Tahukah Kamu Beberapa Hal Tentang Sleepless Elite?

Inilah Beberapa Hal Tentang Sleepless Elite

Sebelum berbicara mengenai sleepless elite, hal yang perlu diketahui adalah mengenai waktu tidur manusia setiap hari, yaitu normalnya tujuh hingga sembilan jam, dan umumnya akan merasa lelah jika waktu tidurnya kurang. Artinya, kalau sudah mengalami kelelahan, melakukan apapun pasti tidak akan fokus. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk tidur tidak kurang dari tujuh jam, karena hal tersebut sangat baik bagi kesehatan fisik maupun psikologis.

Namun, tahukah kamu ada sebagian kecil orang bisa tetap fokus dan energik meski tidur kurang dari enam jam? Nah, kelompok orang seperti inilah yang dinamakan dengan sleepless elite.

Bagaimana, kamu pernah dengar istilah tersebut? Atau mungkin kamu termasuk kelompok kecil ini? Penasaran bukan? Di bawah ini penjelasan tentang sleepless elite.

Apa Itu Sleepless Elite?

source : businessinsider.com
Source : businessinsider.com

Sleepless elite yang juga dinamakan dengan istilah short sleeper adalah kondisi seseorang akan tetap merasa bugar walaupun tidurnya kurang dari waktu anjuran kesehatan. Orang-orang ini akan tidur setelah tengah malam dan bangun hanya beberapa jam kemudian. Hebatnya, meski kurang tidur, mereka tidak membutuhkan tidur siang ataupun konsumsi kafein.

[Baca juga: Inilah Manfaat Kopi Bagi Kesehatan]

Hanya 1-3% dari Populasi

source : annarborfamily.com
Ssource : annarborfamily.com

Ternyata tidak banyak orang yang tergolong dalam kelompok sleepless elite ini, hanya sekitar 1-3% saja dari populasi. Menurut Dr. Daniel J. Buysse, psikiatris dari Pittsburg Medical Center, hanya lima dari 100 orang yang benar-benar tidur kurang dari normal. Mereka memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan lebih banyak aktivitas dan lebih memilih untuk menemukan hal baru dibandingkan dengan tidur.

Karakteristik Sleepless Elite

source : pixabay.com
source : pixabay.com

Selain ritme jam biologisnya yang berbeda dari orang kebanyakan, para short sleeper juga memiliki mood yang tinggi. Memiliki karakter yang energik, optimistis, dan ambisius. mereka juga memiliki tingkat toleransi terhadap sakit fisik dan penurunan kondisi psikologis yang tinggi. Kondisi ini biasa dimulai sejak masa anak- anak.

Kelompok Orang Berdasarkan Waktu Tidurnya

source : wsj.com
source : wsj.com

Ada tiga kelompok orang loh kalau dilihat dari lamanya waktu tidurnya. Pertama adalah normal, biasanya waktu tidurnya berkisar antara tujuh samapi sembilan jam. Kedua adalh orang normal yang menjadi short sleeper, panjang waktu tidurnya kurang dari tujuh jam dan memiliki resiko tinggi terkena diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, dan masalah kesehatan lain yang disebabkan oleh kurang tidur. Terakhir yaitu short sleeper ini yang waktu tidurnya kurang dari enam jam dan tidak merasa lelah pada siang hari.

[Baca juga: Inilah Manfaat yang Didapatkan dari Tidur Siang]

Nah, itulah beberapa hal tentang sleepless elite yang kejadiannya tergolong langka di dunia. Kira-kira kamu termasuk ke dalamnya tidak? Kalaupun tidak, jangan memaksakan diri menjadi short sleeper ya, nanti yang ada malah menganggu kesehatan kamu. Tidurlah yang cukup delapan jam sehari untuk menghindari resiko bagi kesehatan kamu.

Referensi:
[1] Beck, M. 2011. The Sleepless Elite; www.wsj.com

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional