Ini Lho Bedanya Sushi dengan Kimbap

Kamu Tahu Bedanya Sushi dengan Kimbap?

Demam Korean Wave sepertinya tak hanya membawa pengaruh musik Kpop dan drama koreanya saja, kulinernya juga ikutan berpengaruh loh.  Di Indonesia saja saat ini sudah banyak berdiri restoran-restoran yang menyajikan makanan-makanan khas negeri gingseng tersebut.

Makanan yang paling ikonik dan menjadi favorit salah satunya adalah kimbap atau Gimbap. kimbap sendiri adalah makanan populer di Korea yang terbuat dari nasi putih (bap) yang digulung dengan lembaran rumput laut kering atau gim. Sekilas memang bentuknya sangat mirip sekali dengan makanan khas Jepang, sushi. Sushi juga sama-sama menggunakan nasi yang digulung di atas lembaran rumput laut kering atau sering disebut dengan nori.

sushi vs kimbap
sushi vs kimbap

 

Nggak heran sih kalau kimbap sama sushi mirip, karena kimbap memang terinspirasi dari sushi yang dibawa ke Korea pada masa kependudukan Jepang. Dengan bentuk irisan yang kecil-kecil dan pembuatannya yang cukup praktis, kedua makanan ini pun termasuk makanan cepat saji yang biasa dibawa sebagai bekal saat bepergian.

Eits, tapi jangan salah walaupun keduanya memiliki bentuk dan cara membuat yang hampir sama, ternyata ada perbedaan yang mendasar lho. Mau tahu apa aja perbedaanya? Yuk kepoin bareng 😀

Nasi yang digunakan

Nasi untuk membuat kimbap via seriouseats.com
Nasi untuk membuat kimbap via seriouseats.com

Perbedaan yang pertama terletak pada nasi yang digunakan. Nasi yang digunakan untuk sushi biasanya dibumbui dengan cuka ataupun anggur beras. Sedangkan nasi pada kimbap diberi minyak wijen yang tentunya memberi rasa tersendiri yang beda dengan nasi pada sushi.

Isiannya juga Beda Loh

Isian kimbap yang terdiri dari telur, daging dan sayuran via travelthayer.wordpress.com
Isian kimbap yang terdiri dari telur, daging dan sayuran via travelthayer.wordpress.com

Nah, nggak cuma nasinya aja yang beda, isiannya pun ternyata beda juga. Sushi lebih banyak menggunakan bahan-bahan mentah sebagai isiannya seperti, ikan, mentimun Jepang, ataupun alpokat. Sedangkan kimbap banyak menggunakan bahan matang seperti halnya daging, telur, sayuran dan kimchi. Selain itu kimbap juga sering diisi dengan acar sehingga rasanya sedikit agak asam.

Kalau Kepoin Bentuknya Beda juga Ternyata

kimbap dengan isian yang cukup banyak via koreanbapsang.com
kimbap dengan isian yang cukup banyak, jadi bentuknya lebih lebar via koreanbapsang.com

Untuk bentuknya sendiri, kimbap memiliki ukuran yang lebih besar dan lebar karena memiliki banyak isian di dalamnya, sedangkan sushi biasanya potongannya lebih kecil dan tebal. Jadi tetap kimbap dan sushi itu tetap berbeda.

Sekarang udah tahu kan bedanya? Kamu sendiri lebih suka yang mana? Kimbap atau sushi? 😀

 

Berbagi dan Diskusi