Ternyata Dengkuran Kucing Bermanfaat Bagi Kesehatan Loh

Inilah Manfaat Dengkuran Kucing Bagi Kesehatan

Kucing merupakan hewan yang banyak dijadikan peliharaan layaknya anjing. Meski tidak begitu bisa diandalkan seperti anjing, namun tingkahnya yang lucu dan mudah dijinakan membuat banyak orang memilih kucing sebagai hewan peliharaan. Seperti sudah kita ketahui, banyak hal unik yang dimiliki oleh kucing. Selain membawa kebahagiaan bagi pemiliknya, kucing juga bermanfaat bagi kesehatan loh. Pernahkah kamu mendengar dengkuran kucing? Nah, dengkuran atau purring kucing inilah yang memberikan manfaat bagi kesehatan kita. Lalu, apa sajakah manfaat dari dengkuran kucing ini? Simak uraian di bawah ini ya.

[Baca juga: Inilah Beberapa Fakta Menarik Mengenai Kucing]

Dengkuran Kucing Baik untuk Kesehatan Tulang

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Dengkuran kucing memiliki frekuensi 25-150 Hz, dimana frekuensi terbaik untuk kesehatan adalah 25-50 Hz dan terbaik kedua adalah 100-200 Hz yang baik untuk kesehatan tulang manusia. Nah, dengan rentang frekuensi dari dengkuran kucing yang 25-150 Hz, tentunya ini merupakan terapi yang praktis dan ringan biaya untuk meningkatkan kesehatan tulang kamu. Kamu hanya perlu mendekati kucing kamu ketika mereka purring dan kamu mendapatkan manfaatnya deh.

Terapi untuk Dispnea

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Bagi kamu yang masih asing dengan kata ini, dispnea merupakan istilah kedokteran untuk sesak nafas atau nafas pendek (breathlessness atau shortness of breath). Dispnea ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang berkaitan dengan kardiovaskular, sistem pernapasan, psikologi, dan hematologi. Namun, secara umum, dispnea ini dapat terjadi akibat tubuh kekurangan oksigen dan kelebihan karbondioksida sehingga menimbulkan gejala sesak napas. Nah, dengkuran kucing ini dapat mengurangi resiko dispnea loh. Caranya adalah dengan memegang kucing ketika purring dan cobalah untuk bernapas dengan tenang. Dengkuran kucing menciptakan suasana yang nyaman ketika bernafas. Hmm, jadi siapa bilang dengan memelihara kucing dapat menyebabkan sesak napas?

Dapat Meredakan Stres dan Menurukan Tekanan Darah

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Ketika kita melihat tingkah kucing yang imut dan menggemaskan, bisa berdampak pada kesehatan psikologis kamu. Kamu akan lebih merasa bahagia ketika berinteraksi dengan kucing. Begitupula dengan dengkuran kucing, dengan mendengarkannya selama 15 menit, dapat meringankan stres yang secara otomatis dapat menurunkan tekanan darah kamu menjadi lebih stabil.

Menghindari Penyakit Jantung

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Jantung merupakan organ vital dalam tubuh. Terganggunya kerja jantung dapat berakibat fatal bagi kita. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung. Tahukah kamu ternyata orang yang memelihara kucing lebih rendah terkena resiko serangan jantung loh. Nah, dengkuran kucing inilah yang membantu jantung bertedak lebih teratur dengan mengikuti getaran dari dengkuran kucing.

Mempercepat Penyembuhan Infeksi dan Pembengkakan

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Kamu pasti sudah sering melihat atau mendengar terapi yang menggunakan hewan untuk penyembuhan suatu penyakit tertentu bukan. Begitu pula dengan kucing, kucing juga dapat digunakan untuk terapi kesehatan. Selain empat hal di atas, frekuensi dari dengkuran kucing juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka seperti infeksi atau pembengkakan pada tubuh kamu.

Wah, ternyata selain lucu dan unik, kucing juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan terutama dengkurannya ya. Nah, bagi kamu yang memiliki kucing di rumah, jangan lupa untuk mengelus dan memeluk kucing kamu ya agar kamu lebih bahagia dan lebih sehat. So, stop underestimating kucing ya. Dengan tingkah lakunya yang hanya bermain dan tidur, bukan berati kucing tidak memiliki manfaat loh karena ternyata kucing memberikan manfaat yang luar biasa.

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional