Begini Caranya Kalau Kamu Ingin Menjadi Pribadi yang Menyenangkan

Tips Untuk Menjadi Pribadi yang Menyenangkan

Setiap orang memiliki sisi positif dan negatif dalam dirinya yang menjadikan perbedaan antara orang satu dengan lainnya. Perbedaan inilah yang acap dijadikan sebagai penilaian orang lain terhadap kepribadian seseorang. Artinya; baik menurut penilaian satu orang, belum tentu akan sama baiknya dengan penilaian dari orang yang lainnya. Sekali lagi, setiap orang punya cara dan sudut pandang masing-masing dalam menilai kepribadian seseorang.

Meskipun penilaian orang terhadap diri kita selalu berbeda-beda, kita tentunya selalu menginginkan untuk bisa menjadi pribadi yang baik. Namun bukan hanya berhenti pada pribadi yang baik saja, lebih dari itu, juga bisa menjadi pribadi yang menyenangkan bagi orang lain.

Karena dengan menjadi pribadi yang menyenangkan, bukan hanya diri sendiri yang akan merasa senang, pun dengan orang lain, akan selalu merasa senang berada di dekat kita. Nah, buat kamu yang ingin menjadi pribadi yang menyenangkan, kamu bisa lakukan hal-hal berikut ini.

Jadilah Teman Ngobrol yang Nyaman

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Ngobrol dengan teman atau rekan sudah menjadi hal yang lazim dilakukan saat ada kesempatan berjumpa. Ngobrol dengan tema hal yang remeh-temeh, sampai kadang ngobrolin tema yang butuh keseriusan untuk didiskusikan.

Jika ingin menjadi pribadi yang menyenangkan, tempatkan selalu dirimu sebagai teman yang bisa memberikan kenyamanan bagi setiap orang yang mengajak ngobrol. Dengan begitu orang lain akan merasa betah berlama-lama di dekatmu dan merasa senang karena punya teman ngobrol yang tepat.

Namun untuk bisa selalu menjadi teman ngobrol yang nyaman, tentunya kamu membutuhkan pengetahuan dan wawasan akan banyak hal. Dengan begitu, tema apa pun yang dibahas dengan temanmu, kamu tetap bisa melayaninya dan memberikan tanggapan yang menarik. Males kan kalau ngobrol sama orang tapi dia sering nggak nyambungnya.

Selalu Berempati pada Kesulitan yang Dihadapi Orang Lain

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Sebagai makhluk sosial, setiap orang membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Begitu pula kamu yang akan selalu membutuhkan orang lain untuk membantumu saat mengalami kesulitan. Rasa sadar bahwa kita tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain, harusnya menjadikan kita sebagai pribadi yang selalu berempati dengan kesulitan yang dihadapi orang lain.

Meskipun kadang kita tidak bisa membantu orang lain secara langsung, –yang bisa saja itu karena keterbatasan yang kita miliki– namun tetap usahakan untuk selalu menunjukkan niat dan ketertarikan membantu kesulitan yang dihadapi oleh orang lain, dengan begitu orang lain akan selalu melihat rasa empati yang kita miliki.

[Baca juga: Jadilah Orang Kepo yang Bermanfaat Bagi Dirimu Sendiri dan Masyarakat]

Jangan Merasa Paling Hebat

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Meski kamu berkemampuan lebih bagus dibanding kemampuan yang dimiliki orang lain, tidak sepantasnya kamu merasa sebagai orang yang paling hebat. Masih banyak hal di dunia ini yang belum kita tahu dan kita tetap butuh belajar dari orang lain.

Sebaliknya, kadang kita harus menempatkan diri sebagai pendengar yang baik bagi orang lain, sekadar untuk menghargai apa yang orang lain sampaikan. Dengan begitu kita akan selalu bisa menjadi orang yang rendah diri dan membuat orang lain nyaman berada di dekat kita.

Jangan Suka Memaksakan Kehendak

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Ada kalanya kita memiliki sebuah keinginan yang harus melibatkan orang lain untuk mewujudkannya, sehingga kitapun harus meminta orang lain untuk berperan atau membantunya. Dalam situasi seperti ini, seberapa besarpun keinginan yang kita miliki sebaiknya tidak sampai memaksa orang lain untuk mengikuti.

Jika ingin meminta orang lain untuk memenuhi keinginan kita, sebaiknya memintanya dengan baik dan harus bisa memahami kondisi orang lain, dia mampu atau tidak untuk melakukannya. Jangan sampai keinginan kita menjadi beban dan orang lain merasa terpaksa untuk melakukannya.

Selalu Bisa Menjaga Kepercayaan dan Bertanggungjawab pada Setiap Pekerjaan

Sources: pixabay.com | CC0
Sources: pixabay.com | CC0

Hubungan yang terjalin dengan orang lain tentu bukan hanya sebagai sesama makhluk sosiala, karena mungkin saja kita terlibat dalam satu pekerjaan yang sama dengan orang lain. Dalam hal pekerjaan, yang terpenting adalah selalu bisa menjaga kepercayaan dan bertanggungjawab pada setiap pekerjaan yang orang lain berikan.

Menjaga kepercayaan dan selalu bertanggungjawab akan menjadikan orang lain merasa nyaman bekerja dengan kita. Dan bukan tidak mungkin orang lain akan memberikan kepercayaan yang lebih kepada kita karena menganggap kita mampu dan bisa bertanggungjawab.

[Baca juga: Sering Berasumsi Negatif pada Diri Sendiri? Begini Cara Mengatasinya]

Nah, apakah kamu sudah bisa melakukan hal-hal ini? Jika belum, introspeksi dirilah dan berusaha untuk memperbaikinya. Jika ingin menjadi pribadi yang menyenangkan, maka kamu harus bisa membuat orang lain merasa nyaman dan senang berada di dekatmu.

Berbagi dan Diskusi

Written by Yudi Setyadi

Penyuka kopi dan gunung