Inilah Beberapa Fakta Menarik Mengenai Kucing

Fakta Menarik Kucing Peliharaan

Kucing, siapa yang tidak tahu hewan yang satu ini. Hewan dari famili Felidae ini memang sangat menggemaskan. Dengan tubuhnya yang berambut halus dan memiliki tampang yang super cute serta perilakunya yang menggemaskan membuat kucing banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Namun, tahukah kamu ternyata kucing memiliki beberapa fakta yang cukup mengejutkan lho, mau tahu?

Kucing Belang Tiga Kebanyakan Betina

source : cat.lovetoknow.com
Source : cat.lovetoknow.com

Kucing yang memiliki warna rambut atau bulu tiga atau kucing belang tiga kebanyakan adalah betina. Jika ada kucing belang tiga yang berjenis kelamin jantan biasanya kucing tersebut steril atau mandul. Hal tersebut dikarenakan kucing jantan belang tiga kelebihan kromosom X  jadi kromosomnya menjadi XXY yang seharusnya hanya XY.

Kucing Akan Langsung Membalikan Badan Ketika Jatuh

source : pinterest.com
Source : pinterest.com

Kamu rajin olahraga yang memerlukan gerakan lompat ataupun locat? Klau iya, maka coba perhatikan dan lalu pelajari juga kucing. Karena kucing ternyata memiliki keseimbangan yang luar biasa.

[Bacajuga: Kamu Berhijab dan Gemar Olah Raga? Beberapa Wanita ini Bisa Jadi Inspirasimu]

Ketika seekor kucing terjatuh, cairan yang berada pada telinga kucing akan bergerak. Pergerakan cairan ini diikuti oleh bergeraknya kepala kucing ke arah horizontal menyamai cairan tersebut. Tubuh kucing secara otomatis akan mengikuti gerakan kepala. Itulah sebabnya jarang banget ada kucing yang mati jika jatuh dari ketinggian.

Kumis Kucing Berfungsi sebagai Radar

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Kumis kucing berfungsi untuk menentukan posisi, jarak, atau gerakan suatu benda dalam gelap. Selain itu, kumis kucing juga berfungsi untuk mengukur suatu celah. Panjang kumis kucing hampir sama dengan lebar badannya sehingga kucing dapat menentukan apakah suatu celah dapat dilewati atau tidak.

Penglihatan Kucing Lebih Luas

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Kucing dapat melihat hingga 200 derajat, lebih luas jika dibandingan dengan manusia yang hanya bisa melihat sekitar 180 derajat. Kucing dapat melihat tepian hingga 30 derajat sedangkan manusia hanya 20 derajat. Namun, penghlihatan kucing kurang fokus untuk jarak jauh. Maksimal fokus penghilahat kucing adalah sekitar 100 meter, lebih dari itu buram.

Kedipan Kucing Berarti Menganggap Kamu Teman

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Jika kucing membuka matanya kemudian menutupnya secara perlahan ke arah kamu, berarti kucing tidak menganggap kamu sebagai ancaman dan menganggap teman. Sebaliknya, jika kucing tidak berkedip ketika melihat kamu, kucing merasa bahwa kamu adalah ancaman untuk dirinya. Mata kucing yang tidak berkedip merupakan isyarat kewaspadaan.

[Baca juga: Tipe-tipe Teman Sekolah yang Bakal Kamu Ingat Sampai Tua]

Kelenjar Bau pada Kucing

source : getcatnipdaily.com
source : getcatnipdaily.com

Kucing memiliki kelenjar bau pada beberapa tempat di tubuhnya. Biasanya kelenjar bau ini digunakan untuk menandai teritorinya. Kamu pernah mengalami tidak ada kucing yang suka menggesek-gesekan badan atau kepalanya ke kamu? Nah, jika kucing menggesekan kepala atau wajahnya ke kamu, kucing sedang menandai kamu dengan aromanya dan menganggap kamu sebagai anggota keluarga.

Tubuh Kucing Minim Kuman

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Inilah asyiknya bermain dengan kucing. Kucing merupakan hewan yang bersih. Tidak ditemukan kuman atau mikroba pada tubuh kucing, dari mulai permukaan kulit, lidah, hingga air liur kucing. Bahkan air liur kucing malah bisa membunuh kuman lho. Kalaupun ditemukan adanya kuman atau mikroba, jumlahnya sangat sedikit, jenisnya pun tidak beragam, dan kuman yang ditemukan biasanya kuman yang terdapat pada manusia.

Nah, itulah beberapa fakta menarik mengenai kucing yang sering kita pelihara. Tidak perlu merasa takut apalagi jijik dengan kucing karena kucing merupakan hewan yang bersih dan ramah. Bahkan kucing besar dan liar sekalipun bisa berperilaku ramah dan manis jika kita perlakukan dengan baik dan ramah juga.

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional