Begini Caranya Agar Kamu Bisa Awet Berpacaran

Tips Menjaga Hubungan dengan Pacar

Pacaran bagi sebagian orang dianggap sebagai tahap awal untuk mengenal pasangan sebelum menapaki hubungan yang lebih serius menuju pernikahan. Pada masa pacaran ini kita akan mengenal lebih banyak tentang pasangan kita, baik kelebihan atau kekurangannya. Di masa pacaran ini pula kita mulai mengenal dan lebih dekat dengan keluarga dan teman-teman pasangan kita.

Namun sayangnya, masa pacaran ini tidak selamanya berjalan mulus. Masalah bisa saja muncul, bahkan berkemungkinan pula memiliki akibat pada putusnya hubungan dengan pasangan. Tapi tenang saja, kepo.id punya tipsnya nih buat kamu agar hubunganmu dengan pasangan bisa awet.

Memiliki Prinsip Pacaran untuk Pernikahan

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Kalau kamu menganggap pacaran hanya sekadar main-main saja, kamu akan sulit menjalani hubungan yang awet. Kamu hanya akan sering ganti-ganti pasangan kalau kamu sendiri tidak pernah serius dengan hubungan yang sedang kamu jalani.  Meskipun hanya pacaran, kamu harus memiliki prinsip bahwa masa pacaran yang kamu jalani adalah tahap awal bagimu dan pasangan untuk menuju pernikahan. Kalau pernikahan bisa menjadi alasan utama untuk kamu pacaran, hubungan kamu sama pasangan pasti akan lebih awet. Karena kalau lagi ada masalah yang muncul, kamu dan pasangan akan selalu ingat dengan tujuan pernikahan yang harus kalian capai bersama.

[Baca juga : Berpikir Realistis Juga Perlu, Karena Cinta Saja Tidak Cukup]

Sesekali Berkencan dengan Cara dan Suasana yang Berbeda

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Pasti bosan kan kalau kamu pergi kencan bareng pasangan dengan cara yang biasa-biasa saja. Nah, sesekali boleh lah berkencan dengan cara dan suasana yang baru dan berbeda. Misalnya, kalau kamu biasanya berkencan dengan pergi ke mall atau tempat-tempat hiburan di perkotaan, coba sesekali kamu berkencan ke tempat yang bernuansa alam, mencoba petualangan baru bersama, atau berkencan dengan cara apapun yang menurut kamu dan pasangan merupakan hal yang baru. Selama itu tidak melanggar norma dan aturan, sah-sah saja kok.

Jujur dan Percaya Satu Sama Lain

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Sebuah kejujuran yang menyakitkan lebih baik daripada kebohongan yang membahagiakan. Ya, seindah-indahnya kebohongan tetaplah kebohongan dan pasti akan lebih sakit ketika kebohongan itu terbongkar. Ingat, sekali kamu membuat kebohongan, pasti akan muncul kebohongan lain untuk menutupi kebohongan sebelumnya. Jadi, lebih baik kamu selalu jujur kepada pasangan.  Meskipun sakit, pasangan kamu pasti akan mengahargai kejujuran kamu.

Selain kejujuran, kepercayaan juga penting nih. Jika kamu dan pasangan bisa percaya satu sama lain, kamu tidak akan selalu dihantui rasa khawatir dan curiga. Selain itu, dengan kepercayaan yang diberikan, kamu bisa lebih leluasa dalam menjalani aktivitas. Kamu dan pasangan harus bisa saling percaya. Tapi, jangan sampai deh ya kalau kamu atau pasangan malah menggunakan kepercayaan untuk hal yang tidak baik. Percaya deh kalau kepercayaan yang kamu berikan kepada pasangan akan membuat dia merasa nyaman menjalani hubungan denganmu.

Sering Berdiskusi dan Bertukar Pikiran

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Ini penting nih, sering berdiskusi dan bertukar pikiran akan menghindarkan kesalahpahaman antara kamu dan pasangan. Bukan hanya mendiskusikan masalah, banyak hal yang bisa kamu diskusikan, kamu bisa menyampaikan apa yang kamu rasa dan pikirkan, kamu juga bisa berdiskusi tentang harapan atau ide-ide kamu dan pasangan. Selain itu, kamu bisa mengevaluasi hubungan kamu dan pasangan dan mencari cara terbaik untuk menjaga hubungan kamu tetap harmonis.

[Baca juga : Kalau Enggak Sampai Nikah, Ngapain Pacaran?]

Jangan Bandingkan Pasangan Kamu dengan Mantan

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Kalau sudah berkaitan dengan mantan pasti sangat sensitif deh. Jangankan dibanding-bandingkan, sekadar bercerita sedikit tentang kisah kamu dan mantan saja bisa memicu pertengkaran. Membandingkan pasangan dengan mantan sama saja dengan kamu tidak bisa menerima pasanganmu apa adanya. Dan ini bisa dianggap kalau kamu itu belum bisa move on dari mantan. Jadi, jangan pernah membandingkan pasangan kamu dengan mantan kalau tidak mau hubungan kamu kandas di tengah jalan.

Nah, itulah hal-hal yang bisa kamu lakukan agar hubungan kamu bisa langgeng sama pasangan. Kuncinya adalah sikap dewasa dalam menjalani hubungan. Jika kamu dan pasangan bisa sama-sama bersikap dewasa, hubungan yang kamu jalani akan bisa langgeng kok.

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional