Ini lho Benda-benda Unik yang Dikoleksi Anak era 90an

Inilah Koleksi Unik Anak era 90an

Meskipun pada tahun-tahun 90an perkembangan teknologi belum sepesat saat ini, tapi Kepoers yang tumbuh di era tersebut pastinya tetap memiliki banyak nostalgia dan kenangan yang tak kalah seru dan mengasyikkan dan belum tentu anak zaman sekarang bisa mengalaminya. Hal yang tak melulu berkutit dengan gadget, justru anak-anak yang tumbuh pada era 90an lebih banyak memiliki waktu untuk bermain dan berinteraksi bersama teman-temannya di luar rumah, di antaranya adalah tukar-tukaran benda koleksi.

Sedangan benda-benda yang dikoleksi anak 90an juga ada banyak macam dan jenisnya gaes, mulai dari benda yang di dapat dari hadiah makanan, nyari-nyari di jalan, maupun yang memang harus dibeli.

Kali ini Kepo mau ngajakin kamu balik ke masa lalu (opps, pastinya bukan balik ke mantan lhooo :|), untuk sedikit mengingat dan mengenang benda-benda apa saja yang pernah ngehitz untuk dijadikan barang koleksi di era 90an. Langsung deh yuk kepoin bareng, siapa tau salah satunya adalah benda yang pernah kamu koleksi 😀

Perangko 

koleksi perangko via dianeaninditya.wordpress.com
Koleksi perangko via dianeaninditya.wordpress.com

Di era 90an, surat menyurat masih jadi salah satu andalan media berkomunikasi. Jadi gak heran kalau pada masa itu prangko adalah benda yang sangat mudah ditemukan.   Dan tak sedikit anak-anak 90an yang menjadikan perangko sebagai benda koleksi pun untuk saling tukar-menukar.

Agar tidak rusak dan hilang, biasanya perangko yang sudah dikumpulkan dimasukkan ke dalam album perangko. Serunya dari kegiatan mengkoleksi perangko atau disebut juga dengan filateli ini adalah ketika kita memiliki perangko yang dari negara lain atau perangko edisi terbatas yang teman kita gak punya, pasti deh jadi kebanggaan tersendiri. Hayoo, koleksi perangko kamu masih ada gak? :p

[Baca juga: Coba Tebak, Gambar-gambar ini Foto atau Lukisan?]

Kertas Binder 

kertas binder via paketgrosir.com
Kertas binder via paketgrosir.com

Kertas binder berbagai motif sempat jadi tren yang merebak di era 90an hingga 2000an. Anak-anak sekolah terutama cewek-cewek, kemana-mana pasti bawa binder yang isinya banyak banget kertas loose leaf warna-warni. Begitu kumpul bersama temen-temennya, pasti deh heboh bertransaksi-tukaran kertas binder.

Kertas binder yang jadi idola pada masa itu adalah merk Harvest. Karenanya para kolektor kertas binder rela menukar satu lembar loose leaf harvest ini dengan dua lembar kertas loose leaf biasa 😀

Bungkus Rokok

koleksi bungkus rokok via suryotomo.wordpress.com
Koleksi bungkus rokok via suryotomo.wordpress.com

Kalo loose leaf identik dengan koleksinya para cewek-cewek, maka bungkus rokok adalah koleksi yang diminati anak-anak cowok. Bungkus rokok yang dicari pun bukanlah yang banyak tersedia di pasaran, melainkan bungkus rokok yang memang jarang ditemui.

Gak heran deh, kalau anak-anak di era 90an tiap pulang sekolah atau pas lagi maen, rajin jalan sambil melihat ke arah bawah karena siapa tau nemu bungkus rokok yang lagi diincer.

Tazos

Tazos via manggadget.com
Tazos via manggadget.com

Awalnya Tazos adalah hadiah dari makanan kecil, namun karena gambar bentuknya yang bermacam-macam, anak-anak pun banyak yang menjadikannya sebagai barang koleksi yang populer pada saat itu.

Di Indonesia sendiri, Tazos yang paling tekenal ialah Tazos dengan gambar Pokemon dan Looney Tones. Pada era 90an Tazos tak hanya untuk dikoleksi, melainkan juga digunakan untuk bermain, seperti permainan dibentuk-bentuk, tembakan, tosan, dan juga bantingan.

Kartu Voucher Pulsa

kartu voucher pulsa via fjb.kaskus.co.id
Kartu voucher pulsa via fjb.kaskus.co.id

Pada masa 90an, penjual pulsa belum banyak dan mudah ditemui seperti saat ini. Pada  saat itu, pengisian ulang pulsa pun kebanyakan masih dilakukan dengan membeli voucher pulsa. Karena masih belum begitu banyak pengguna handphone, kartu voucher pulsa pun dibuat dengan desain-desain unik dan menarik. Maka anak-anak era 90an pun menjadikan kartu voucher pulsa sebagai benda untuk dikoleksi.

Kartu Hologram

kartu hologram via blog.tokopedia.com
kartu hologram via blog.tokopedia.com

Tak hanya kartu voucher pulsa saja yang dikoleksi sama anak-anak generasi 90an. Anak-anak 90an juga senang sekali membeli dan menyimpan kartu-kartu hologram.

Untuk anak laki-laki biasanya lebih menyukai koleksi kartu hologram 2dimensi, bergambar dragon ball dan kartu basket Michael Jordan. Sedangkan untuk anak cewek biasanya akan mengolreksi kartu berhologram dengan gambar sailormoon. Selain untuk saling bertukar koleksi, kartu hologram ini juga bisa digunakan untuk mainan tostosan.

 

Berbagi dan Diskusi