Istilah-istilah Tas yang Cewek Wajib Tahu

Istilah Tas Cewek yang Wajib Kamu Tahu

Tas bisa dibilang merupakan salah satu barang yang wajib dimiliki semua wanita, dan oleh karena itulah hampir setiap hari wanita dipastikan akan menenteng tas kemana-mana. Pada akhirnya, antara tas dan wanita adalah dua hal yang tak bia dipisahkan.

Berbicara ihwal tas, di dunia ini pun terdapat banyak sekali jenis-jenis tas dengan bentuk dan ukuran yang berbeda sesuai dengan fungsinya. Tak hanya bentuk dan ukurannya yang terlihat beda, masing-masing tas ternyata punya istilah atau sebutan sendiri lho sist. Kamu pasti sering dong melihat istilah-istilah yang membedakan jenis-jenis tas di berbagai online shop maupun di toko-toko tas, tapi kadang masih bingung membedakan karena bentuknya yang mirip-mirip.

Nah biar kamu ga bingung lagi untuk membedakan jenis tas dan istilahnya, ga ada salahnya kamu ‘kenalan’ sama jenis-jenis tas yang sering kita jumpai sehari-hari. Oke, langsung aja yuk Kepo kenalin kamu sama jenis dan istilah tas berikut ini, cekidot! 😉

1. Backpack

tas backpack via pintersest
Tas backpack via pintersest

Tas yang pertama dibahas kali ini adalah jenis yang paling familiar bagi kita semua. Yap, si backpack atau tas punggung ini mungkin adalah tas yang pertama kali dikenalkan oleh orang tua kita sedari kecil. Apalagi kalau bukan untuk menemani hari-hari kita dalam menuntut ilmu di sekolahan.

Ukurannya yang cukup besar dan bentuknya yang nyaman digunakan, membuat tas ini cocok bagi anak sekolahan maupun mahasiswa untuk membawa beratnya buku-buku pelajaran. Eits tapi ga cuma itu sist, tas jenis ini cocok juga lho  digunakan untuk ke kantor maupun jalan-jalan. Tinggal kamu sesuaikan aja modelnya.

2. Tote Bag

tote bag via pinterest
tote bag via pinterest

Tote bag merupakan jenis tas yang berukuran sedang hingga besar. Tas ini memiliki ciri khas dengan bentuknya yang sederhana, dengan dua tali yang penggunaanya di cantolkan pada bahu.

Karena simpel, tas ini pun nyaman untuk digunakan sehari-hari. Tas yang udah dikenal sejak tahun ’40-an di United States ini biasanya terbuat dari kanvas, kain, atau kulit.

3. Saddle Bag

saddle bag via pinterest
Saddle bag via pinterest

Jenis tas yang satu ini dinamai Saddle Bag karena karena bentuknya yang mirip saddle atau pelana kuda. Tas ini biasanya ukurannya kecil dan memiliki bentuk setengah lingkaran. Tas ini cocok banget buat jalan-jalan santai, karena saddle bag memiliki tali panjang yang nyaman dipakai di pundak, maupun menyilang atau crossbody.

4. Bucket Bag

bucket bag
Bucket bag via pinterest

Bucket bag atau yang sering disebut juga dengan julukan “tas serut” ini memang memiliki bentuk yang mirip ember, makanya dinamai bucket bag. Tas jenis ini ada yang memiliki ukuran kecil maupun besar.

Bucket bag merupakan tas yang memiliki banyak modifikasi pada talinya, oleh karena itu kita sering menemui bucket bag dengan model handbag sampe backpack.

5. Satchel Bag

satchel bag yang sudah dimodifikasi via pinterest
Satchel bag yang sudah dimodifikasi via pinterest

Awalnya satchel bag dirancang untuk tas sekolah di Inggris. Namun kemudian tas ini banyak dimodifikasi sampai akhirnya menjadi fashion item yang populer. Satchel bag memiliki ciri khas bentuk permukaan yang flat dan memiliki tutup di bagian depan. Kebanyakan satchel bag memiliki tali panjang, namun tak jarang juga model ini dibuat sebagai hand bag maupun tas punggung.

6. Clutch

clutch via pinterest
Clutch via pinterest

Ciri paling menonjol dari tas jenis ini adalah tidak adanya tali, jadi sekilas memang mirip dompet ya gaes. Yang membedakan, si clucth ini memiliki ukuran yang lebih besar dari dompet pada umumnya namun tidak juga begitu besar. Biasanya sih ukurannya pas kalau dipegang ditangan. Karena ukurannya yang mini dan cukup praktis dibawa, clutch pun jadi tas andalan untuk kondangan atau ke pesta-pesta.

7. Quilted Bag

Quilted Bag via pinterest
Quilted Bag via pinterest

Tas yang satu ini beberapa waktu lalu sempat ngehits banget di kalangan cewek-cewek di Indonesia. Quilted bag bisa dibilang adalah model tas klasik. Tas jenis ini memiliki ukuran yang tidak begitu besar, dengan bentuk kotak atau persegi panjang, memiliki ciri khas tekstur kotak-kotak pada bahannya, serta talinya yang biasanya dari rantai kecil. Dengan model yang tak banyak berubah dari tahun ke tahun justru membuat tas ini keliatan timeless alias tak termakan jaman.

8. Plastic Bag

plastic bag via jpnn.com
Plastic bag via jpnn.com

Nah jenis plastik terakhir ini pastinya semuanya tau dong, plastic bag a.k.a tas kresek ini banyak hadir di sekitar kita dan biasanya digunakan sebagai bungkus belanjaan.

[Baca juga: Inilah Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Kegiatan di Alam Bebas Menjadi “Gaya Hidup”]

Kresek ini adalah tas yang sekali pakai, oleh karena itu banyak menghasilkan sampah. Dan parahnya, sampah yang dihasilkan plastik itu memerlukan waktu yang lama untuk bisa diurai tanah. Oleh karena itu beberapa waktu yang lalu pemerintah menggalakkan program diet plastik, agar sampah plastik ga nambah numpuk. Nah kalo tas-tas lain di atas bisa kamu koleksi, tas kresek ini jangan dikoleksi ya gaes. Kamu bisa menggantikan tas kresek kamu dengan tas belanja yang reusable. 😉

via pinterest

Berbagi dan Diskusi