Menu Buka Puasa yang Cocok Dinikmati di Musim Hujan

Inilah Menu Buka Puasa di Musim Hujan

Indonesia adalah negara yang memiliki curah hujan cukup tinggi, sehingga tak heran akan berlimpah air di sebagian wilayahnya terutama pada saat musim penghujan seperti ini. Dan tingginya curah hujan yang pada akhirnya juga membuat suhu udara menjadi lebih dingin tentu membuat kita berkeinginan menikmati minuman panas. Tak lain karena kehangatan dari minuman tersebut bisa membantu tubuh kita melawan udara dingin.

Bulan Ramadhan kali ini bertepatan dengan musim hujan. Sehingga saat biasanya sajian berbuka puasa identik dengan es atau minuman segar, bulan puasa kali ini minuman hangatlah yang berkemungkinan sering kita idam-idamkan sebagai menu berbuka puasa. Selain cocok dinikmati saat dingin, menikmati minuman hangat untuk berbuka puasa lebih direkomendasikan oleh ahli gizi karena mudah diterima tubuh. Seperti disampaikan Ahli Gizi yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc  bahwa saat puasa, suhu tubuh akan menurun sehingga dikahwatirkan bila langsung minum es tubuh akan kaget.

[Baca juga: Ini Dia Varian Olahan Kurma untuk Berbuka Puasa agar Tak Membosankan]

Oleh karena itu sambil diiringi rintik geimis air hujan, berikut ini Kepo udah catetin beberapa inspirasi menu buka puasa hangat yang cucok dinikmati saat musim hujan. Cekidot 😉

1. Kolak

kolak pisang via masfikr.com
kolak pisang via masfikr.com

Seperti yang semua orang tau, kolak dan bulan puasa adalah dua hal yang tak terpisahkan. Jadi kolak pun biasanya akan jadi pilihan utama sajian hangat untuk berbuka puasa karena mudah ditemui dimana-mana. Tapi kalo kamu bosen sama kolak, minuman-minuman hangat di bawah ini bisa jadi alternatif lain buat kamu 😀

2. Wedang Bajigur 

wedang bajigur via asepkumerot.blogspot.com
wedang bajigur via asepkumerot.blogspot.com

Wedang bajigur ini asalnya dari Sunda, namun juga banyak ditemui di sebagian besar pulau Jawa. Perpaduan bahan dasar bajigur yang terbuat dari santan gula aren, dan jahe, yang ditambah irisan kelapa dan potongan roti tawar menghasilkan minuman hangat yang manis dan sedikit gurih cocok banget jadi sajian buka puasa di saat udara dingin.

3. Wedang Ronde

wedang ronde via masakanlezat.com
wedang ronde via masakanlezat.com

Seperti wedang bajigur, minuman khas daerah jawa tengah ini juga berbahan dasar jahe, tapi tanpa santan. Isi ronde lebih bervariasi seperti beberapa butir bola dari tepung ketan, kacang yang disangrai, kolang kaling, dan potongan roti tawar. Jadi tak hanya hangat, wedang ronde pun bisa menjadi sajian pembuka yang pas untuk berbuka puasa.

4. Wedang Uwuh

wedang uwuh via arumsari.co.id
wedang uwuh via arumsari.co.id

Dalam bahasa Jawa ‘uwuh’ berarti sampah, tapi jangan salah gaes bukan berarti si wedang uwuh ini terbuat dari sampah lho gaes. Minuman hangat khas Yogyakarta ini disebut wedang uwuh karena bahan dasar sajian wedang ini adalah berbagai dedaunan rempah yang dimasukkan jadi satu ke dalam gelas. Daun-daun itulah yang membuatnya tampak berserakan seperti sampah. Meski begitu, dedaunan yang ada di dalam wedang uwuh mempunyai khasiat bagus bagi tubuh kita. Bahan-bahan wedang uwuh antara lain air jahe, kayu secang, cengkeh (termasuk bunga, batang dan daunnya), kayu manis dan daunnya, pala dan daun pala, akar dan daun serai, serta gula batu atau gula merah untuk memberi rasa manis. Jadi selain cucok  sebagai menu buka puasa yang hangat, wedang uwuh ini juga bagus buat kesehatan.

5. Setup Buah

setup pisang via ibudanmama.com
setup pisang via ibudanmama.com

Pengen buka puasa dengan minuman hangat tapi tetep ada buahnya? Tenang, ada solusinya gaes. Kamu bisa mencoba minuman setup buah. Minuman setup ini biasanya terbuat dari buah jambu, pisang maupun nanas. Kalo susah mendapatkannya di tempat jualan takjil, kamu bisa juga lho membuatnya sendiri karena cara dan bahan-bahannya gampang didapatkan. Caranya, didihkan 150gr gula ke dalam 500ml di dalam panci bersama kayu manis, cengkeh dan daun pandan. Masukkan potongan pisang, jambu biji atau nanas, rebus hingga dirasa cukup matang. Lalu kamu bisa menikmatinya untuk sajian berbuka puasa yang manis dan hangat.

 

6. Wedang Tahu 

wedang tahu via sashylittlekitchen.com
wedang tahu via sashylittlekitchen.com

Minuman hangat yang cocok buat buka puasa selanjutnya adalah wedang tahu. Walaupun namanya wedang tahu, tapi bukan berarti sajian khas Semarang ini isinya tahu lho gaes. Wedang tahu ini terbuat dari sari kedelai yang diberi kuah air jahe. Teksturnya yang lembut dan kuah jahe yang hangat udah pasti pas banget dinikmati saat dingin melanda. Selain cocok sebagai penangkal dingin, sari kedelai memiliki kandungan antioksidan dipercaya dapat menangkal radikal bebas yang merupakan pemicu berbagai penyakit dan penuaan dini lho.

7. Wedang Kacang Hijau

wedang kacang hijau via vemale.com
wedang kacang hijau via vemale.com

Wedang kacang hijau ini hampir sama dengan bubur kacang hijau gaes. Bedanya kalo bubur kacang hijau biasanya pake ketan hitam dan lebih kental, maka wedang kacang hijau ini ga pake ketan. Kalo kamu mau bikin sendiri, caranya pun gampang banget. Kamu tinggal siapkan 150 gram kacang hijau (cuci dan rendam sekitar 15 menit). Setelah itu rebus kacang hijau bersama air hingga kacang hijau empuk dan mekar. Jika sudah empuk dan mekar, masukkan daun pandan lalu masukkan jahe, gula pasir, gula jawa dan sedikit garam. Masak beberapa menit lalu masukkan santan dan aduk rata. Masak hingga kacang hijau mendidih. Wedang kacang hijau pun siap dinikmati sebagai menu berbuka puasa 😀

Berbagi dan Diskusi