Inilah Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Kegiatan di Alam Bebas Menjadi “Gaya Hidup”

Inilah Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Alam Bebas Menjadi Ajang Life Style

Belakangan ini kita sering mendengar tentang kejadian tersesatnya satu atau sekelompok orang di hutan,  kecelakaan saat berkegiatan di alam bebas, atau bahkan sampai kehilangan nyawa. Kabar yang boleh dibilang ironis, karena kegiatan seperti naik gunung, panjat tebing, arung jeram, caving, atau sekadar tracking mengunjungi curug yang di satu sisi merupakan kegiatan yang sedang digandrungi banyak orang, namun di sisi lain juga membahayakan bagi keselamatan jiwa pelakunya.

Beraktivitas di alam bebas –yang kini seolah telah menjadi life style dan bukan lagi kegiatan dengan minat khusus– memang memiliki risiko cukup besar.    Kejadian-kejadian membahayakan jiwa bukan semata karena faktor alam saja, namun di samping kurangnya pengalaman, terkadang prosedur keselamatanlah juga menjadi faktor lain yang sering tidak diindahkan. Padahal kalau kita paham, alam yang adakalanya membawa dampak tak baik, ditambah lagi dengan pengalaman dan pengetauan yang minim serta kurangnya perhatian mengenai prosedur keselamatan, semua itu merupakan faktor-faktor yang mengancam jiwa.

Memang tidak ada batasan bagi siapapun untuk berkegiatan di alam bebas, siapapun berhak jika dia menginginkan. Hanya saja, ketika kamu memiliki minat dan keinginan menyalurkan hobimu itu, tolong perhatikan hal-hal penting di alam liar demi kebaikan dan keselamatan bersama.

Perhatikan Safety Prosedure

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Apapun bentuk kegiatan alam bebas yang kamu minati pasti mempunyai prosedur keselamatannya masing. Ada baiknya jika kamu mengikuti prosedur kesalamatan ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Mungkin akan terkesan merepotkan, namun itu lebih baik ketimbang kamu menambah risiko terjadinya kecelakaan atau cidera. Resiko memang tidak bisa kita hindari, namun bisa kita minimalisir.

Bekali Diri Minimal dengan Pengetahuan Dasar

source : pinterest.com
source : pinterest.com

Sebelum kamu terjun ke alam bebas, sebaiknya kamu mempersiapkan diri dengan mempelajari ilmu dan pengetahuan tentang kegiatan yang kamu gandrungi. Hal ini penting agar kamu tidak salah dalam melangkah. Alam memang sulit untuk ditebak dan mudah berubah. Nah, disinilah pentingnya kamu membekali diri.

Perhatikan Etika Lingkungan

source : pixabay.com | CC0
Source : pixabay.com | CC0

Lingkungan disini baik lingkungan alam maupun lingkungan masyarakat. Seyogyanya ketika kita bermain dengan alam, kita juga harus ramah kepada alam. Hindari vadalisme dan membuang sampah sembarangan. Namun sayangnya masih saja ada orang yang kurang memperhatikan hal tersebut. Alhasil, dengan semakin banyaknya orang yang bermain di alam, semakin tidak terjagalah alam kita jika tidak disertai dengan petingnya menjaga lingkungan.

Selain itu, ketika kamu pergi ke suatu daerah, pasti akan bertemu dengan warga lokal. Nah, beramah tamahlah dengan mereka, jangan menunjukan sikap yang angkuh.

Siapkan Fisik dan Mental

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Yup, kegiatan outdoor pasti akan membutuhkan lebih banyak energi dibandingkan dengan kegiatan indoor. Maka dari itu, persiapan fisik yang mantang akan sangat membantu kamu agar tidak mudah mengalami kelelahan. Kesiapan mental juga penting untuk mengahadapi dinamika alam yang tidak terduga.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kamu berkegiatan di alam. Jangan hanya ingin eksis atau mengikuti tren saja, tapi aspek keselamatan diri dan kelestarian alam juga harus diperhatikan.

Apa yang harus dibanggakan ketika kamu berhasil mencapai tujuan kamu ketika berkegiatan di alam bebas tapi tidak disertai dengan aspek-aspek penting di atas yang sebenarnya sangat mendasar? Ketika kamu mengalami suatu kecelakaan atau tersesat, masihkah berbangga diri? Yang ada kamu hanya akan merepotkan, bukan hanya teman-teman kamu, namun juga orang lain dengan skala yang lebih besar. So, jadilah aktivis alam bebas yang cerdas dan beretika lingkungan.

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional