Meski Sudah Lama Pacaran, Lima Hal Ini Bisa Bikin Hubunganmu Berakhir

Inilah Lima Penyebab Putus dengan Pacar

Menjalani hubungan yang lama, bukan berarti bisa berlangsung selamanya. Terkadang, meski sudah bertahun-tahun pacaran, banyak hubungan yang harus berakhir di tengah jalan dan tidak sampai pada ikatan pernikahan. Tidak dapat dipungkiri, semakin lama suatu hubungan, semakin banyak pula masalah yang akan muncul. Berikut ini beberapa penyebab berakhirnya suatu hubungan walau sudah menjalaninya dalam waktu yang lama.

Long Distance Relationship (LDR)

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

LDR atau long distance relationship alias hubungan jarak jauh, bisa menjadi salah satu penyebab berakhirnya sebuah hubungan. LDR memang selalu menjadi hal yang terasa berat untuk dijalani, sehingga kadang harus berimbas pada putusnya suatu hubungan. Ya, LDR memang sulit sih, di samping harus menahan rindu dan sulit untuk bertemu, kamu juga harus dihantui kecemasan kalau-kalau si dia tergoda orang lain di sana. Namun, jika kamu bisa tetap menjaga komunikasi, kepercayaan, serta komitmen masing-masing, LDR tidak akan begitu sulit untuk dijalani.

Tidak Direstui Orang Tua

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Kalau yang satu ini pasti di luar kehendak kamu dan pasangan dong. Restu orang tua memang penting dalam suatu hubungan, apalagi kalau hendak melanjutkan ke jenjang pernikahan. Tapi, jika orang tua tidak merestui, kita bisa apa? Mungkin hanya bisa pasrah. Namun sebenarnya tidak ada salahnya kamu berusaha untuk meyakinkan orang tua, siapa tahu orang tua kamu atau pasangan bisa luluh dan merestui hubungan kamu. Eitss, tapi jangan sampai nekat berjalan tanpa restu orang tua ya. Begitulah memang Cinta Seharusnya Tanpa Syarat, Tapi Calon Mertua Sering Membuatnya Jadi Bersyarat 

Selingkuh

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Wah, kalau sudah menyangkut masalah yang satu ini, hubungan kamu tidak akan berjalan mulus dan tidak heran  bisa menyebabkan putusnya hubungan kamu. Atau lebih baik memang tidak dilanjutkan, karena dikhawatirkan ketika kamu menginjak ke tahap yang lebih serius, baik kamu atau pasangan kamu yang selingkuh akan mengulangi kesalahan yang sama. Kalau sudah begitu, masalahnya akan lebih kompleks, karena bukan hanya menyangkut kamu berdua saja, tapi keluarga dan anak (jika sudah punya).

[ Baca juga : Pacarmu Selingkuh? Putuskan Saja, Ini Alasannya ]

Bosan dengan Hubungan yang Datar

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Menjalani hubungan yang sudah lama, tidak menutup kemungkinan timbulnya rasa bosan jika hubungan kamu berjalan datar-datar saja dan ini bisa jadi penyebab berakhirnya hubungan. Nah, biar tidak bosan, cobalah untuk merencanakan sesuatu  bersama-sama. Sedikit konflik dalam hubungan kamu juga bisa memberikan warna, asalkan bisa disikapi dengan bijak. Dan konflik yang timbul tapi bisa diselesaikan dengan baik justru bisa bikin makin lengket hubungan kamu.

Pasangan yang Posesif

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Sikap posesif tidak berarti akan selalu menjaga hubungan kamu lho. Jika sikap posesif terlalu berlebihan, justru akan menyebabkan kamu atau pasangan akan merasa terkekang dan tidak nyaman. Hal ini bisa saja menyebabkan putusnya hubungan kamu dan pasangan jika terjadi berlarut-larut dan tidak diperbaiki. Posessif boleh saja, asalkan masih dalam kadar yang wajar.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan putusnya hubungan kamu dengan pasangan meski hubungan sudah berlangsung lama. Jika memang kamu dan pasangan sudah serius dan sudah merasa cocok, tidak perlu berpacaran beralama-lama cepat dilamar lah si dia. Menikah tentu saja akan mengikat hubungan kamu lebih kuat, karena Kalau Enggak Sampai Nikah, Ngapain Pacaran?

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional