Hidup Jangan Hanya Menunggu Nasib, Lihatlah Peluang dan Ciptakan Kreativitasmu

Mau Sampai Kapan Menunggu Nasib?

“Mau bekerja keras seperti apa pun, kalau nasibnya jadi orang miskin ya tetap miskin”. Jika kamu mendengar ungkapan seperti ini, apa yang ada dalam pikiranmu? Apakah kamu sepakat bahwa ‘nasib’ sudah menjadi ‘ketentuan’ dalam hidup? Atau kamu punya pemikiran lain?

Bagi sebagian orang, nasib dipercaya sebagai suatu hal yang akan terjadi di masa depan dan tidak ada yang bisa mengubahnya. Namun, kepercayaan pada nasib seperti ini sebetulnya menunjukan pola pikir dan perilaku seseorang yang justru terlihat pasrah pada hidup yang sedang dijalani, dan pasrah pada apa yang akan terjadi di masa depan.

Alasan percaya pada sebuah ketentuan yang disebut nasib, menjadikan sebagian orang tertutup matanya untuk melihat peluang atau kesempatan yang ditemukan dalam hidup. Orang seperti ini lebih memilih menuruti apa yang terjadi dalam hidup tanpa pernah berpikir untuk mengubahnya.

Lalu bagaimana caranya agar kita tidak menjadi orang yang hanya bisa menunggu nasib?

Selalu Memiliki Orientasi Masa Depan

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Salah satu cara agar tidak terjebak dalam sikap pasrah pada nasib, adalah dengan selalu memiliki orientasi masa depan. Orientasi masa depan akan selalu memunculkan sikap optimis dalam hidup dan menjadikan kita sadar bahwa, apa yang dilakukan saat ini akan berpengaruh pada apa yang terjadi di masa depan.

Sikap sadar seperti ini akan membuat seseorang berusaha untuk selalu melakukan yang terbaik pada masa sekarang, agar mendapatkan masa depan yang lebih baik. Menciptakan mimpi, menyusun rencana, membangun titian yang akan dilalui, merupakan bagian dari sikap optimis yang dimiliki oleh orang yang berorientasi pada masa depan.

Pandai Melihat Peluang dan Percaya pada Kesempatan

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Dalam upaya untuk mewujudkan sebuah mimpi, kita harus sadar bahwa mimpi tidak akan pernah bisa diraih hanya dengan berpangku tangan. Oleh karena itu, kita harus pandai melihat peluang dan percaya pada kesempatan yang kita dapatkan.

Peluang dalam hidup kadang datang pada situasi yang tak terduga dan mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Tapi orang yang selalu memiliki sikap optimis dalam hidup, akan menjadikan dirinya sebagai orang yang pandai dalam melihat peluang.

Setiap peluang yang didapatkan akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menciptakan kesempatan-kesempatan baru. Dan setiap kesempatan akan selalu dipercaya sebagai jalan menuju gerbang kesuksesan. Sikap percaya pada kesempatan, akan mendorong seseorang untuk selalu melakukan hal yang terbaik dalam hidupnya.

Ciptakan Kreatvitas Untuk Menjawab Tantangan

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Setiap orang tentunya tahu bahwa tidak pernah ada hidup yang mulus-mulus saja. Kadang kita menemukan sebuah kemudahan dan keberuntungan, namun kadang kita menemukan tembok besar yang menghambat langkah untuk meraih suatu hal.

Ketika kita menemukan sebuah hambatan yang sulit untuk dilalui, apakah kita harus pasrah pada nasib? Jawabannya adalah tidak, karena sikap pasrah pada nasib hanya akan menjadikan seseorang lemah dan menyerah pada hambatan yang sedang dihadapi.

Hambatan yang didapatkan dalam hidup semestinya dilihat sebagai sebuah tantangan yang harus kita lewati. Dan untuk melewati setiap tantangan, kita membutuhkan kreativitas dalam hidup yang mungkin tidak kita lakukan pada biasanya.

[Baca juga: Ketahuilah, Masa Depan Terencana adalah Penentu Berhasil atau Tidaknya dalam Meraih Cita-cita]

Setiap tantangan yang baru akan membutuhkan cara penyelesaian yang baru, karena itu kita harus menciptakan kreativitas yang baru juga. Semakin banyak tantangan yang bisa kita lewati, maka semakin banyak pula kreativitas baru yang telah kita ciptakan. Dan kreativitas-kreativitas inilah yang sejatinya kita butuhkan untuk bisa mewujudkan kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Hanya orang-orang yang memiliki orientasi masa depan dan pandai melihat peluang yang akan mampu menjawab setiap tantangan dengan kreativitasnya. Dan kreativitas tidak akan lahir dari orang-orang yang hanya bisa menunggu nasib dalam hidupnya.

Berbagi dan Diskusi

Written by Yudi Setyadi

Penyuka kopi dan gunung