Makanan Praktis Untuk Sahur yang Cocok Buat Anak Kos

Inilah Makanan Praktis Sahur yang Cocok Buat Anak Kos

Berpuasa pada bulan Ramadan adalah kewajiban bagi umat Islam. Yaitu sebuah ibadah yang biasanya dijalankan sebelum terbit fajar sampai terbenam matahari, selama lebih dari 12 jam menahan lapar dan haus. Oleh karena itu sebelum berpuasa dianjurkan untuk menikmati makan sahur terlebih dahulu yang dilakukan menjelang waktu subuh sekitar pukul 3-4 dini hari.

Bagi kepoers yang tinggal di rumah bersama keluarga mungkin gak masalah ya untuk bangun dan makan sahur pada dini hari seperti itu, karena pastinya sudah ada orang rumah yang membangunkan maupun menyiapkan menu makan sahur. Yang jadi masalah adalah kalau kamu adalahj anak kos, terutama anak kos baru. Menyiapkan makan sahur pastinya adalah hal yang cukup berat ya. Belum lagi kalo bangunnya kesiangan, pastinya jadi ga sempet masak sendiri. Mau ke warung pun rasanya pasti males karena masih ngantuk. 

Kalo udah begitu solusi yang tepat dan cepat adalah membuat makanan cepat saji, seperti mi instan. Tapi ga mungkin kan mau sebulan full mau makan mi instan, bisa-bisa pas lebaran usus kamu jadi kriting :p

Nah biar kamu ga bingung lagi mau makan apa pas sahur yang tanpa ribet namun tetap enak,  bergizi dan penuh energi untuk seharian berpuasa, kita kasih solusinya. Makanan-makanan berikut ini bisa jadi stok menu sahur kamu saat kamu ga ada waktu untuk sekedar keluar kos beli makanan di warung. Langsung kepoin aja yuk 😀

1. Telur 

Telur via pixabay
Telur via pixabay

Kamu bisa menyediakan stok telur ayam mentah yang bisa kamu goreng ceplok, goreng dadar,atau bisa juga telur rebusan seperti telur asin. Selain praktis, telur juga mengandung protein yang penting buat tubuh kamu lho.

2. Sarden

sarden via dapoerkayka.wordpress.com
sarden via dapoerkayka.wordpress.com

Sarden yang juga kaya akan protein ini juga jadi salah satu pilihan menu sahur praktis yang bisa kamu jadikan stok di bulan Ramadan ini. Cara menyajikannya pun ga ribet, tinggal hangatkan sarden, campur dengan irisan bawang dan cabe, sarden pun siap menemani santap sahurmu.

[Baca juga: Rainbow Sushi; Sushi Warna-Warni yang Lagi Ngetren]

3. Sosis atau Nuget

nuget via rumahnuggetsosis.blogspot.com
nuget via rumahnuggetsosis.blogspot.com

Kalo kamu alergi sama telur atau males untuk ngolah sarden, kamu bisa nyetok sosis atau nuget. Sangat praktis, tinggal digoreng dadakan ajah kaya tahu bulat. :p

4. Abon 

Abon via harianresep.blogspot.com
Abon via harianresep.blogspot.com

Abon adalah makanan yang nggak gampang basi. Asal disimpan di dalam wadah tertutup, pasti akan lebih awet. Jadi makanan yang terbuat dari daging ini pas banget kamu jadiin stok saat kamu ga sempet masak maupun lagi bokek. Kebayang dong, makan sahur pake nasi anget-anget yang ditaburi abon, nyammmm pasti enaak banget ya.

5. Susu dan Sereal

Susu dan sereal via pixabay
Susu dan sereal via pixabay

Beras pas abis atau lupa masak nasi? Susu dan sereal mungkin bisa jadi solusi menu sahur cepat dan bergizi ala anak kos. Jadi jangan lupa untuk sedia susu dan sereal di kosan kamu, kalo ga ada serealnya susu aja juga gapapa kok :3

6. Roti 

roti via pixabay
roti via pixabay

Roti juga bisa kamu andalakan sebagai stok bahan makanan untuk sahur yang cepat dan praktis. Kamu bisa menambahkan selai untuk variasi rasa, atau bisa juga kamu nikmati dengan susu hangat.

 

 

Berbagi dan Diskusi