Tips Agar Tidak Cepat Lapar Saat Berpuasa

Tips Menghindari Cepat Lapar Saat Berpuasa

Kehadiran bulan Ramadan selama satu bulan menjadi saat yang baik bagi umat muslim di seluruh dunia untuk menjalankan ibadah puasa. Dengan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan, artinya secara otomatis akan mengubah pula kebiasaan pola makan. Yaitu yang biasanya pagi bisa sarapan dan beberapa saat kemudian dilanjutkan dengan menikmati menu makan siang, maka sebulan selama Ramadan banyak orang harus bisa menahan keinginan makan dan minum dari sebelum subuh sampai maghrib tiba. Bahkan mereka yang menjalankan ibadah puasa itu juga musti kuat menahan gejolak kafsu lainnya.

Kendala yang dialami pada awal puasa bisa jadi adalah keadaan tubuh yang belum terbiasa dengan perubahan. Sehingga ada kalanya pada waktu sebelum siang –apalagi ditambah dengan cuaca yang panas, sudah ngerasa cepat lapar dan lemas. Padahal siang menuju sore saat berbuka bukanlah waktu yang sebentar.

Duh pastinya bikin mager dan beraktivitas ya gaes 🙁

Mengatasi hal itu, sudah selayaknya kita membutuhkan tips dan trik agar gak cepat merasakan lapar dan lemas saat berpuasa. Tentu agar tetap bisa terus beraktivitas dengan semangat sampai saat berbuka tiba. Dan berikut ini adalah beberapa tips buat kamu agar gak cepat lapar saat berpuasa. Langsung aja yuk kepoin bareng 😀

1. Waktu Sahur

jam sahur via pixabay
Jam sahur via pixabay

Hayo siapa yang kalo sahur suka mepet waktu imsak? Entah itu kamu sengaja dengan maksud biar kenyangnya awet atau ga disengaja karena bangun kesiangan, makan sahur yang mepet waktu imsak itu ga kurang bagus gaes. Soalnya kalo kamu makan sahur di waktu yang mepet, otomatis kamu makannya bakal buru-buru kan? Padahal makan dengan buru-buru, apalagi di waktu sahur itu bisa bikin cepet lapar pas pagi harinya. Jadi sahurlah di waktu yang ga mepet imsak, yaitu sekitar jam tiga sampai sebelum jam empat.

2. Makan Sahur dengan Perlahan

makan buru-buru via pixabay
Makan buru-buru via pixabay

Nah tips nomer satu tadi ada hubungannya dengan yang nomer dua ini. Kalo kamu sahur di waktu yang sedikit longgar, maka kamu bisa makan dengan perlahan. Makan secara perlahan sendiri bisa membuat makanan tercerna lebih optimal, sehingga nutrisi makanan untuk tubuh bisa bertahan lebih lama. Jadi kamu ga gampang lapar deh 😀

[Baca juga: Makanan Praktis Untuk Sahur yang Cocok Buat Anak Kos]

3. Konsumsi Makanan Berserat

makanan berserat via pexels
Konsumsi makanan berserat via pexels

Kalo tadi udah ngomongin waktu dan cara makan, tips ketiga ini ada hubungannya dengan jenis makanannya. Saat sahur, ada baiknya kamu makan dengan menu makanan yang berserat. Karena makanan berserat dapat memberi rasa kenyang lebih lama. Selain itu, sistem pencernaan juga akan lebih sehat dan terhindar dari masalah susah BAB yang sering terjadi saat puasa. Makanan berserat bisa kamu dapatkan dari berbagai macam sayuran, gandum dan juga buah-buahan.

4. Banyak Minum Aair Putih

air putih via mastersalam.com
air putih via mastersalam.com

Selama menjalankan ibadah puasa, asupan air minum berkurang terutama saat siang hari. Oleh karena itu dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup saat sahur dan berbuka. Mengkonsumsi air putih akan memberikan tubuh kita cairan yang cukup dari mulai imsak sampai maghrib, jadi tubuh kita akan terhindar dari dehidrasi yang membuat kita lemas saat siang harinya. Saat sahur kamu bisa minum minimal dua gelas air putih.

5. Tetap Beraktivitas

baca buku via pexels
baca buku via pexels

Meskipun sedang berpuasa, kamu harus tetap beraktivitas seperti biasa. Jangan malah bermalas-malasan maupun diem aja, soalnya kalo kamu cuma diem aja pasti jadi gampang laper. Dengan tetap beraktivitas, kamu bisa mengalihkan perhatian dari rasa lapar. Nah misal kamu libur gak ada acara, kamu bisa memilih kegiatan seperti nonton film, baca buku, baca cerpen, belanja, atau hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian kamu. Asalkan kegiatannya enggak disambi ngemil yaa :p

6. Jangan Sering Liatin Gambar Makanan 

makanan enak via pexels
makanan enak via pexels

Godaan puasa itu kadang ga hadir secara fisik, melainkan hadir juga secara visual. Contohnya ya adalah gambar makanan-makanan lezat yang bertebaran di timeline di siang bolong. Ngeliat gambar makanana sih ga bikin batal puasa, cuma kalo kamu liatin terus-terusan bisa bikin kamu gampang merasa lapar lho :p. Jadi kalo ga pengen gampang lapar, jangan sering-sering liatin gambar makanan atau minuman ya gaes 😀

 

Berbagi dan Diskusi