Beberapa Hal ini Dapat Menghambat Kelancaran Skripsi Kamu

Inilah Penghambat Kelancaran Skripsi Kamu

Pasti akan ada saja masalah yang muncul ketika kita melakukan suatu pekerjaan, sehingga tidak menutup kemungkinan masalah tersebut juga mengganggu kelancaran pekerjaan kita. Hal itu berlaku juga dalam menyusun skripsi, akan ada saja masalah yang menghalanginya.

Bagi kamu yang pernah dan sedang menyusun skipsi mungkin juga akan mengalami masalah-masalah seperti di bawah ini.

[Baca juga: Apa Kabar Skripsi Kamu? Begini Cara Mempercepat Skripsi Kamu]

Dosen Pembimbing

source : pixabay.com | CCO
source : pixabay.com | CCO

Yup, sepertinya disinalah nasib skripsi kita ditentukan. Masalah dengan dospem alias dosen pembimbing ini macam-macam lho. Ada dospem yang perfeksionis, dimana setelah revisi pasti ada revisi tambahan lagi, revisi lagi dan harus ada yang ditambahkan lagi, begitu seterusnya hingga isi skripsi sesuai dengan apa yang dospem kehendaki.Ya, sebenarnya sih hal seperti itu bagus, tapi mungkin mahasiswa juga akan merasa lelah.

Ada lagi dospem yang sulit sekali untuk ditemui, bahkan untuk meminta beberapa goresan tanda tangan saja harus menunggu hingga berhari-hari. Selain Itu, permasalahan dengan dospem adalah skripsi yang tak kunjung direvisi dan di-ACC. Alasannya karena kesibukan dospem sehingga belum sempat merevisi dan terkadang karena lupa.

Minimnya Referensi

source : pixabay.com | CCO
Source : pixabay.com | CCO

Terkadang hal ini juga bisa sedikit mengganggu kelancaran skripsi kamu. Ketika kamu mengambil topik yang terbilang jarang dan penelitian tentang topik itu masih belum banyak, kamu harus berjuang ekstra untuk mendapatkan referensi yang sesuai dengan topik yang kamu ambil. Tapi hal tersebut tidak akan begitu bermasalah kalau kamu enjoy menikmati proses penyusunan skripsi kamu.

Laptop dan Printer

source : pixabay.com | CCO
Source : pixabay.com | CCO

Kedua benda penunjang kelancaran skripsi ini pun tidak luput dari masalah. Percaya atau tidak, banyak yang mengalami masalah sama laptop dan printer justru pada saat menyusun skripsi. Kok bisa? Mungkin karena kondisi laptop kamu sudah “tua” dan “lelah” sehingga muncullah berbagai masalah pada saat penyusunan skripsi.

Pun dengan printer, ketika laptop baik-baik saja, malah printernya yang “ngadat”. Seakan-akan terjadi konspirasi di antara kedua benda tersebut. Nah, hal itu terkadang bisa menghambat skripsi kamu. Ketika harus diperbaiki atau membeli yang baru pasti akan memakan waktu juga.

Diri Sendiri

source : pixabay.com | CCO
source : pixabay.com | CCO

Inilah yang paling berbahaya. Ketika dospem baik, penelitian kamu terbilang mudah, dan fasilitas mendukung, tapi diri sendiri justru yang bermasalah, ini yang akan sangat menghambat skripsimu. Pasti ada berbagai alasan kenapa diri sendiri yang seakan enggan mengerjakan skripsi. Bisa karena terlalu asyik di zona nyaman, ingin melakukan hal lain terlebih dulu, juga rasa malas yang selalu datang dalam berbagai kondisi.

Mungkin masalah-masalah di atas sulit dihindari dan akan mengganggu kamu dalam mengerjakan skripsi. Namun, bukan berarti menyurutkan semangat kamu untuk menyelesaikannya. Tidak ada masalah yang tidak ada solusinya kok. Yang pasti kamu harus sabar dan tetap semangat. Selain itu, hindari masalah yang berkaitan dengan diri sendiri. Karena ini berkaitan langsung dengan diri kamu, seharusnya justru masalah ini yang paling mudah untuk dikontrol.

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional