Jadilah Orang Baik dengan Melakukan Lima Hal Ini Kepada Temanmu

Lima Hal Baik yang Perlu Kamu Lakukan Kepada Temanmu

Menjaga hubungan baik dengan teman bisa dibilang susah-susah gampang. Kita bisa hadir sebagai orang yang baik bagi teman jika melakukan hal baik pada waktu yang tepat. Namun kadang, hal baik yang kita lakukan bisa ditanggapi dengan tidak semestinya oleh teman jika terjadi pada waktu yang tidak tepat.

Ya memang begitulah hubungan antara manusia, apa yang kita lakukan pada orang lain tidak selalu akan ditanggapi sesuai dengan niat kita melakukannya. Setiap orang punya sudut pandang masing-masing dalam menilali sesuatu hal, pun untuk menilai perlakuan baik dari seorang teman. Namun, apapun tanggapan teman terhadap hal yang kita lakukan, tetaplah selalu berusaha menjadi orang baik dengan melakukan lima hal ini kepada temanmu.

Selalu Minta Maaf Duluan

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Meminta maaf tidak harus selalu dilakukan oleh orang yang melakukan kesalahan. Jika terjadi masalah kecil yang terjadi antara kamu dan temanmu, entah siapapun yang menjadi penyebab terjadinya masalah tersebut, selalu minta maaf duluan lah kepada temanmu. Dengan selalu meminta maaf duluan, kamu dan temanmu tidak harus berdebat atau bertengkar untuk menentukan siapa yang salah dan siapa yang benar. Sikapmu yang seperti ini akan menghindarkan kamu dan temanmu dari masalah-masalah lain yang mungkin saja muncul, hanya karena ego masing-masing.

Ucapkan “Minta Tolong” Setiap Hendak Meminta Bantuan

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Ketika hendak meminta bantuan kepada temanmu, untuk hal yang kecil maupun hal yang besar, dahuluilah dengan ucapan “minta tolong”. Dengan selalu mengucapkan “minta tolong” setiap hendak meminta bantuan, temanmu akan merasa menjadi orang yang selalu dihargai karena sikap ramahmu. Sikap seperti ini juga akan menghindarkan tanggapan dari temanmu yang merasa disuruh olehmu, hanya karena meminta bantuan tanpa meminta tolong kepadanya.

[Baca juga : Begini Caranya Kalau Kamu Ingin Menjadi Pribadi yang Menyenangkan]

Jangan Pernah Lupa Mengucapkan Terima Kasih

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Mengucapkan terima kasih mungkin terdengar sebagai sesuatu hal yang sederhana. Namun perlu kamu tahu, ada makna tentang penghargaan yang besar terhadap orang lain yang kamu beri ucapan terima kasih. Ya, temanmu akan selalu merasa dihargai atas segala hal yang dia lakukan untukmu. Dan sikap selalu menghargai kebaikan teman yang seperti ini, akan membuat temanmu merasa nyaman setiap kali berada di dekatmu.

Jangan Selalu Mendominasi Dalam Setiap Obrolan dengan Temanmu

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Ketika sedang ngobrol dengan teman, kadang kamu mungkin akan merasa punya banyak hal yang ingin kamu ceritakan pada temanmu. Pun dengan temanmu, dia juga mungkin punya banyak hal yang juga ingin dia ceritakan kepadamu. Oleh karena itu, janganlah selalu mendominasi dalam setiap obrolan dengan temanmu. Kamu harus bisa memberikan kesempatan untuk teman bercerita tentang apa yang ingin dia ceritakan. Ada waktunya, kamu hanya cukup bersikap menjadi pendengar yang baik, dengan begitu temanmu akan selalu merasa nyaman setiap kali ngobrol denganmu.

[Baca juga : Sering Berasumsi Negatif pada Diri Sendiri? Begini Cara Mengatasinya]

Selalu Menjaga Komunikasi Walaupun Jarang Bertemu

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Kamu dan temanmu tentunya memiliki kesibukan dan urusan pribadi masing-masing, yang membuat kalian tidak bisa selalu bertemu setiap waktu. Agar silaturahmi antara kamu dan temanmu tetap terjaga, maka berusahalah untuk selalu berkomunikasi dengan temanmu. Ya meskipun mungkin hanya sekadar basa basi menyapa lewat media sosial atau berkirim pesan singkat kepadanya. Saling bertanya kabar saja sudah cukup kok untuk selalu menjaga komunikasi dengan temanmu. Menjaga komunikasi penting untuk dilakukan agar temanmu selalu merasa bahwa kamu peduli kepadanya. Jadi kalau sewaktu kamu membutuhkan bantuan darinya, dia tidak akan merasa sebagai teman yang hanya kamu cari ketika sedang membutuhkannya.

Yap, itulah lima hal yang perlu kamu lakukan kepada temanmu jika kamu ingin menjadi orang baik bagi teman-temanmu. Ingat ya, jangan serig lupa berbuat baik kepada teman, agar kamu juga tidak dilupakan oleh temanmu.

Berbagi dan Diskusi

Written by Yudi Setyadi

Penyuka kopi dan gunung