Kenapa Kita Bisa Mengalami Kesemutan?

Inilah Penyebab Kesemutan

Apa yang kamu rasakan ketika duduk bersila terlalu lama atau tangan kamu tertindih kepala saat tidur? Pasti kamu akam merasakan sensasi rasa sakit seperti ditusuk banyak jarum atau yang sering kita sebut dengan kesemutan. Kesemutan atau parestesi dalam istilah medis pasti pernah dialami oleh semua orang. Memang kalau sudah mengalami kesemutan akan terasa tidak nyaman dan serba salah deh. Sebagian orang melakukan beberapa cara agar kesemutan yang dialami cepat hilang. Namun, kamu tahu tidak kenapa kita bisa mengalami kesemutan ketika ada anggota tubuh kita yang terlipat atau tertindih terlalu lama? Kalau kamu penasaran, simak ulasannya di bawah ini ya.

Kenapa Bisa Terjadi Kesemutan?

source : healthline.com
source : healthline.com

Kesemutan terjadi ketika ada anggota tubuh yang mendapatkan tekanan dalam waktu yang lama. Kesemutan ini menandakan adanya iritasi pada saraf. Ketika mendapat tekanan konstan, impuls saraf akan terhambat. Selain itu, arteri di sekitar saraf yang juga mengalami gangguan. Arteri sendiri merupakan pembuluh darah yang kaya akan oksigen dan mengandung nutrisi untuk disebarkan ke seluruh bagian tubuh termasuk saraf. Ketika terjadi blokade, secara otomatis kerja saraf juga terganggu sehingga bagian tubuh yang mengalami tekanan akan terasa lemah dan sulit digerakan. Nah, ketika tekanannya dihilangkan, saraf akan kembali aktif dan cenderung hiperaktif karena fungsinya mulai normal. Sensasi kesemutan ini menandakan kalau saraf sudah kembali aktif dan hanya bersifat sementara, artinya dapat hilang dengan sendirinya.

[Baca juga: Beberapa Risiko Kesehatan Anak-anak yang Menderita Obesitas]

Kesemutan Berkepanjangan

source : myhealthyfeeling.com
source : myhealthyfeeling.com

Pada kondisi tertentu kesemutan dapat terjadi secara berulang. Kalau terjadi seperti ini kamu harus lebih waspada, karena kesemutan yang berkepanjangan disertai dengan perubahan warna pada kulit di daerah yang mengalami kesemutan, mati rasa, atau disertai rasa sakit dapat menjadi indikasi adanya penyakit lain. Penyakit yang biasanya muncul gejala kesemutan ini antara lain diabetes, gangguan ginjal, penyakit hati, stroke, CTS (carpal tunnel syndrome). Selain itu, ada faktor lain yang meyebabkan kesemutan berkepanjangan seperti malnutrisi, kekurangan vitamin B12, dan mengakonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.

[Baca juga: Guys, Tahukah Kamu tentang Kelainan Mata yang Unik?]

Bagaiamana Jika Terjadi Kesemutan Berkepanjangan?

source : healthgrades.com
source : healthgrades.com

Jika kamu merasakan kesemutan yang kamu alami sering muncul berulang kali, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter. Kemungkinan kamu akan melewati beberapa tes seperti tes darah, tes MRI (magnetic resonance imaging), tes konduksi saraf, atau pemerikasaan cairan serebrospinal untuk mengentahui penyebab dari kesemutan berkepanjangan kamu. Dengan demikian, dokter akan memberikan penanganan yang tepat untuk kesemutan kamu sesuai dengan diagnosis yang sudah ditatapkan.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat kamu ketahui mengenai kesemutan yang kita alami. Kamu tidak perlu khawatir jika mengalami kesemutan sementara karena akan hilang dengan sendirinya seiring dengan kembali normalnya kerja saraf. Yang perlu kamu perhatikan adalah jika kesemutan kamu berkepanjangan, segera konsultasikan dengan dokter ya jika kamu mengalami hal ini.

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional