Tahukah Kamu Makanan Indonesia yang Terkenal di Mancanegara?

Inilah Makanan Indonesia yang Terkenal di Mancanegara

Indonesia merupakan negara yang kaya akan suku dan kebudayaan yang tersebar di berbagai daerah. Masing-masing daerah iitu tentunya memiliki tardisinya masing-masing, termasuk kuliner khasnya. Masakan indonesia terkenal dengan kandungan rempah-rmpahnya yang membuat masakan Indonesia semakin menggoda. Hal itu pula yang membuat masakan Indonesia penuh dengan cita rasa. Tidak hanya di dalam negeri, beberapa khas masakan Indonesia sudah ada yang terkenal hingga mancanegara. Mau tahu masakan apa saja? Yuk, kepoin ulasan di bawah ini.

Nasi Goreng

source : culinarygypsy.com
source : culinarygypsy.com

Hampir semua orang Indonesia pasti kenal dengan masakan yang satu ini. Yup, nasi goreng yang dapat dengan mudah kita temukan di berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari warung kaki lima, hingga hotel dan restoran berbintang lima pun makanan yang satu ini jarang absen dari daftar menu. Nah, ternyata popularitas nasi goreng ini sudah sampai ke mancanegara loh, wow! Padahal, asal mula dari nasi goreng sendiri cukup sederhana, memanfaatkan nasi sisa kemarin agar tidak terbuang. Namun, seiring dengan perkembangan waktu, nasi goreng ini ditambah dengan berbagai bahan tambahan lainnya yang menjadikan nasi goreng yang kita kenal sekarang kaya akan cita rasa.

Rendang

source : masteresep.com
Source : masteresep.com

Makanan khas Sumatera Barat yang berbahan dasar daging ini masuk dalam 50 Hidangan Terlezat Dunia versi CNN Internasional pada tahun 2011 dan hebatnya rendang asal Indonesia ini menempati peringkat pertama loh. Proses memasak rendang membutuhkan kesabaran karena bisa menghabiskan waktu sampai empat jam. Rempah-rempah yang dihaluskan, dicampur dengan santan kelapa, dan dimasak hingga bumbu dan santan meresap ke dalam daging menjadikan rendang memliki rasa yang kuat dan lezat. Wajar bukan kalau rendang masuk dalam jajaran masakan terlezat di dunia.

[Baca juga: Tahukah Kamu? Ada lho Beberapa Makanan Kaya Nutrisi, Namun Kurang Digemari]

Sate

source : pinterest.com
Source : pinterest.com

Siapa yang tidak tahu sate? Daging yang dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dengan potongan bambu kecil dan dibakar di atas arang serta setelah masak ditambah dengan bumbu kacang atau bumbu kecap mampu mencuri perhatian masyarakat, tidak hanya di Indonesia, namun juga internasional. Kuliner khas Indonesia ini laris manis di bazaar internasional tahun 2013 yang di selenggarakan di Tiongkok. Selain itu, sate ayam ini juga berhasil menarik perhatian warga Amerika, terbukti dengan salah rumah makan yang menyajikan menu sate ayam di New York yang selalu ramai dikunjungi warga Amerika yang tertarik untuk mencoba kuliner khas Indonesia ini.

Soto

source : en,wikipedia. org
Source : en.wikipedia. org

Terdapat banyak varian soto di Indonesia, ada Soto Jakarta, Coto Makasar, Soto Sokaraja, Soto Lamongan, dan masih banyak soto-soto lainnya. Masing-masing soto ini pun mempunyai ciri khasnya sendiri. Makanan berkuah ini pada intinya mempunyai kombinasi kuah kaldu, sayuran, dan daging. Orang Indonesia biasanya menikmati kuliner yang satu ini dengan nasi atau dengan potongan lontong. Ternyata soto ini juga diterima baik oleh warga Jepang yang dikenalkan oleh para pelajar Indonesia yang berada di Jepang.

Gado-gado

source : maangchi.com
source : maangchi.com

Gado-gado terdiri dari bermacam-macam sayuran yang sudah direbus sebelumnya. Penyajiannya dicampur dengan saus kacang tanah, jangan lupa beri irisan telor dan tahu sebagai pelengkap. Bisa juga ditambahkan dengan potongan lontong. Kamu tah tidak kalau gado-gado ini berhasil meraih juara petama pada kompetisi memasak di Napoli, Italia pada tahun 2010 untuk kategori tampilan sajian estetika.

[Baca juga: Makanan Praktis Untuk Sahur yang Cocok Buat Anak Kos]

Tempe

source : en,wikipedia. org
source : en,wikipedia. org

Orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Makanan yang berbahan dasar kedelai yang difermentasi dengan kultur Rhizopus orizae ini dikenal dengan makanan yang kaya akan protein. Selain itu juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan lainnya yang pastinya tidak kalah enaknya. Ternyata tempe ini sudah lama memikat warga Jepang dan sudah tersebar di beberapa daerah di Jepang.

Nah, itulah beberapa kuliner khas nusantara yang sudah dikenal hingga ke tingkat internasional. Kuliner Indonesia yang kaya akan rempah yang membuatnya kaya akan cita rasa memang menjadi keunikan tersendiri. Sebagai warga Indonesia kita patut berbangga karena kuliner tradisional kita mampu menembus kancah dunia.

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional