Ini nih Perbedaan Mahasiswa Baru dan Mahasiswa Lama di Kampus

Apa Perbedaan Mahasiswa Baru dan Mahasiswa Lama?

Kamu seorang mahasiswa? Sudah tahun ke berapa kamu di kampus? Baru tahun pertama atau mungkin sudah tahun-tahun akhir dan menanti kelulusan yang tak kunjung datang? Setiap tahunnya kampus pasti akan kedatangan yang namanya mahasiswa baru.  Biasanya kampus akan terasa lebih ramai ketika ada mahasiswa baru ini dan kamu mahasiswa yang sudah bertahun-tahun di kampus akan merasa semakin asing dengan kemunculan wajah-wajah baru di kampus. Jika diperhatikan, kita dapat dengan mudah membedakan mana mahasiswa baru dan mana mahasiswa lama. Kamu tahu tidak apa saja perbedaannya? Yuk, simak di bawah ini.

Berkelompok Vs Soliter

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Biasanya mahasiswa yang masih baru akan terbagi menjadi kelompok-kelompok, entah itu karena satu kelompok OSPEK, berasal dari daerah yang sama, atau dari sekolah yang sama. Pasti deh, kemana-mana bergelombol mulai dari berangkat kuliah, pulang kuliah, ke kantin, toilet. Berbeda dengan mahasiswa lama yang sudah menjadi makhluk soliter alias single fighter. Sangat jarang terlihat mahasiswa lama yang bergerombol. Semakin sedikit juga teman yang dimiliki mahasiswa lama, apalagi kalau sudah menginjak lebih dari tahun keempat atau kelima dimana teman-teman kamu sudah banyak yang lulus, semakin sendirilah dirimu.

Muka Polos Vs Muka Penuh Beban

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Mahasiswa baru masih terjebak dengan euforia segala baru, mulai dari kampus baru, teman baru, tempat tinggal baru, pengalaman belajar yang baru, dan hal baru lain yang tidak dialami selama bangku SMA. Hal itu mungkin yang membuat wajah mahasiswa baru masih terlihat ceria, polos, dan tanpa beban. Bandingkan dengan mahasiswa lama yang sudah mulai jenuh dengan kehidupan kampus, mulai dari kuliah, praktikum beserta laporannya, kuis, belum lagi tugas yang tidak kalah banyak. Apalagi kalau sudah menginjak tugas akhir dengan segala tantangan yang dihadapi.

Pulang Kampung Ketemu Teman Lama Vs Menghindari Teman Lama

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

[Baca juga: Mahasiswa: Harapan Bangsa Sebelum Tamat, Beban Bangsa Setelahnya]

Kalau kaitannya dengan pulang kampung mahasiswa baru yang masih rawan terkena homesick, pasti akan lebih sering pulang deh. Nah, biasanya kalau pulang masih suka bertemu dengan teman-teman semasa sekolah sekedar kumpul saling bertanya kuliah dimana dan ambil jurusan apa. Mahasiswa lama yang sudah kebal dengan yang namanya homesick, lebih jarang pulang. Jangankan bertemu dan berkumpul dengan teman lama, bertemu dengan keluarga saja harus bersiap menghadapi pertanyaan “kapan lulus?”, “bekerja dimana?”, atau bahkan “kapan nikah?” padahal kamu masih berjuang mengejar kelulusan kamu.

Waktu Pengisian KRS atau Kontrak Mata Kuliah

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Pada saat pengisian KRS atau kontrak mata kuliah, mahasiswa baru biasanya masih rajin konsultasi dengan dosen pembimbing akademiknya dan akan mengisi di awal-awal jadwal. Sedangkan mahasiswa lama, biasanya akan lebih santai dan mengisi KRS pada waktu-waktu akhir, itupun setelah bertanya kesana kemari kapan jadwal untuk kontrak mata kuliah.

Perlengkapan Kuliah Vs Berkas-berkas

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

[Baca juga: Benarkah Mahasiswa Sekarang itu Penggerak Perubahan Bangsa?]

Ada persamaannya juga loh antara mahasiswa baru dan mahasiswa lama, yaitu sama-sama isi tasnya penuh. Bedanya, tas mahasiswa baru dipenuhi dengan perlengkapan kuliah lengkap dengan buku ajar, sedangkan mahasiswa yang sudah lama isi tasnya penuh dengan berkas-berkas tugas akhir dengan revisinya yang seakan tiada akhir. Selain itu, mahasiswa lama juga hobi banget nongkrong di depan ruang dosen, kalau mahasiswa baru tempat nongkrongnya kantin, lobi, atau koridoor dengan kesibukan mengerjakan tugas atau diskusi tentang pelajaran.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara mahasiswa baru dan mahasiswa lama yang tampak dan bisa kamu lihat. Apapun itu, baik masa sebagai mahasiswa baru ataupun mahasiswa lama, kamu cukup menikmatinya saja, karena momen-momen seperti itu tidak akan terulang dua kali. Setuju?

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional