Beberapa Hal yang Dapat Memicu Naiknya Asam Lambung dan Sakit Maag

Inilah Pemicu Naiknya Asam Lambung dan Sakit Maag

Sebagian dari kamu pasti pernah mengalami kenaikan asam lambung yang merupakan penyebab dari penyakit maag atau gastritis. Ketika mengalami hal ini, perut akan terasa perih, sakit pada ulu hati, lemas, dan cenderung tidak nafsu makan. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung penyakit maag ini, antara lain :

Pola Makan

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Salah satu penyebab naiknya asam lambung adalah pola makan yang tidak teratur. Fungsi dari makanan dan minuman yang masuk ke lambung adalah untuk mengurangi kepekatan asam lambung sehingga tidak mengikis dinding lambung. Selain itu, frekuensi makan, jenis makanan, dan porsi makanan yang dikonsumsi juga dapat berpengaruh terhadap terjadinya kenaikan asam lambung.

Terlalu banyak makan makanan pedas dan asam juga dapat memicu naiknya asam lambung. Jadi mulai sekarang mulailah untuk mengatur pola makan kamu, jangan sampai telambat makan, porsi makannya juga jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak.

Stres

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Saat kita mengalami stres, otak akan marangsang sekresi hormon adrenalin menuju ginjal dan memicu perubahan glikogen menjadi glokusa sehingga mempercepat peredaran darah. Tekanan darah meningkat, nafas semakin cepat, dan sistem pencernaan pun terkena dampaknya. Pengaruh stres pada sistem pencernaan yaitu kelenjar liur akan berhenti mengalir atau bahkan alirannya berlebihan, lambung akan meningkatkan asamnya yang akan terasa mual dan adanya luka pada lambung.

Hindarilah stres yang berlebih. Memang sulit karena kita tidak tahu masalah apa yang akan melanda kita dan menyebabkan kita depresi. Namun, ada baiknya jika kamu sedang dilanda depresi, cobalah untuk mencari hiburan atau ceritakan kepada orang yang kamu percaya agar bisa meringankan stres kamu dan tidak mengganggu kesehatan.

Pengaruh Obat-obatan

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Konsumsi obat-obatan anti-iflamasi nonsteroid seperti Aspirin, Ibupofen, Naproxen, dan Piroxicam dapat menyebabkan peradangan pada lambung. Obat-obatan ini akan mengurangi prostaglandin yang berfungsi untuk melindungi dinding lambung. Jika pemakaiannya hanya sesekali, kecil kemungkinan timbul asalah lambung, namun jika pemakaian secara berlebihan atau terus menerus, akan mengakibatkan gastritis atau penyakit maag.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan asam lambung kamu meningkat dan sakit maag. Selain itu, penyebab lainnya yaitu infeksi kuman Helicobacter pylori, memilki kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol. Sakit maag mungkin terlihat sepele, namun jika tidak ditangani dengan serius bisa jadi menimbulkan penyakit lain yang lebih membahayakan. Nah, jadi tidak ada salahnya jika kita mulai untuk melakukan pola hidup yang lebih sehat demi kebaikan tubuh kita sendiri.

Referensi:
[1] Megawati, A., Hj. H. Nosi & Syaipuddin. 2014. Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Gastritis Pada Pasien yang Dirawat di RSUD Labuang Baji Makassar. Volume 4 Nomor 1 Tahun 2014 ISSN : 2302-1721

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional