Begini Caranya Agar Masa Kuliah Kamu Lebih Berkesan

Inilah Caranya Agar Masa Kuliah Kamu Lebih Berkesan

Di antara kamu pasti ada yang sedang berdebar-debar menunggu waktu pengumuman ujian masuk perguruan tinggi, bukan. Ya, masa kuliah akan menjadi babak baru dalam hidup kamu, dimana kamu juga harus berjuang sendiri jadi anak kos, kamu akan menjadi terbebaskan dari seragam sekolah, bertemu teman baru dari daerah yang lebih luas, dan lebih bebas mengeksplorasi diri. Masa kuliah adalah juga masa dimana kamu harus bisa membatasi dan mengontrol diri sendiri karena akan jauh dari pengawasan orang tua serta harus bisa mengatur waktu dan keuangan.

Mungkin pada awalnya akan terasa berat, namun seiring berjalannya waktu, kamu akan terbiasa dengan keadaan kamu sebagai anak kuliah. Agar tidak mearas kesepian, isilah masa-masa kuliah kamu dengan kegiatan yang positif agar berkesan dan bisa jadi bahan cerita ketika kamu mempunyai anak kelak. Ini nih beberapa hal yang bisa kamu lakukan biar masa kuliah kamu berkesan

Aktif dalam Organisasi Kampus & Kemahasiswaan

sourcr : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Pernah dengar istilah mahasiswa “kupu-kupu”?

Iya, ialah mahasiswa yang kerjaannya sehabis kuliah langsung pulang atau “kuliah-pulang”. Maka agar tak menjadi mahasiswa kupu-kupu, pada saat memiliki waktu luang akan lebih baik kalau kamu bergabung dengan organisasi kampus yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Selain bisa menambah banyak pengalaman dan teman baru, kamu juga bisa sekalian menyalurkan hobi dan juga unjuk kebolehan kamu lho.

Emm, mau jadi mahasiswa “kupu-kupu”? Lebih baik jangan deh, waktu kamu terlalu berharga kalau hanya dihabiskan di kamar kos.

Menjadi Asisten Dosen

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Kalau kamu kurang suka dengan kegiatan organisasi atau ingin menambah pengalaman non organisasi, kamu bisa mencoba menjadi asisten dosen atau asisten praktikum untuk mata kuliah tertentu.

Biasanya ada beberapa mata kuliah yang akan merekrut mahasiswanya guna menjadi asisten. Nah, kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk mengisi waktu kamu semasa kuliah. Lumayan kan, bisa menambah ilmu dan pengalaman kamu khususnya di bidang akademik. Bisa dijadikan bekal untuk kamu menyusun tugas akhir juga.

Sempatkan Treveling

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Bukan berarti harus menyita waktu kuliah kamu, namun treveling ini bisa kamu lakukan pada saat akhir pekan atau ketika libur kuliah. Tidak apalah sesekali keluar menghirup udara segar dan sejenak rehat dari peliknya dunia kuliah kamu. Dunia kuliah bukan berarti kamu harus selalu duduk di kelas, keluar masuk laboratorium, atau bergelut dengan tugas saja, tapi juga kesempatan kamu untuk bisa berpergian ke tempat-tempat baru.

Nah, itulah hal-hal yang dapat kamu lakukan semasa kuliah. Kondisi yang jauh dari orang tua serta pergaulan yang lebih bebas, menuntut kamu untuk harus pintar-pintar dalam bergaul, jangan sampai malah terbawa arus yang tidak baik. Alih-alih ingin membanggakan orang tua, yang ada kamu malah mengecewakannya kalau terjerumus ke kegiatan yang tidak baik. Lebih baik kamu coba kegiatan di atas untuk mengisi waktu luang kegiatan kuliah kamu. Siapa tahu, kamu malah bisa mendapatkan prestasi dari kegiatan-kegiatan di atas. Dan akan lebih berkesan jika masa kuliah kamu diisi dengan hal-hal baru yang belum pernah kamu lakukan semasa sekolah dulu.

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional