Inilah Alasan yang Membuat Kamu Harus Menjadi Diri Sendiri

Kenapa Harus Menjadi Diri Sendiri?

Saat ini tak sedikit yang merasa lebih nyaman mengikuti satu hal hanya karena itu dilakukan oleh mayoritas orang. Bahkan, meski hal yang dilakukan itu merupakan sesuatu yang salah. Sehingga terlihat wajar jika seseorang tidak akan pernah merasa bersalah, karena ia berada pada lingkungan yang mayoritas melakukan kesalahan sama.   Akibat yang muncul adalah semakin banyaknya orang yang justru merasa canggung ketika harus menjadi diri sendiri. Alasannya tak lain karena ia merasa sendirian, dianggap berbeda, hingga kadang dianggap melawan atau memusuhi banyak orang.

Dampak dari semua itu membuat banyak hal akan menjadi nampak abu-abu. Pasalnya tak ada yang berani mengatakan putih sebagai putih dan hitam sebagai hitam.   Membuang sampah sembarangan, melanggar peraturan lalu lintas, korupsi, adalah bebrapa contoh perilaku yang jamak dilakukan oleh masyarakat saat ini. Kebiasaan untuk selalu ‘mengikuti arus’ menjadikan banyak orang telah kehilangan jati dirinya. Padahal, setiap orang di dunia ini diciptakan menjadi pribadi istimewa, tidak ada satu orang pun yang sama dengan orang lain.

Menyikapi keadaan semacam itu, tak pelak akan timbul pertanyaan, “Saya harus menjadi diri sendiri atau mengikuti orang lain?”

Jawaban terbaiknya tentu saja adalah ‘Jadilah dirimu sendiri!’.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan guna menjadi diri sendiri? Hal-hal di bawah ini akan membuat kamu mengerti tentang pentingnya menjadi diri sendiri.

[Baca juga: Sering Berasumsi Negatif pada Diri Sendiri? Begini Cara Mengatasinya]

Apa yang Kamu Lakukan Sepenuhnya Adalah Tanggungjawabmu Sendiri

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Tidak ada seorangpun yang bisa memahami dirimu sepenuhnya, seperti kamu memahami diri sendiri. Pikiran, perasaan, keinginan dan keyakinan yang kamu miliki tidak akan bisa dimengerti sepenuhnya oleh orang lain.

Menjadi diri sendiri adalah wujud dari pertanggungjawaban pada kehidupan yang sedang kamu jalani. Baik atau buruknya hal yang kamu lakukan akan berpengaruh pada kehidupanmu sendiri. Ketika kamu sedang mendapatkan masalah misalnya, kadang tidak ada satu orang pun yang bisa membantu dan kamu harus menyelesaikannya sendiri. Pun ketika kamu sedang sakit, hanya kamu sendiri yang merasakan betapa sakitnya tubuhmu.

Jangan selalu merasa nyaman ketika kamu bisa melakukan hal yang sama dilakukan oleh orang lain. Karena kamu juga harus membuat keputusan untuk hidupmu sendiri.

Menjadi Diri Sendiri Akan Membuat Kamu Menjadi Pribadi yang Mandiri

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Ketika kamu terbiasa berpikir dan melakukan banyak hal sendiri, sebetulnya kamu sedang memupuk kemandirian dalam dirimu. Kamu tidak bergantung banyak hal pada orang lain dan tidak perlu terpengaruh dengan apa yang orang lain lakukan.

Menjadi diri sendiri bukan berarti selalu mementingkan diri sendiri, karena orang yang bisa memahami dirinya sepenuhnya adalah orang yang selalu bisa menempatkan diri pada situasi apa pun. Biarkan orang lain menilaimu dengan cara pandang mereka masing-masing, kamulah yang tahu tentang dirimu sendiri.

Menjadi Diri Sendiri Mengajarimu Untuk Menjadi Seorang Pemimpin

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Sebagian besar orang cenderung memilih untuk menjadi follower alias pengikut, karena merasa aman bisa berlindung di belakang keputusan yang dibuat orang lain. Orang yang terbiasa menjadi pengikut adalah orang yang tidak pernah bisa memimpin dirinya sendiri.

Sebaliknya, ketika kamu bisa menjadi diri sendiri, sebenarnya kamu sedang belajar untuk menjadi pemimpin yang dimulai dengan memimpin diri sendiri. Belajar mempertimbangkan baik dan buruknya sesuatu hal, menyusun rencana yang akan dilakukan, dan juga menganalisa risiko atas keputusan yang kamu buat, inilah bagian dari belajar menjadi pemimpin.

[Baca juga: Begini Caranya Kalau Kamu Ingin Menjadi Pribadi yang Menyenangkan]

Ketika kamu sedang berusaha untuk menjadi diri sendiri, jangan pernah berpikir kalau kamu akan menjadi orang asing bagi orang lain. Bisa memahami sepenuhnya tentang diri sendiri, akan menjadikan kamu sebagai pribadi yang selalu bisa menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi di sekitarmu. Kamu tetap menjadi bagian dari kehidupan sosial bersama dengan orang lain, tapi kamu melakukannya dengan caramu sendiri.

Berbagi dan Diskusi

Written by Yudi Setyadi

Penyuka kopi dan gunung