Ini Dia Menu-menu Buka Puasa yang Indonesia Banget

Inilah Menu-menu Buka Puasa khas Indonesia

Menu makanan dan minuman menjadi hal yang paling diburu dan dicari oleh banyak orang menjelang waktu berbuka puasa Ramadan. Maka tak heran ketika kemudian ada banyak profesi pedagang dadakan dan karenanya merebak pula “pasar sore dadakan”  yang menyediakan berbagai macam sajian khas berbuka. Para pedagang yang menyajikan menu berbuka puasa pun akan dengan mudah ditemui di pinggir-pinggir jalan, pusat keramaian atau di dekat masjid,

Dan meskipun banyak pedagang yang berjualan pada waktu jelang berbuka puasa, tapi sadar gak gaes kalau menu yang mereka jajakan itu hampir selalu sama dari tahun ke tahun?

Mereka rata-rata menjajakan menu khas yang memang banyak hadir di bulan puasa. Sebut saja kolak, es buah, es pisang ijo, gorengan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Entah siapa yang mulai mempopulerkan menu-menu tersebut sebagai sajian berbuka puasa, yang jelas kuliner tersebut seolah sudah menjadi menu wajib dan khas berbuka puasa bagi kebanyakan orang Indonesia setiap tahunnya.

Nah sambil menunggu waktu berbuka puasa, kepo bakal ngajakin kamu untuk ngabsen beberapa menu buka puasa yang Indonesia banget.Siapa tau bisa jadi inspirasi kamu buat nyari sajian berbuka nanti sore. Menu-menu ini biasanya akan dengan mudah ditemukan, karena penjualnya pasti berjejeran satu sama lain. Yuk langsung aja kepoin bareng, tapi awas yaa jangan ampe ngiler ya! inget, masih puasa :p

Kolak 

kolak pisang via masfikr.com
Kolak pisang via masfikr.com

Kolak memang menu yang sangat identik dengan bulan Ramadhan. Setiap ngomongin puasa, salah satu hal yang terlintas di pikiran pasti adalah kolak.

Dan terlepas dari sejarah bagaimana si kolak bisa identik dengan bulan puasa, sajian yang berbahan dasar pisang, ubi jalar dan kolang kaling yang dimasak dengan santan, gula aren dang cengkeh ini memang sangat pas untuk berbuka puasa. Rasa dari kuah dan pisangnya yang manis mampu mengembalikan energi yang hilang setelah seharian menahan lapar dan haus. Apalagi cara pembuatannya yang cukup mudah dan harga yang murah, makanan yang bisa disajikan hangat maupun dingin ini pun jadi menu andalan berbuka puasa sejuta umat 🙂

Es Buah atau Sop Buah

es buah via lihatresep.com
Es buah via lihatresep.com

Setelah kolak, pilihan menu berbuka yang menjadi favorit dan didambakan banyak orang adalah es buah ataupun sop buah. Bagaimana gak jadi favorit, karena toh perpaduan manisnya sirup dan buah-buahan segar yang dicampur dengan dinginnya es mampu menghapus dahaga setelah seharian berpuasa.

Selain segar, es buah banyak disukai karena mengandung banyak vitamin dari buah-buahan yang digunakan yang pastinya sehat bagi tubuh 😉

Es Pisang Ijo 

es pisang ijo via resepdanmasakan.com
Es pisang ijo via resepdanmasakan.com

Kalau diperhatikan, dimana ada penjual kolak dan es buah, di sampingnya pasti ada pula yang menjajakan es pisang ijo.

Ya kan? Ya dong!

Makanan khas dari Sulawesi Selatan ini memang sudah menyebar hampir ke seluruh Indonesia. Rasanya yang manis dan legit cocok di lidah masyarakat Indonesia, sehingga menjadikannya pilihan menu berbuka yang nikmat dan menyegarkan.

Es Kelapa Muda

via tandapagar.com
Es kelapa muda via tandapagar.com

Sebagai satu negara penghasil kelapa terbesar di dunia, Indonesia menjadi negeri dengan stok kelapa melimpah, begitu juga dengan stok kelapa muda. Oleh karena itu banyak yang memanfaatkan kelapa muda sebagai minuman segar berbuka puasa.

Selain mampu menepis dahaga, kelapa muda juga memiliki sejuta manfaat. Salah satunya kelapa muda dikenal sebagai minuman isotonik yang mampu menangkal dehidrasi tubuh setelah lebih dari 12 jam tidak mimun saat puasa.

Es Blewah atau Timun Suri

es blewah via kulinersehat.com
Es blewah via kulinersehat.com

Blewah dan timun suri adalah buah yang juga populer di bulan Ramadan. Kedua buah ini memang memiliki rasa yang tak begitu manis, namun justru itu yang membuat kedua buah ini cocok dijadikan olahan es yang menyegarkan. Cara membuatnya juga mudah, tinggal serut buah blewah atau timun suri, campur dengan sirup dan es batu, dan kamu tinggal nikmati kesegarannya.

Kolak Biji Salak

kolak biji salak via inforesepku.com
Kolak biji salak via inforesepku.com

Kolak biji salak ini bukan kolak yang pakai biji salak beneran lho gaes, melainkan terbuat dari ubi jalar yang dibuat sedemikian rupa sehingga bentuknya mirip biji salak. Rasanya pun manis dan lembut, oleh karena itu cocok untuk pilihan menu takjil berbuka puasa.

Gorengan

gorengan via myeatandtravelstory.wordpress.com
Gorengan via myeatandtravelstory.wordpress.com

Nah kalo dari tadi yang dibahas kebanyakan adalah menu minuman segar dan sajian manis, maka menu terakhir kali ini adalah camilan yang setia jadi teman ngemil kapanpun dimanapun. Yap, apalagi kalo bukan gorengan. Rasanya yang gurih-gurih nyoi membuat gorengan menjadi salah satu jajanan kesukaan banyak orang di Indonesia. Jadi wajar kalo gorengan pun digemari sebagai sajian pendamping buka puasa yang tak pernah terlewatkan.

Berbagi dan Diskusi