Kamu Anak Kos? Pasti Pernah Mengalami Beberapa Hal Ini

Inilah Beberapa Pengalaman dan Masalah Anak Kos

Tidak dapat dimungkiri bahwa kehidupan anak kos memang penuh dengan liku-liku, terutama yang statusnya masih mahasiswa atau mahasiswi. Selain harus jauh dari orang tua, anak kos juga harus pintar-pintar mengantur keuangan, waktu, dan juga menjaga pergaulan. Belum lagi kalau harus menderita sakit, duh kebayang deh sengsaranya seperti apa, sudah jauh dari orang tua, mau melakukan apa-apa sulit. Ya memang ada teman sih, namun yang namanya teman kan tidak akan seintensif orang tua kita, karena pasti mereka juga memiliki kepentingannya sendiri. Lalu hal apa saja  yang sangat umum dialami anak kos?  Kalau kamu pernah menjadi anak kos atau sedang menjadi anak kos, ngaku deh, pasti pernah mengalami hal-hal di bawah ini.

[Baca juga: Makanan Praktis Untuk Sahur yang Cocok Buat Anak Kos]

Kehabisan Uang di Akhir Bulan

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Masalah pertama adalah uang yang habis sebelum waktunya. Hal ini sangat lumrah dialami anak kos. Permasalahan ini bisa muncul karena kamu yang terlalu boros di awal bulan dan kurang bisa mengatur keuangan atau karena uangnya habis dipakai untuk keperluan kuliah. Namun, sepertinya alasan pertama paling umum terjadi deh. Karena merasa mempunyai uang di awal bulan, jadinya kamu makan enak dengan harga yang mahal, beli ini dan itu, tanpa kamu sadari nasib kamu di akhir bulan seperti apa. Alhasil, kamu harus “puasa” di akhir bulan, jangankan makan di tempat yang mahal, makan di warteg saja pakai menu yang minimalis. Bahkan tidak jarang anak kos mengkonsumsi mie instan secara berlebihan untuk mengganjal perut.

Kamar Kos Berantakan

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Mungkin karena kegiatan anak kos yang segudang, jadinya tidak sempat merapikan kamar kosnya. Pagi-pagi harus berangkat kuliah, disambung dengan kegiatan UKM, ditambah nongkrong dengan teman. Pulang ke kosan pada malam hari dan langsung tidur, mana sempat membereskan kamar kos. Bahkan ada anak kos yang pulang ke kosan hanya untuk mandi dan ganti baju saja, tidurnya dimana? Jamgan ditanya, asalkan menemukan tempat yang nyaman dan bisa dipakai buat tidur, jadi deh. Kamar kos berantakan ini juga tidak hanya berlaku buat cowok, cewek juga tidak jarang mengalami hal ini, hanya kadar berantakannya mungkin yang berbeda.

[Baca juga: Fungsi Lain Rice Cooker yang Anak Kos Wajib Tahu]

Mengantri untuk Mandi

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Bagi kamu yang kamar kosnya ada kamar mandi di dalam, mungkin tidak akan mengalami hal ini. Namun, hal ini sangat umum terjadi ketika kosan yang kamu tempati kamar mandinya dipakai bersama-sama. Yang lebih ribet, ketika kamar kosnya banyak dan kamar mandinya hanya sedikit, sedangkan biasanya kegiatan anak kos dimulai sejak pagi. Hmm, selamat menikmati momen tunggu-menunggu untuk mandi deh.

Cucian yang Menumpuk

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Memiliki PR dengan cucian yang menumpuk pasti masalah yang pernah dialami oleh anak kos. Entah karena malas atau tidak mempunyai waktu untuk mencuci atau sekadar memasukan cucian ke tempat laundry. Rata-rata anak kos mencuci seminggu sekali atau bahkan ada yang sebulan sekali. Nah, untuk menghindari cucian yang menumpuk ini, kamu bisa mencuci ketika kamu mempunyai waktu luang.  Cucian yang terus dibiarkan akan bertambah setiap harinya, kalau sudah semakin banyak, semakin malaslah kamu untuk mencuci. Namun terkadang, ketika kamu memiliki niat dan waktu untuk mencuci, masalah yang kamu hadapi selanjutnya adalah jemuran yang penuh atau cuaca yang tidak mendukung. Pada akhirnya kamu harus rela kamar kos kamu dipenuhi dengan baju kotor lagi.

Masalah Kendaraan

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Tidak semua anak kos bisa membawa kendaraannya sendiri ke tempat perantauannya. Masih mending kalau kosan dan kampus kamu berdekatan dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Kalau jauh, kamu harus menyiapkan anggaran uang untuk ongkos naik kendaraan umum, yang berarti, kamu harus lebih pintar mengatur keuangan kamu. Ada juga loh anak kos yang hobinya meminjam kendaraan dari teman satu ke teman yang lainnya. Memang kendaraan ini menjadi masalah tersendiri, terutama bagi kamu yang memiliki aktivitas dan mobilitas yang tinggi. Namun, tidak sampai harus terus-terusan meminjam ke teman yang punya kendaraan juga sih, apalagi kalau pinjamnya sampai lupa waktu.

Nah, itulah beberapa hal yang sering dialami anak-anak kos. Kamu pernah mengalamainya juga tidak? Memang menjadi anak kos itu tidak mudah, namun dibalik kesulitan yang dihadapi anak kos, ada pembelajaran tersendiri yang dapat kita ambil. Dengan jauh dari orang tua, kita bisa belajar untuk hidup mandiri, mengatur waktu dan keuangan sendiri, dan belajar untuk menyelasaikan masalah kita sendiri serta bisa dijadikan pengalaman yang pasti sangat berharga.

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional