Lima Hal Ini Dapat Menyebabkan Gagalnya Diet Kamu

Inilah Beberapa Hal Penyebab Gagalnya Diet

Memiliki berat badan yang ideal mungkin menjadi impian kebanyakan orang, terutama cewek. Hal tersebut wajar saja kerena dengan berat badan yang tidak berlebihan, kita akan lebih mudah untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain itu, dari segi penampilan pun menjadi lebih menarik. Tidak heran banyak yang menggunakan berbagai cara agar memiliki berat badan yang ideal. Diet menjadi cara yang umum dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Memang dalam melakukan diet kita akan menghadapi banyak tantangan. Salah satunya adalah mengubah pola dan porsi makan kamu. Kalori yang masuk ke dalam tubuh pada saat melakukan program diet juga sangat diperhatikan. Nah, seiring dengan adanya perubahan pada pola makan kamu, kebiasan kamu sehari-hari juga akan berubah. Selain harus memperhatikan makanan yang akan kamu konsumsi, kamu juga harus harus mengatur waktu makan kamu agar lebih teratur. Ya, yang namanya mengubah kebiasan pasti akan sedikit sulit jika tidak disertai niat yang benar-benar kuat. Hal inilah yang terkadang menjadi sebab gagalnya program diet kamu. Ada beberapa hal lain yang dapat menggagalkan diet kamu, seperti uraian di bawah ini.

Diet Kamu Tidak Disertai Olah Raga

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Olah raga penting untuk mengatur keseimbangan kalori dalam tubuh kamu. Kalori yang masuk ke dalam tubuh akan diuraikan dengan baik jika kamu melakukan olah raga. Olah raga yang dilakukan juga harus mempunyai jadwal rutin. Selain itu, olah raga yang kamu lakukan juga harus sesuai dengan pola diet kamu agar diet yang kamu jalani tidak mengalami kegagalan.

[Baca juga: Kamu Berhijab dan Gemar Olah Raga? Beberapa Wanita ini Bisa Jadi Inspirasimu]

Diet yang Terlalu Ketat

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Pada saat melakukan diet, tubuh kamu akan melakukan adaptasi dengan pola makan kamu yang baru. Jika kamu awalnya terbiasa untuk makan makanan manis, berlemak, atau makanan lain yang tidak dianjurkan untuk diet, tiba-tiba kamu harus mengubah pola makan kamu dengan mendadak, pasti kamu akan merasa kesulitan. Untuk tahap awal melakukan diet, sesekali boleh lah mengkonsumsi makanan kesukaan kamu, asalkan jangan berlebihan. Sebaiknya diet dilakukuan secara bertahap untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kurang Tidur

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Jika tidur kamu kurang dari delapan jam, dapat membuat metebolisme tubuh kamu menurun. Nah, dengan rendahnya metebolisme tubuh, dapat menyebabkan pembakaran kalori menjadi menurun.juga. Selain itu, meningkatnya produksi hormon kortisol ketika kamu kurang tidur dapat mendorong nafsu makan kamu meningkat. Jadi, kalo kamu sedang melakukan program diet, dihindari deh tuh yang namanya kurang tidur agar diet kamu bisa berhasil.

[Baca juga: Inilah Manfaat yang Didapatkan dari Tidur Siang]

Salah Memilih Pola Diet

source : pinterest.com
Source : pinterest.com

Keberhasilan diet yang dilakukan orang lain, belum tentu akan berhasil jika dilakukan oleh kamu. Hal ini berkaitan dengan kondisi tubuh kamu. Metabolisme tubuh, kebutuhan kalori, faktor fisiologis, dan psikologis orang berbeda-beda. Hal ini dapat mempengaruhi keberhasilan diet kamu. Jadi, lebih baik kamu berkonsultasi terlebih dahulu diet seperti apa yang cocok dengan kondisi tubuh kamu.

Mudah Menyerah

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Diet yang baik dilakukan secara bertahap, hasilnya pun tidak akan terlihat secara instan. Nah, tekadang hal ini yang menyebabkan kamu tidak sabar dan menyerah begitu saja dalam menjalankan program diet kamu. Masing-masing program diet memilki aturannya sendiri. Kalau kamu tidak bisa menjalankan aturannya dengan baik dan mudah menyerah padahal hasilnya belum terlihat, diet apapun yang kamu lakukan pasti tidak akan pernah berhasil.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan diet kamu gagal. Buat kamu yang sedang melakukan program diet, kalau ingin diet kamu berhasil jangan lakukan hal di atas ya. Oh ya, jangan pilih program diet yang terlalu ekstrem juga, takutnya malah membahayakan tubuh kamu. Diet itu mengubah pola makan kamu menjadi lebih sehat dengan asupan nutrisi yang tetap terjaga, bukan malah membuat tubuh kamu sakit loh.

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional