Ide Bisnis yang Bisa Kamu Jalankan Saat Ramadan

Bisnis Tepat Saat Puasa Ramadan

Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Selain berkah pahala yang bisa kita dapatkan saat menjalankan ibadah, kita juga bisa lho mendapatkan berkah rejeki. Apalagi di masyarakat kita, ramadhan dan menjelang lebaran seolah sudah dijadikan sebagai bagian dari tradisi, sehingga gairah belanja kebutuhan bisa meningkat tajam, baik pangan ataupun sandang. Momentum itulah yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara berbisnis.

Untuk memulai bisnis pada bulan Ramadhan, kamu gak perlu mengeluarkan modal banyak kok. Dengan modal apa adanya, ditambah dengan niat, semangat dan ketekunan, pasti kamu bisa ikut meraih berkah rejeki di bulan puasa ini. Nah biar kamu gak bingung mau mulai dengan bisnis apa, berikut kita kumpulkan beberapa ide bisnis yang bisa dicoba pada bulan Ramadhan kali ini.

Jualan Minuman atau Camilan Berbuka Puasa 

minuman berbuka puasa via kaskus
Minuman berbuka puasa via kaskus

Bisnis yang satu ini bisa dibilang memiliki peluang yang sangat bagus gaes, karena buka puasa adalah momen yang dinantikan. Setelah seharian menahan lapar dan haus, setiap orang yang berpuasa pasti akan membutuhkan makanan atau minuman untuk berbuka. Kamu bisa mencoba untuk berjualan es buah, kolak, es kelapa muda, maupun camilan dengan resep andalanmu.

Untuk pemasarannya, kamu bisa menjualnya di sekitar rumah atau di tempat yang jadi pusat jajanan berbuka puasa. Sedangkan untuk memulai usaha ini, kamu tidak butuh mengeluarkan modal besar, cukup dengan Rp300 ribu hingga Rp1 juta ajah. Biar tambah asik, kamu pun bisa memulai bisnis ini bersama teman-temanmu. Bukankah dengan begitu, modalnya juga bisa patungan?

Jual Kembang Api

jualan kembang api via irwanirone.wordpress.com
Jualan kembang api via irwanirone.wordpress.com

Kembang api adalah salah satu barang yang laris manis jadi buruan anak-anak kecil di bulan puasa. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut jadi ladang bisnis. Modal untuk jualan kembang api juga gak begitu besar, tergantung pada jenis kembang api apa yang ingin kamu jual.

Kamu pun bisa memasarkannya di sekitar rumah, maupun di lokasi keramaian. Tapi ingat, jangan sampai salah jualan petasan ya gaes kalo gak mau disita sama pak Polisi :p

Jualan Baju Muslim atau Perlengkapan Sholat

jualan baju muslim via plazabajumuslim.com
Jualan baju muslim via plazabajumuslim.com

Permintaan baju muslim dan perlengkapan sholat saat bulan puasa dan lebaran naik berkali-kali lipat. Kalau biasanya kamu jadi konsumen yang beli baju, tahun ini kamu bisa mencoba menjadi penjual.

Dan enaknya hidup di jaman serba online seperti sekarang ini kamu tak perlu khawatir keluar banyak modal ataupun harus repot belanja barang dagangan untuk mulai berjualan. Kamu bisa memanfaatkan banyaknya online shop yang menawarkan kemitraan reseller maupun dropship. Dengan modal smartphone dan paketan internet, kamu pun bisa mulai berjualan baju muslim maupun perlengkapan sholat di bulan puasa ini 🙂

Jualan Kue Lebaran

kue lebaran via inforesepku.com
Kue lebaran via inforesepku.com

Kamu jago bikin kue? Jangan sia-siakan kemampuanmu tersebut. Karena kamu bisa membuat kue-kue kering yang bisa kamu pasarkan untuk sajian lebaran.

Tapi kalau kamu gak bisa bikin kue tapi tetep ingin  jualan kue, jangan khawatir, kamu bisa bekerjasama dengan saudara atau temen  yang jago bikin kue, kamu bisa bantu untuk memasarkannya. Atau seperti baju muslim tadi, kamu bisa juga jadi reseller online shop kue kering yang saat ini sudah mulai banyak bermunculan.

Parcel Lebaran

parcel lebaran via giftssa.com
parcel lebaran via giftssa.com

Banyak orang yang menjadikan parsel sebagai hadiah Lebaran yang dikirimkan kepada keluarga, teman, maupun rekan bisnis. Oleh karena itu bisnis parcel juga merupakan peluang bisnis yang menguntungkan di bulan puasa. Kamu bisa memanfaatkan kreatifitasmu untuk menyusun berbagai jenis makanan maupun barang menjadi parcel cantik. Tak perlu modal banyak juga untuk bisnis parcel ini, kamu bisa membuat beberapa contoh kemasan parcel yang menarik, posting di sosial media, lalu buat sistem pre order. Jadi kamu ga bakal menumpuk barang parcel dirumah 🙂

Selamat berbisnis 😉

Berbagi dan Diskusi