Pentingnya Peran Orang Tua untuk Mencegah Penyimpangan Perilaku Anak

Sebelum Terlambat, Orang Tua Bisa Mencegahnya

Perkembangan era globalisasi yang cukup masif sekarang ini, berdampak pada banyak aspek kehidupan. Di satu sisi kita menikmati berbagai kemudahan yang diberikan oleh berkembangnya zaman.  Namun di sisi lain, ada beragam hal yang membutuhkan perhatian lebih serius dalam penerapannya agar tidak berdampak negatif.

Disadari atau tidak, perkembangan zaman telah berpengaruh pada kehidupan kita yang mulai menjadi manusia apatis dan konsumtif.  Sayangnya, hal seperti ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Anak – anak pun mulai terkena dampakmya. Banyak perilaku menyimpang yang dilakukan oleh anak – anak usia sekolah dan perilaku ini sebagian tidak dapat ditolerir.

Beragam perilaku menyimpang mulai dari bullying, perkelahian, sampai anak usia Sekolah Dasar yang sudah main “cinta – cintaan”.  Ironis memang, namun hal itu tidak lepas dari beragam faktor yang menyebabkan penyimpangan perilaku tersebut.

Banyaknya Tayangan Televisi yang Kurang Mendidik

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Sebagian besar tayangan televisi yang ada saat ini merupakan tayangan yang kurang mendidik bagi anak. Anak – anak lebih banyak disuguhkan dengan tontonan orang dewasa yang di dalamnya banyak terkandung unsur yang dapat menurunkan moral anak – anak.

Pada kondisi seperti ini, anak-anak membutuhkan pendampingan yang lebih dari orang tuanya.  Orang tua harus mendampingi anak – anaknya saat menonton telivisi dan lebih selektif lagi dalam memilih acara televisi untuk anak – anak.

Saat pendampingan seperti inilah orang tua bisa menjelaskan pada anak tentang baik dan buruknya tayangan televisi yang ditonton. Sehingga tidak semua tontonan yang didapatkan anak dari televisi digunakan sebagai tuntunan yang kadang keliru. Orang tua harus sadar bahwa, tontonan yang kurang mendidik menjadikan anak-anak berpotensi melakukan perilaku yang menyimpang.

Lingkungan Berpengaruh pada Perilaku Anak

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Tidak dapat dipungkiri bahwa lingkungan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan moral dan mental anak.  Lingkungan yang baik akan berpengaruh pada perkembangan yang baik pula bagi anak. Sehingga anak akan memiliki moralitas dan mentalitas yang baik.

Namun, jika anak – anak hidup pada lingkungan yang kurang baik, maka anak – anak berpotensi mendapatkan pengaruh yang kurang baik pula. Dan berpengaruh pada perkembangan pribadi anak yang kurang baik.

Orang dewasa dan terutama orang tua, harus bisa memberikan contoh yang baik kepada anak – anak. Anak – anak cenderung meniru perilaku orang – orang di sekitanya yang dianggapnya sebagai model untuk dicontoh. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memilihkan lingkungan yang baik bagi pergaulan anak.

Pendidikan Anak Dimulai dari Lingkungan Keluarga

source : pixabay.com | CC0
source : pixabay.com | CC0

Keluarga merupakan fondasi utama dalam pembentukan karakter anak. Baik atau tidaknya pribadi anak tergantung dari pola didik dan nilai – nilai yang diajarkan oleh orang tuanya. Namun sayangnya, saat ini banyak orang tua yang terlalu sibuk dengan urusan pribadi dan pekerjaannya. Sehingga hanya memilki sedikit waktu untuk bisa bersama dan mendampingi perkembangan anaknya.

Baca juga : Tak Perlu Menganggap Tabu Bicara Seksualitas dengan Anak

Orang tua acap menjadi kurang beperan aktif dalam perkembangan anak; kurang memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak; kurang dalam memberikan pemahaman nilai dan norma; juga kurang dalam memberikan nasihat kepada anaknya. Perhatian orang tua memilki peran yang sangat penting dan sebagai pencegah penyimpangan perilaku anak. Karena kadang kalanya anak-anak melakukan perilaku yang menyimpang adalah sebagai wujud protes kepada orang tua.

Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi dan lingkungan pergaulan saat ini memiliki pengaruh yang besar pada perilaku menyimpang anak. Namun, keluarga bisa berperan dalam pencegahannya. Keluarga bisa mendampingi anak dalam perkembangan moral dan pembentukan karakter anak.

Jika anak sudah memilki fondasi yang baik dan kuat, maka kemungkinan kecil anak akan terpengaruh oleh lingkungan yang kurang baik. Bagi orang dewasa dan orang tua, berperilakulah yang baik jika di sekitar kamu ada anak – anak.  Mari kita lindungi anak – anak dari pengaruh negatif perkembangan zaman, sehingga kita bisa berperan dalam menciptakan generasi bangsa yang lebih baik.

Berbagi dan Diskusi

Pemimpi Profesional