Ingin Tahu Kenapa Kamu Bisa Mengalami Cegukan? Ini Penjelasannya

Ini Penyebab Terjadinya Cegukan dan Cara Mengatasinya

Kamu pernah mengalami cegukan? Pastinya kamu merasa tidak nyaman dan terganggu kalau tiba – tiba mengalami cegukan saat sedang bekerja atau melakukan kesibukan. Bukan hanya gerakan yang ditimbulkan cegukan ini saja, suara khasnya pun terkadang terasa begitu mengganggu. Terkadang orang juga akan merasa kesal kalau mengalami cegukan yang berlangsung cukup lama.

Kenapa Bisa Mengalami Cegukan?

Cegukan atau istilah medisnya singultus, terjadi ketika otot diafragma berkontraksi secara tidak disadari yang disertai pentupan pita suara pada saat kontraksi, sehingga menimbulkan suara yang khas (Lanunois et al, 1993).

Nah, itulah sebabnya terdengar bunyi “hik” ketika cegukan. Otot diafragma merupakan otot yang berperan dalam pernapasan yang memisahkan rongga perut dengan rongga dada. Cegukan biasanya berlangsung singkat selama beberapa detik atau menit. Biasanya 4 – 60 cegukan/menit dengan interval yang konstan.

source : pinterest.com
source : pinterest.com

Apakah yang Menyebabkan Terjadinya Cegukan?

Cegukan dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain karena makan terlalu cepat atau banyak, minum minuman beralkohol atau bersoda, perubahan suhu udara secara tiba – tiba, merokok, perut kembung, makan makanan pedas, terlalu panas atau dingin, juga bisa dikarenakan rasa gembira atau tertekan.

Biasanya cegukan yang disebabkan oleh hal – hal tersebut berlangsung dalam waktu yang singkat dan bisa berhenti dengan sendirinya atau disebut cegukan akut (Eisnӓcher & Spiskes, 2011 ; Lanunois et al, 1993). Kamu tidak perlu khawatir jika mengalami cegukan karena penyebab di atas.

Tapi yang perlu diwaspadai, jika kamu mengalami cegukan persisten atau cegukan kronis yang dapat berlangsung selama 48 jam, bisa jadi cegukan ini merupakan indikasi adanya suatu penyakit loh.

source : pinterest.com
source : pinterest.com

Bagaimana Caranya Menghentikan Cegukan?

Meskipun cegukan yang bukan disebakan oleh gangguan kesehatan bisa berhenti dengan sendirinya, namun terkadang kita merasa terganggu bukan? Ada beberapa hal yang dapat membantu menghentikan cegukan kamu, seperti menahan napas beberapa saat, bernapas dalam kantong kertas, minum air dingin, memijat perut bagian atas, menelan gula pasir, menggigit lemon, dan menarik lutut hingga menyentuh dada (Lanunois et al, 1993).

Jika sudah melakukan penanganan di atas cegukan kamu tidak berhenti dan berlangsung hingga lebih dari dua hari.  Lebih baik segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, karena dikhawatirkan terjadi gangguan pada kesehatan kamu. Cegukan jenis ini tidak boleh diabaikan begitu saja ya.

Jadi, itulah kenapa kita bisa mengalami cegukan beserta penyebabnya. Jika kamu mengalami cegukan, kamu bisa coba aplikasikan penanganan yang sudah disebutkan di atas untuk membantu menghentikan cegukan kamu.

Referensi :

Eisnӓcher, A & J. Spiske. 2011. Persistent Hiccups (Singultus) as the Presenting Symptom of Medullary Cavernoma. Deutsches Ärzteblatt International; 108(48): 822–6.

Launois, S., J. L. Bizec., W. A. Whitelaw., J. Cabane & J. Ph. Derenne. 1993. Hiccup in Adults : An Overview. European Respiratory Journal 1993, 8, 583-575 ISSN 0903 – 1938.

 

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional