Begini Asal Usul dan Sejarah Kue Nastar

Inilah Asal Usul Sejarah Kue Nastar

Siapa sih yang ga tau kue nastar, itu lho kue kering yang bentuknya bulat-bulat dengan isi selai nanas dan memiliki rasa manis yang khas, sehingga disukai banyak orang. Rasa dan aroma yang khas dari kue nastar itu tak pelak dijadikan sebagai suguhan wajib saat perayaan-perayaan hari besar, sebagai contoh adalah hari raya lebaran.

Jadi wajar saja penjualan kue nastar menjelang lebaran sangat meningkat pesat dan jadi buruan utama. Namun jangan salah, walau menjadi buruan utama sebagai menu camilan saat lebaran, tapi ternyata belum banyak orang yang tahu asal-usul dan sejarah si kue nastar ini lho gaes.

Nastar via idemasak.com
Nastar via idemasak.com

Nah makanya biar kamu gak cuma ngemilin nastar saja tanpa tahu asal-usulnya, kali ini Kepo bakal kasih tahu bocoran sejarah tentang kue kering yang terbuat dari adonan tepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai buah nanas ini. Biar ngemil nastarnya makin afdol kan yaa ūüėÄ

[Baca juga: Ini Dia Varian Olahan Kurma untuk Berbuka Puasa agar Tak Membosankan]

Jadi gini gaes, kue nastar ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Kata Nastar berasal dari bahasa Belanda yaitu ‚ÄúAnanas/ nanas‚ÄĚ dan ‚ÄúTaart/tart/pie‚ÄĚ yang kalo dijadiin satu berarti¬†Tart nanas. Disebut tart nanas karena memang kue ini terinspirasi dari kue pie buatan orang Eropa yang biasanya diisi dengan buah blueberry dan apel.

blueberry pie ala eropa via pixabay
blueberry pie ala eropa via pixabay

Ya karena di Indonesia saat itu sulit untuk menemukan buah blueberry dan apel maka akhirnya dipilihlah buah nanas sebagai buah penggantinya. Tak seperti pie di Eropa sana yang berukuran besar, nastar ala Indonesia dimodifikasi sendiri dengan bentuk yang lebih kecil sehingga bisa dinikmati sebagai camilan sekali makan.

[Baca juga: Keren! Seniman Ini Bisa Sulap Kayu Menjadi Makanan]

Dan ternyata tak hanya sekadar sebagai camilan, karena bagi etnis Tionghoa kue yang satu ini ternyata juga memiliki simbol khusus dan¬†dijadikan makanan khas saat perayaan Imlek. Dalam Bahasa Hokian, nastar diartikan sebagai¬†ong lai (buah pir emas) yang berarti ‘kemakmuran datang kemari’ melambangkan rezeki dan keberuntungan yang datang. Sedangkan¬†warna kuning keemasan serta rasanya yang manis dan lembut isi nanasnya, semuanya melambangkan rezeki yang manis dan melimpah.

Modifikasi nastar via instagram.com/moistkitchen
Modifikasi nastar via instagram.com/moistkitchen

Pada perkembangannya, kue nastar pun telah banyak variannya; tak hanya berbentuk bulat dengan isian selai nanas saja. Di pasaran sudah banyak kue nastar berbagai bentuk yang lebih menarik dan juga isian  yang lebih bervariatif seperti coklat, strawberry, blueberry, apel, dan lain-lain.

via wikipedia, merdeka

Berbagi dan Diskusi