Hal-hal yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Mudik Lebaran

Yang Harus Disiapkan Sebelum Mudik Lebaran

Ketika sudah memasuki minggu terakhir pada bulan puasa, itu artinya sebentar lagi kita akan merayakan hari raya Idul Fitri alias lebaran ya guys. Di mana saat menjelang lebaran, ada satu hal yang ramai dilakukan oleh sebagian penduduk Indonesia, apalagi kalau bukan mudik lebaran.

Mudik lebaran adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para perantau yang sedang belajar atau bekerja di luar kota dan jauh dari rumah. Karena di momen inilah para perantau tersebut bisa pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari raya bersama keluarga. Wiih pastinya Kepoers yang anak rantau udah ga sabar juga kan buat mudik 😀

Nah, sebelum mudik ada baiknya kamu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik gaes, mulai dari persiapan kendaraan yang mau digunakan sampai persiapan fisik. Dengan persiapan yang baik dan matang, dijamin deh kegiatan mudik kamu insyaAllah bakal lancar, aman, damai dan sentosa. Dan berikut ini Kepo udah catetin beberapa hal-hal yang perlu kamu siapkan sebelum berangkat mudik.

1. Persiapan Kendaraan Mudik

kendaraan mudik via pexels
Kendaraan mudik via pexels

Sebelum berangkat mudik yang harus kamu siapkan adalah kendaraan yang akan kamu gunakan untuk mudik. Kamu bisa memilih untuk menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Kalo memilih untuk menggunakan kendaraan umum, pastikan kamu udah memesan atau membeli tiket mudik jauh-jauh hari sebelumnya biar ga kehabisan. Nah kalo memilih menggunakan kendaraan pribadi, cek dulu kondisi kendaraan kamu. Pastikan kondisinya oke dan siap untuk dibawa perjalanan jarak jauh.

2. Persiapan Fisik 

olahraga ringan via pexels
Olahraga ringan via pexels

Kendaraan buat mudik udah oke, persiapan selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah persiapan fisik. Persiapan fisik sangatlah penting gaes, apalalagi kalo perjalanan mudikmu memakan waktu yang cukup panjang. Ga mau kan pas lagi mudik kamunya malah sakit. Oleh karena itu, sebelum mudik kamu bisa persiapkan diri dengan melakukan olahraga ringan, tidur cukup, dan minum cukup air putih saat sahur dan berbuka. Selain itu jangan lupa juga untuk bawa obat-obatan pribadi saat mudik.

[Baca juga: Kamu Berhijab dan Gemar Olah Raga? Beberapa Wanita ini Bisa Jadi Inspirasimu]

3. Packing Barang Bawaan

packing barnag bawaan via expanindo.id
Packing barang bawaan via expanindo.id

Fisik udah fit, selanjutnya kamu bisa mulai packing baju atau barang-barang pribadi yang akan kamu bawa untuk mudik. Tapi diusahakan jangan terlalu banyak membawa baju atau barang saat mudik gaes, bawa secukup dan seperlunya saja. Biar gak ribet dan berat bawanya saat perjalanan. Inget ini mudik bukan pindahan :p

4. Uang Saku

uang saku via ngokos.com
uang saku via ngokos.com

Uang saku juga jadi salah satu persiapan yang diperhatikan karena bisa kamu gunakan untuk jajan atau beli sesuatu di perjalanan mudik. Namun seperti baju dan barang-barang pribadi, uang saku yang kamu bawa pun secukupnya aja gaes. Jangan terlalu berlebihan membawa uang cash, karena nantinya malah bisa mengundang niat jahat dari orang-orang yang tak bertanggungjawab.

5. Persiapkan Bekal Makanan

bekal makanan via sharingdisana.com
bekal makanan via sharingdisana.com

Walaupun kamu udah bawa uang saku, jangan lupa juga untuk membawa bekal minuman dan makanan yang cukup juga gaes. MIsal kamu perjalanan malam hari, lumayan kan bias buat camilan selama perjalanan biar bisa lebih hemat :3

6. Oleh-oleh

toko oleh-oleh via loperonline.com
toko oleh-oleh via loperonline.com

Kalo kamu belum bisa bawain oleh-oleh mantu buat orang tua kamu, setidaknya kamu bisa tuh bawain oleh-oleh khas daerah dimana kamu merantau untuk orang tua dan keluarga di rumah 😀

7. Persiapan Hati 

kapan?
kapan?

Persiapan hati ini juga ga kalah penting lho. Kamu harus mempersiapkan hati untuk menghadapi banyak pertanyaan saudara dan handai taulan saat lebaran nanti. Mulai pertanyaan “gimana kerjaan/kuliah?”, “kapan lulus?” Sampai yang agak bikin nyesek yaitu “kapan nikah?”. Pertanyaan-pertanyaan tersebut membutuhkan hati yang kuat untuk menjawabnya, terutama saat skripsi kamu macet dan kamu masih jomblo. Tak hanya untuk menghadapi pertanyaan, kesiapan hati juga diperlukan untuk situasi misalkan tiba-tiba kamu harus bertemu dengan mantan kamu di kampung halaman, yang pasti kuatan hati biar ga baper lagi yaa 😉

Itu tadi beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum berangkat mudik. Semoga bermanfaat. Selamat mudik kepoers, hati-hati di jalan dan jangan lupa berdoa 😀

Berbagi dan Diskusi