Ternyata Foto Profil Media Sosial Bisa Mencerminkan Kepribadian Kamu Lho

Foto Profil Media Sosial itu Mencerminkan Kepribadianmu Lho

Media sosial merupakan suatu hal yang sangat tidak asing dewasa ini. Hampir setiap orang pasti setidaknya memiliki satu akun di media sosial. Tujuan dari pemakaiannya pun berbeda-beda. Ada yang sekadar ingin punya saja biar tidak ketinggalan zaman, bisa untuk berbagi cerita dan pengalaman, menemukan kembali teman sekolah, bahkan sekarang sudah banyak yang menggunakan media sosial untuk kepentingan bisnis. Namun terkadang ada saja orang yang menggunakan media sosial untuk kepentingan yang kurang baik.

Well, terlepas dari itu semua, di akun media sosial pasti kamu akan memasang foto profil. Ternyata foto profil tidak hanya menunjukan identitas kamu lho, pemilihan foto profil juga bisa mencerminkan kepribadian kamu. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Leqi Liu dan kawan-kawan terhadap lebih dari 66.000 pengguna Twitter dan 434 responden, kepribadian berdasarkan pemilihan foto profil di media sosial dikelompokan menjadi lima tipe kepribadian. Mau tahu? Ini dia :

Openness atau Tipe Pribadi Terbuka

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

 

Tipe pertama ini biasanya akan memajang foto profil bersamaan dengan objek lain. Foto profilnya memilliki estetika yang cukup baik dengan memperhatikan kontras, ketajaman, saturasi, dan sedikit blur. Tipe ini tidak ragu untuk menampilkan foto dengan berbagai gaya. Meskipun demikian, biasanya fotonya banyak menunjukan emosi negatif seperti marah dan jarang menunjukan senyum.

[Baca juga: Hiii Serem! Foto-foto Ini Bakal Bikin Kamu Gak Bisa Tidur]

Conscientiousness

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Pengguna sosial media dengan tipe ini sangat berhati-hati dalam memilih foto profil. Karakter ini akan menunjukan kerapian dan kedisplinan. Hanya menampilkan satu wajahnya saja dan selalu menunjukan ekspresi positif seperti tersenyun dan terlihat bahagia. Selain itu, tipe ini biasanya akan memasang foto yang menunjukan bahwa mereka pribadi yang dewasa. Intinya mereka harus terlhat sempurna.

Agreeableness

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Tipe ini berfoto dengan banyak orang dan selalu menunjukan ekspresi yang penuh tawa, kebahagiaan, dan penuh warna. Namun, terkadang fotonya malah terlihat kacau karena melibatkan banyak orang. Kuliatas gambarnya pun kurang baik.

Extraversion

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Sama seperti tipe agreeableness, foto profil yang penuh warna dan biasanya tidak hanya sendiri, tapi dengan beberapa. Para pengguna sosial media yang termasuk dalam tipe ini akan terlihat lebih muda. Bedanya dengan tipe agreeableness, tipe ini terkadang berfoto dengan orang yang lebih muda dari mereka. Namun, jika dilihat dari segi estetika, extraversion ini bisa dikatakan buruk.

Neuroticism

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Tipe ini memiliki kecenderungan untuk tidak menggunakan wajahnya untuk foto profil media sosial. Biasanya Mereka akan menggantinya dengan objek lain. Ketika menampilkan wajah, mereka cenderung akan menunjukan ekspresi yang datar. Tipe ini hampir sama dengan tipe pertama, namun tidak begitu memperhatikan estetika dari gambar tampilan.

Wahh, jadi tanpa kita sadari, foto profil yang kita pajang di media sosial, ternyata dapat menunjukan karakter kita ya jika diteliti lebih detail. Ayo, kira-kira kamu termasuk yang mana?

Referensi:
Liu, L., D. Preotiuc-Pietro., Z. R. Samani., M. E. Moghaddam & L. Ungar. 2016. Analyzing Personality through Social Media Profile Picture Choice. Association for the Advancement of Artificial Intelligence

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional