Kamu Penggemar Kuliner Indonesia? Cobain Produk Olahan Susu Khas Daerah Ini

Kuliner Olahan Susu Khas Daerah di Indonesia

Kuliner khas dari suatu daerah selalu menjadi buruan bagi para wisatawan yang sedang menikmati masa liburannya. Tidak heran, di sekitar lokasi wisata dengan mudah bisa kita jumpai warung makan dan toko oleh-oleh yang menjajakan beragam kuliner khas yang bisa langsung dinikmati di tempat, ataupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

masing-masing daerah di Indonesia memiliki kuliner khas yang berbeda dengan daerah lainnya. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara yang terdiri dari daerah dengan suku yang berbeda-beda. Dan Masing-masing suku memiliki kuliner khasnya tersendiri yang kaya akan cita rasa. Bahan yang digunakannya pun sangat beragam, mulai dari daging, sayuran, umbi-umbian, hingga rempah-rempah yang digunakan untuk menambah cita rasa makanan.

Nah kalau kamu berencana piknik ke suatu daerah, kamu bisa cobain beragam kuliner olahan susu yang unik dari berbagai daerah lho. Mau tahu kuliner olahan susu apa saja yang ada di Indonesia? Kepoin yuk.

Tahu Susu Lembang

source : sebandung.com
source : sebandung.com

Jika kamu bekunjung ke Bandung, kamu bisa cobain tahu susu dan boleh juga dijadikan oleh-oleh. Tahu susu ini banyak diproduksi di daerah Lembang. Tampilan tahu ini sebenarnya sama seperti tahu kebanyakan, bahan dasarnya pun sama dari kedelai. Namun, yang membedakan adalah penambahan susu murni dalam proses produksinya, sehingga rasanya lebih gurih dan teksturnya lebih padat. Seperti tahu pada umumnya, tahu susu juga ada yang berwarna kuning dan ada yang berwarna putih. Jangan khawatir dengan bahan pengawet, karena proses pembuatan tahu susu dilakukan dengan cara tradisional dan tanpa bahan pengawet lho.

Dadiah

source : indonesiakaya.com
source : indonesiakaya.com

Olahan susu yang satu ini adalah kuliner khas dari tanah Minang, Sumatera Barat. Dadiah merupakan produk fermentasi susu, seperti yogurt. Namun, ada beberapa perbedaan dadiah dengan yogurt. Jika yogurt dari susu sapi, dadiah terbuat dari susu kerbau yang difermentasi secara alami dalam sebuah ruas bambu. Semakin lama waktu fermentasi dadiah, semakin padat teksturnya. Tidak seperti yogurt yang masih berbentuk cair hanya sedikit mengental saja.

Dangke

source : hellomakassar.com
source : hellomakassar.com

Kalau dadlah serupa dengan yogurt, dangke ini bisa dibilang keju lokal dari Enrekang, Sulawesi Selatan. Dangke terbuat dari susu kerbau, namun belakangan, susu kerbau diganti dengan susu sapi. Teksturnya mirip dengan tahu dan rasanya seperti keju. Sama seperti dadiah, cara pengolahan dangke juga masih tradisional lho. Dangke bisa langsung dinikmati atau bisa diolah terlebih dahulu.

[Baca juga : Kemasan Teh Unik Ini Bisa Bikin Kamu Ketagihan Minum Teh]

Dodol Susu

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org

Ada dua kota nih di Indonesia yang memproduksi dodol susu, yakni Bandung yang tepatnya di Pangalengan dan satu lagi di Boyolali. Kedua kota ini memang terkenal dengan produksi susunya, jadi tidak heran banyak makanan yang terbuat dari olahan susu. Dodol susu ini bahan bakunya sama seperti dodol pada umumnya, namun ada penambahan susu murni. Rasanya? Hmm, pasti manis dan lebih gurih karena tambahan susu murni. Teksturnya pun lebih lembut dan kenyal.

Permen Susu

source : sebandung.com
source : sebandung.com

Satu lagi nih olahan susu dari Pangalengan, Bandung, yang tidak kalah nikmatnya, yakni permen susu. Bahan utamanya pasti adalah susu, ditambah dengan gula dan bahan pelengkap lainnya. Teksturnya lebih keras dibandingkan dengan dodol susu karena proses pengadukannya yang lebih lama sekitar lima jam. Buat kamu yang kurang suka dengan susu murni, namun ingin mendapatkan manfaatnya, permen susu ini bisa jadi alternatifnya. Selain rasanya yang enak, kemasannya juga praktis, bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja. Tapi, jangan dikonsumsi berlebihan ya, bisa-bisa nanti malah gigi kamu yang rusak.

[Baca juga : Ingin Menikmati Teh Langsung di Kebunnya? Ini Tempatnya]

Nah, itulah beberapa produk olahan susu khas Indonesia yang tidak kalah dengan produk asing, apalagi diolah dengan cara tradisional dan tanpa bahan pengawet lho. Kalau kamu mengunjungi kota-kota di atas, tidak ada salahnya untuk mencoba produk olahan susunya yang khas.

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional