada penghapusnya via pixabay

Meskipun hasil hapusannya tak sebersih penghapus lainnya, namun demi kepraktisan banyak anak SD jaman dulu yang memilih untuk membeli dan memiliki pensil yang model begini. Karena ga perlu lagi membawa pensil dan penghapus yang rawan hilang.

Baca juga: Ini lho Benda-benda Unik yang Dikoleksi Anak era 90an

4. Pensil Refil

pensil isi via jurnalrozak.web.id
pensil isi via jurnalrozak.web.id

Kalo si pensil yang ada penghapusnya tadi adalah andalan para anak cowok yang males bawa banyak alat tulis, maka pensil refil atau pensil isi yang satu ini jadi favorit anak-anak cewek. Selain bentuk pensilnya yang lucu-lucu, isi pensil yang dijual terpisah pun biasanya memiliki warna warni yang menarik.

5. Pulpen Wangi 

pulpen wangi via souvenir-online.com
pulpen wangi via souvenir-online.com

Pulpen dengan bau wangi emang sempet ngehits di era 90an. Tapi entah siapa yang pertama kali menyebarkan isu kalo pulpen bertali dengan kemasan warna-warni dan baunya wangi ini adalah pulpen narkoba, yang jelas sejak isu itu beredar banyak anak-anak SD dilarang sama orang tuanya untuk pake pulpen wangi ini.

6. Tip-ex Oles

Tip-Ex via ishop348.com
Tip-Ex via ishop348.com

KArena terbiasa menulis pake pensil yang gampang dihapus kalo salah, adanya tip-ex jadi penolong buat para anak SD yang lagi belajar nulis pake pulpen. Dan tip=ex andalan yang sering digunakan adalah yang jenis seperti ini gaes. Satu set, tip-ex yang cara menggunakannya dioles kaya pake kutek, ditambah thinner untuk menghapus tip-ex nya itu sendiri. Harganya yang agak mahal membuat anak SD jaman dulu bakalan agak pelit kalo ngasih pinjem tip-ex ini ke temennya.

7. Rautan Kaca

Rautan kaca via retromeneergallery.blogspot.com
Rautan kaca via retromeneergallery.blogspot.com

Rautannya sih biasa, cuman adanya kaca pada rautan berbentuk bulat kecil inilah yang biasanya jadi sumber keisengan anak-anak cowok. Biasanya rautan ini akan diselipkan di tali sepatu dan digunakan untuk ‘ngintip’ rok anak-anak cewek, nah selain itu misal ada sinar matahari kaca pada rautan ini juga sering buat pantulan untuk menyilaukan anak-anak cewek.

8. Tempat Pensil yang Banyak Kotak Rahasianya

tempat pensil idntimes.com
tempat pensil idntimes.com

Tempat pensil yang bisa dibilang agak ribet ini justru populer di era 90an. Banyaknya selah dan ruang-ruang kecil pada kotak pensil tersebut justru jadi keseruan tersendiri bagi anak-anak SD saat itu. Biasanya sih buat nyembunyiin recehan, ataupun barang-barang kecil lainnya.

9. Rugos 

rugos via ngalam.co
rugos via ngalam.co

Hayoo, siapa yang dulu pas SD pernah disuruh buat keliping? Pasri pada pernah dong. Nah bu Guru atau pak Guru biasanya akan nyuruh kita untuk menjilid keliping tersebut agar lebih enak dibaca. Dan karena pada jaman tersebut anak-anak SD belum begitu akrab dengan komputer dan print, maka untuk menulis judul kliping maupun nama hanya ada dua pilihan. Pilihan pertama ditulis manual dengan pulpen atau sepidol. Pilihan pertama ini jelas harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati, agar tulisan rapi dan enak di baca. Pilihan kedua yang praktis dan gampang adalah dengan Rugos alias huruf gosok. Cara pakenya yang tinggal digosokkan pada kertas, pilihan huruf yang banyak, dan jadinya rapi membuat benda ini jadi pilihan anak-anak SD yang mau bikin kliping. Tapi kayanya sekarang Rugos udah mulai langka ditemui ya gaes.

 

Berbagi dan Diskusi