Daripada Bengong pada Waktu Luang, Lakukan Tujuh Aktivitas Bermanfaat ini

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Sewaktu Luang

Hari libur selalu menjadi hari yang menyenangkan, kita memiliki kesempatan terlepas dari rutinitas pekerjaan sehari-hari yang biasanya menyita banyak waktu. Namun hari libur kadang bisa berubah menjadi membosankan, jika kita terlalu lama berlibur tanpa melakukan aktivitas yang berarti.

Memiliki banyak waktu luang sebetulnya bisa kita isi dengan aktivitas-aktivitas yang kita sukai. Tapi tentunya bukan aktivitas yang asal suka lho ya, akan lebih bermanfaat kalau kamu bisa mengisi waktu luang yang kamu miliki dengan aktivitas berikut ini.

1. Menulis dari Hasil Pemikiran Sendiri

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Kamu mungkin akan bertanya, kenapa mengisi waktu luang dengan menulis? Menulis memiliki banyak manfaat lho, salah satunya kamu bisa menghasilkan sebuah karya dari hasil pemikiran sendiri. Ide-ide, gagasan, opini, atau sebuah kegelisahan yang kamu rasakan bisa kamu tuangkan dalam sebuah tulisan. Kalau kamu tertarik, kamu juga bisa mencoba menulis puisi atau menulis cerpen.

  • Menulis Puisi

Menulis puisi tidak melulu tentang cinta. Banyak tema-tema dalam kehidupan kita yang bisa menjadi inspirasi, di antaranya tentang ketuhanan, sosial, lingkungan, alam dan masih banyak tema lainnya. Nah, saat puisi-puisi yang kamu tulis sudah banyak, kamu bisa kumpulkan jadi satu dan mulai posting di web atau fanspage. Bisa juga kamu daftarkan puisi-puisi kerenmu ke penerbit. Ya siapa tahu dari hasil karya puisimu itu kamu bisa mendapatkan apresiasi atau imbalan atas karya yang kamu bikin.

  • Menulis Cerpen

Kalian pasti sudah tidak asing lagi sama yang satu ini. Yups! Cerpen. Cerita pendek atau yang sering kita sebut dengan cerpen adalah sebuah karangan baik fiksi maupun nonfiksi yang berisi cerita atau kisah yang dapat habis dibaca dalam sekali waktu.

Kenapa memilih cerpen dan bukan novel? Wah, it’s a great question! Jawabannya, karena tidak banyak yang bisa konsen menyelesaikan karya seperti novel yang terbilang panjang. Butuh waktu, tenaga, dan konsistensi yang ekstra untuk merampungkan sebuah novel. Apalagi untuk pemula yang baru mulai menggeluti hobinya menulis.

Cerpen memang dirasa cukup menguntungkan, selain membuatnya bisa sehari selesai, penulis juga tidak dipusingkan dengan segudang kerincian dalam cerita yang biasanya digambarkan dalam sebuah novel. Tidak usah cemas kalau kamu cuma bisa membuat cerpen. Banyak lho yang sukses dari cerpen-cerpennya. Satu contohnya adalah penulis terkenal Asma Nadia. Nah pasti kamu kenal kan sama dia? Karya-karyanya banyak difilmkan dan dijadikan sinetron. Kalian bisa lho seperti Mbak Asma Nadia. Jadi tunggu apa lagi? Menulis itu asyik kok!

2. Melukis atau Menggambar Sketsa

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Diawali dengan melukis. Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapatkan kesan tertentu. Dalam melukis tidak ada batasan untuk kalian mengekspresikan suasana hati. Asik banget kan? Ya, hitung-hitung daripada melamun atau bengong, lebih baik membuat suatu karya seni yang punya nilai estetis. Syukur kalau ada yang tertarik dan mau beli karya kalian. Kalau tidak ada ya juga tidak apa-apa. Itu toh cuma pengisi waktu luang kalian. Benar kan?

Kedua, menggambar sketsa. Kegiatan yang satu ini memang lebih ekonomis dibanding melukis. Modalnya hanya cukup sediakan pensil, penghapus, dan kertas. Biasanya gambar sketsa identik dengan komik. Nah, jadi gambar-gambar kalian tadi juga bisa disalurkan ke komik. Kalian bisa kolaborasi dengan teman-teman yang punya ide kreatif dalam bentuk cerita dan mereka ingin menerbitkan karya mereka dalam bentuk komik.

3. Membaca Untuk Menambah Pengetahuan dan Wawasan

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Ada istilah yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Dengan membaca kita bisa tahu banyak hal di dunia ini. Bahkan negara-negara maju di dunia terus mengkampanyekan budaya membaca agar masyarakatnya menjadi lebih cerdas dan berwawasan luas. Masyarakat yang cerdas dan berwawasan luas sangat berpengaruh pada kemajuan suatu negara. Dan meskipun sudah maju, masyarakat di negara-negara maju masih tetap merasa membutuhkan banyak ilmu untuk diketahui, sehingga membaca menjadi salah satu budaya yang dijaga. Wow, keren kan? Jadi, kenapa tidak kita terapkan budaya gemar membaca? Apalagi saat punya waktu luang.

4. Traveling Mencari Objek Wisata Keren

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Nah, inilah aktivitas yang hampir semua orang suka. Yup! Jalan-jalan. Hmm.. harus diakui, dari sekian banyak aktivitas yang bisa kalian kerjakan di waktu luang, aktivitas inilah yang paling nggak ekonomis. Tapi buat kamu yang gemar jalan-jalan dan mencari objek wisata keren, bolehlah isi waktu luang kamu dengan traveling. Asalkan kamu bisa memanage uang, waktu, dan tenaga dengan bijak. Jangan sampai seusai liburan malah kondisi keuanganmu menjadi kacau atau kamu sendiri jadi sakit karena kecapekan.

5. Motret di Lingkungan Sekitar

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Aktivitas yang satu ini paling cocok dipasangkan dengan aktivitas travelling. Tapi perlu kamu tahu yaa, memotret tidak harus dilakukan di tempat yang jauh, yang terkenal, dan yang mahal. Duh, nggak usah deh repot-repot gitu. Kamu bisa mencari objek-objek di dekat kamu, misalnya semut, belalang, atau embun. Kamu juga bisa motret kegiatan keseharian orang-orang yang hidup di lingkungan sekitar kamu. Banyak banget lho yang bisa kamu kembangkan dengan kameramu. Jadi intinya let the creativity out.

6. Bermain Alat Musik

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Bermain alat musik itu menyenangkan lho. Selain bisa untuk mengisi waktu luang, bermain alat musik bermanfaat sebagai media terapi, hiburan dan mendorong rasa kepercayaan diri seseorang. Dengan bermain musik, kita didorong untuk berani tampil di depan orang lain.

Selain menghibur diri dan menjadi aktivitas untuk mengisi waktu luangmu, rasa percaya dirimu akan terpupuk menjadi lebih baik lagi.

7. Membuat Kerajinan dari Barang Bekas

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Wow, this is the best idea! Aktivitas ini sangat positif untuk kita dan lingkungan. Kita bisa ikut berperan menjaga dan melestarikan lingkungan. Selain berdampak pada kelestarian lingkungan, memanfaatkan barang-barang bekas untuk dibuat menjadi kerajinan juga bisa menghasilkan nilai ekonomi tersendiri. Sekarang ini sudah banyak inovasi produk kreatif yang dibuat dari barang bekas dan sudah memiliki pasar yang luas.

Nah, bagaimana? Terinspirasi kan untuk mengisi waktu luang kamu dengan aktivitas ini? Selamat mencoba yaa, selamat berkarya dan selamat menyibukkan diri juga. Salam aja deh dari penulis.

Penulis : Fauziah Amelia Safira

Berbagi dan Diskusi