Ini nih Beberapa Gaya Harajuku, Berani Coba?

Ini nih Beberapa Gaya Harajuku

Berbicara tentang fashion Jepang pasti tidak akan luput dari kata unik dan bisa dibilang berbeda dari negara lainnya. Jepang memang memiliki style tersendiri kalau masalah fashion. Kita sering dengar gaya Harujuku yaitu street fashion Jepang yang terkenal dengan tampilannya yang bertabrakan baik corak, warna, motif, ukuran, sampai ukuran baju. Gaya Harajuku ini memang gaya yang tidak mengenal peraturan, siapapun bebas untuk memadu-madankan pakaian mereka sesuka hati. Kamu tahu tidak ternyata gaya Harajuku ini di dalamnya terdapat beberapa subgaya lho. Ini nih beberapa subgaya dalam Harajuku.

Cosplay

source : pinterest.com
source : pinterest.com

Kamu pasti pernah mendengar kata cosplay kan? Itu lho gaya yang menirukan suatu tokoh anime atau manga. Cosplay itu sendiri merupakan kependekan dari costume playing. Biasanya seorang cosplayer  –sebutan untuk orang yang menggunakan cosplay– akan mengenakan pakaian dan merias tubuhnya semirip mungkin dengan tokoh anime atau manga lengkap dengan aksesoris yang digunakan. Dalam kehidupan sehari-hari, cosplay jarang diguanakan dan biasanya akan dikenakan ketika ada even atau promosi.

[Baca juga: Meski Tidak Harus Mahal, Cara ini bisa Membuat Penampilan Kamu Serasi]

Lolita

source : pinterest.com
source : pinterest.com

Kalau tren fashion yang satu ini dicirikan dengan gaun atau rok selutut dengan gaya cupcake. Gaya ini mengacu pada pakaian era Victoria dan periode Ricoco. Gaya lolita ini mulai berkembang pada tahun 90an. Tampilan dari gaya lolita terkesan cute dan elegan tampak seperti boneka-boneka yang lucu. Gaya lolita ini juga ada macam-macam lho, seperti Gothic Lolita, Shiro Lolita, Kuro Lolita, Classic Lolita, Ama Lolita, Punk Lolita, Erotic Lolita, Wa Loloita, Maid Lolita, dan Sailor Lolita. Masing-masing dari jenis lolita tersebut memiliki ciri khasnya sendiri. Belakangan gaya lolita ini dilengkapi dengan stocking dan hiasan kepala.

Kogal

source : pinterest.com
source : pinterest.com

Gaya kogal atau kogyaru ini melibatkan pakaian seragam sekolah di Jepang dengan rok pendek dan kaus kaki (biasanya longgar). Selain itu, biasanya dengan rambut yang diwarnai dilengkapi dengan sepatu platform, sweater atau jaket. Para kogal akan berusaha untuk terlihat semuda mungkin. Namun, ternyata Kogal juga sering dikaitkan dengan materialisme dan konsumerisme.

Kawaii Style

source : pinterest.com
source : pinterest.com

Kawaii sendiri bermakna cantik atau lucu. Sesuai dengan namanya, gaya ini menunjukan penampilan yang cantik. Gaya kawaii ini biasanya memakai warna-warna cerah dan karakter yang imut dan menggemaskan, membuat pemakainya terkesan seperti anak-anak. Gaya kawaii sering dipadukan dengan stocking atau legging, kaos bergambar karakter anime, dan aksesoris yang menunjang untuk tampil lebih kawaii.

Decora Style

source : pinterest.com
source : pinterest.com

Kalau gaya decora ini dicirikan dengan pemakaian aksesoris yang bertumpuk-tumpuk dan baju dengan warna yang terang. Para pemakainya biasanya akan menggunakan gelang, kalung, jepit rambut, boneka, atau aksesoris lainnya yang lucu-lucu. Selain itu mereka juga biasanya mengenakan beberapa baju atau kaus kaki secara bersamaan.

Visual Kei

source : pinterest.com
source : pinterest.com

Gaya Harajuku yang satu ini mengacu pada gaya ala band-band rock Jepang gitu (Jrock). Ciri dari gaya ini adalah pemakaian make up yang tebal terutama pada bagian mata. Selain itu, gaya rambut visual kei juga keren atau terkadang ekstrem. Dengan gaya ini bisa membuat pemakainya lebih berkarakter.

Bagaimana unik-unik kan gayanya?

Ya, meskipun ada yang terbilang sangat tidak biasa sih, tapi tren fashion ini sangat terkenal di Jepang, bahkan sudah terkenal juga di negara lain lho. Dari beberapa gaya Harajuku di atas, kamu berani coba? Kalau tertarik untuk mencoba, kuncinya adalah harus pede alias percaya diri dengan gaya-gaya yang unik dan eksentrik di atas.

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional