Inilah Manfaat yang Didapatkan dari Tidur Siang

Manfaat yang Didapatkan dari Tidur Siang

Apakah kamu suka tidur siang? Tidur siang bukan berarti tidur seharian ya. Tidur siang biasanya memiliki durasi yang lebih pendek dibandingkan dengan tidur normal pada malam hari, umumnya antara 30 sampai 90 menit. Tidur siang dapat memberika manfaat bagi tubuh kamu. Selain dapat menghilangkan kantuk,  tidur siang juga memilki manfaat lain lho.

Tidur siang dengan durasi lima menit sampai dua jam menunjukan beberapa manfaat untuk kemampuan kognitif. Namun demikian, manfaat yang diberikan berbeda, tergantung dari lamanya durasi tidur siang kamu. Tidur siang singkat kurang dari 20 menit dapat meningkatkan kewaspadaan objektif maupun subjektif, meningkatkan tenaga, dan mengurangi kelelahan serta meningkatkan akurasi dan kecepatan beberapa tugas kognitif.

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Masih ingat dengan circadian clock? Ya, sistem yang mengatur rutinitas tubuh kita selama 24 jam. Circadian clock ini juga turut andil dalam tidur siang ini. Ada dua periode kamu mengantuk pada siang hari, yaitu pada saat pagi-pagi dan yang kedua pada saat tengah hari. Tidur siang yang dilakukan pada tengah hari mengindikasikan manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan tidur pada saat pag-pagi. Para peneliti juga menyebutkan bahwa waktu uptimum untuk tidur siang yaitu selama tiga jam periode tengah hari ini. Tidur siang yang dilakukan selama 20 menit selama peride ini dapat menunjukan beberapa manfaat yang disebutkan di atas.

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Beberapa ahli –kesehatan menyatakan bahwa tidur siang selama 20 menit lebih efektif untuk meningkatkan kewaspadaan dibandingkan dengan efek yang diberikan oleh kafein. Selain itu tidur siang juga dapat mengurangi stres. Ketika kamu mengahadapi banyak pekerjaan, otak akan semakin tegang dan bisa menimbulkan stres. Seberapa banyaknya pekerjaan yang harus dikerjakan, sebaiknya sempatkan untuk tidur siang beberapa menit. Hal tersebut dapat membantu tubuh untuk mengoptimalkan organ tubuh untuk kembali menjalani aktivitas kamu. Tidur siang juga bisa mengatasi insomnia atau kesulitan tidur pada malam hari.

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari tidur siang. Tidur siang setidaknya selama 20 menit dapat memberikan manfaat positif bagi tubuh. Jangan tidur siang terlalu lama apalagi kalau sampai sehatian karena manfaat yang diberikan justru malah akan berkurang. Waktu tidur siang paling tepat adalah setelah jam makan siang. Hal ini dapat membantu kamu lebih segar dan meningkatkan konsentrasi.

Jika kamu merasa lelah saat melakukan pekerjaan, tidak perlu dipaksakan karena justru akan membuat kamu semakin tidak fokus dan pasti akan berpengaruh terhadap hasil kerja kamu. Jadi, tidur sianglah sebentar untuk mengembalikan stamina tubuh kamu. Hal ini terbukti sangat efektif lho.

Referensi:
Lovato, N & L. Lack. 2010. The Effects of Napping on Cognitive Functioning. In: Gerard A. Kerkhof and Hans P.A. van Dongen, editors: Human Sleep and Cognition, Vol 185. Oxford: Elsevier.

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional