Bermain Video Games Ada Sisi Positifnya Juga Loh, Ini Buktinya

Ini Loh Sisi Positif Bermain Video Games

Kita sering kali beranggapan bahwa bermain video games lebih banyak mendatangkan kerugian ketimbang manfaatnya. Ya, jika dilihat sekilas memang tampak seperti itu, menyia – nyiakan waktu yang kita punya hanya untuk sebuah permainan.

Kenapa harus bermain video games kalau ternyata kita bisa melakukan kegiatan yang lebih produktif? Hmm, memang benar, namun simpan dulu pernyataan dan pertanyaan yang mengungkapkan bahwa video games kurang baik, kita akan coba melihat sisi positif dari bermain video games yang mungkin belum kamu tahu.

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Video Games Dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Peningkatan performa kognitif yang diperoleh dari permainan video games adalah meningkatkan perhatian visual terhadap ruang tiga dimensi dan meningkatkan kemampuan untuk mengambil keputusan, terutama pada situasi yang tidak terduga (khusunya dalam permainan menembak atau genre action).  Selain itu, dapat mengembangkan kemampuan problem solving terutama pada permainan strategi. Video games juga dapat meningkatkan kreativitas loh.

Bermain Video Games Dapat Meningkatkan Motivasi

Dalam video games kita diarahkan pada satu tujuan, menghadapi berbagai kegagalan, dan akhirnya akan merayakan momen kemenangan setelah berhasil melewati tantangan yang diberikan. Kegagalan yang dialami justru akan menjadi motivasi untuk mencapai kemenangan. Hal tersebut dapat diaktualisasikan dalam kehidupan nyata. Meski demikian, karakter orang yang memainkannya serta genre permainan yang dimainkan dapat mempengaruhi motivasi individu itu sendiri.

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Game Bisa Membuat Bahagia

Beberapa penelitian menunjukan bahwa bermain game dapat meningkatkan mood dan emosi positif. Seseorang yang bermain game akan lebih merasa bahagia karena menimbulkan sikap kekanakan, ceria, dan dapat dijadikan sebagai pelarian sementara dari masalah yang dihadapi.

Namun, game juga bisa menimbulkan kemarahan, kegelisahan juga kesedihan lho. Kenapa? Karena kekalahan yang berkepanjangan dan kemenangan yang tak kunjung datang (oops). Namun, sudah disebutkan di atas bahwa hal tersebut kembali pada pribadi masing – masing ya.

Dapat Meningkatkan Pergaulan

Jenis MMORPG (Massive Multiplayer Online Role-Playing Game) contohnya, kamu dapat “bertemu” dengan banyak orang dari berbagai penjuru dunia. Biasanya kamu akan bergabung dengan satu guild atau clan dan di dalamnya kamu dapat bekerja sama, membantu satu sama lain, atau bahkan berkompetisi. Ya meskipun hanya sebatas di dalam game, tapi siapa tahu kamu bertemu dengan jodoh kamu disana. 😉

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Nah, itulah beberapa sisi positif yang dapat kita lihat dari video games. Tapi tetap saja jika dilakukan secara berlebihan akan mendatangkan kerugian juga, baik waktu maupun energi. Jadi bermainlah seperlunya saja. Jangan sampai kamu menghabiskan waktu seharian dan lupa dengan kewajiban kamu karena sibuk dengan konsol, PC, atau smartphone kamu.

Referensi :
[1] Granic, I., A. Lobel & R. C. M. E. Engels. 2014. The Benefits of Playing Video Games. American Psychological Association 0003-066X/14/$12.00 Vol. 69, No. 1, 66–78 DOI: 10.1037/a0034857

 

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional