Pantai Menganti, Surga Tersembunyi di Pesisir Selatan Pulau Jawa

Berkunjung ke Pantai Menganti Yuk

Deru ombak, hamparan pasir putih, semilir angin, nyiur melambai dan birunya lautan, semakin eksotis dengan panorama perbukitan dan tebing karst yang tergambar bak lukisan. Keindahan seperti ini hanya bisa kamu nikmati di Pantai Menganti, ya Pantai Menganti yang saya sebut sebagai ‘surga’ tersembunyi di pesisir selatan pulau jawa atau tepatnya berada di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Source : tersapa.com
Source : tersapa.com

Sebelum dikenal sebagai objek wisata, Pantai Menganti merupakan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan menambatkan perahu bagi para nelayan. Jika dilihat dari atas bukit yang berada di dekat pantai, jejeran perahu nelayan yang tertambat di pinggir pantai ditambah dengan pemandangan hijaunya perbukitan di sekitar pantai, cukup memanjakan mata setiap pengunjung yang melihatnya.

Setelah ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pasir putihnya, pengelola pantai berbenah dengan menambahkan beragam fasilitas bagi para pengunjung. Tempat parkir, warung makan, mushola dan fasilitas MCK sudah tersedia sebagai fasilitas penunjang bagi wisatawan. Bagi kamu yang ingin bermalam di dekat pantai juga tidak perlu bingung, kamu bisa menyewa homestay atau vila untuk keluarga yang tersedia di sekitar lokasi pantai. Dan jika ingin menikmati suasana alam bebas di sekitar pantai, kamu bisa menggunakan tenda untuk bermalam bersama teman-temanmu.

[ Baca juga : Mau Liburan ke Purwokerto? Lima Tempat Wisata Ini Bisa Jadi Tujuanmu ]

Sebagian pengunjung yang bermalam memang lebih memilih mendirikan tenda, alasannya karena tidak ingin ketinggalan menikmati sunset maupun sunrise di Pantai Menganti. Kalau kamu juga ingin camping di Pantai Menganti, jangan lupa bawa kamera ya, agar kamu bisa mengabadikan momen terbit dan tenggelamnya matahari di laut lepas Samudera Indonesia.

Source : ayomlaku.com
Source : ayomlaku.com

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, berjarak sekitar 35 km dari Gombong atau 42 km dari Kota Kebumen. Untuk mencapai lokasi pantai sampai saat ini hanya bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi, karena belum ada kendaraan umum yang sampai ke sana. Jika dari Gombong, kamu bisa mengambil rute perjalanan ke arah barat menuju arah Pantai Logending. Jika ke Pantai Logending kamu mengambil jalur ke arah kanan, maka sebaliknya ke Pantai Menganti kamu mengambil jalur ke kiri yang menanjak.

Kalau kamu baru pernah ke Pantai Menganti, lebih baik menggunakan sepeda motor untuk mempermudah perjalanan yang akan kamu tempuh. Jalanan menanjak, menurun dan berliku menjadi rute perjalanan yang akan kamu tempuh. Jangan sampai kamu ngelamun saat sedang berkendara ya, karena kamu butuh konsentrasi untuk melewati jalan yang cukup menantang. Dan usahakan kendaraan kamu harus dalam keadaan prima, agar terhindar dari hal-hal yang tidak terduga.

Setelah kamu sampai di lokasi, lalu membayar tarif masuk di pos retribusi dan memarkir kendaraan di tempat parkir yang sudah disediakan oleh pengelola, kamu sudah bisa langsung berjalan menuju hamparan pasir putih yang tersapu oleh ombak laut Samudera Indonesia. Rasa lelah dan perjalanan yang cukup menantang, akan terbayar dengan keindahan Pantai Menganti yang tidak bisa kamu nikmati di pantai-pantai lainnya. Saat menginjakkan kaki di pasir putih Pantai Menganti dan memandang birunya lautan, kamu akan merasa seperti menemukan sisi dunia yang baru pernah kamu temui.

[ Baca juga : Menyelam Tidak Harus di Laut Loh, Kamu Bisa Cobain River Diving ]

Tapi ingat ya, ketika berkunjung ke Pantai Menganti kamu juga harus bisa ikut serta untuk menjaga kebersihan pantai. Jangan buang sampah sembarangan, enggak asyik banget kan kalau pasir putih yang bersih menjadi kotor karena ulah pengunjung yang tidak bertanggungjawab. Oke, selamat liburan. Kalau kamu ingin berbagi cerita tentang pengalaman liburanmu, kamu bisa juga loh menuliskannya di sini.

Berbagi dan Diskusi

Written by Yudi Setyadi

Penyuka kopi dan gunung