Mau coba Hal baru? Cobalah Wisata Omah Kayu Malang

Piknik ke Omah Kayu Malang

Jika mendengar kota Malang, pertama kali yang akan diingat oleh pembaca pastilah buah Apel. Iya, Malang terkenal dengan sebutan kota apel dan semakin terkenal dengan ditulis dan difilmkannya sebuah buku karya Iwan Setyawan, Ten Summer nine Autumn yang menceritakan perjuangan seorang lelaki miskin yang memiliki impian besar sehingga mampu mengantarkannya menuju Negara Big Apple, tak lain adlaah negeri Paman Sam, Amerika.

Nah,selain terkenal dengan sebutan kota Apel, Malang ternyata menawarkan banyak wisata alam yang tak kalah menarik, diantaranya adalah Omah Kayu yang terletak di Batu Malang,Bdengan lokasi ada di kawasan obyek wisata Gunung Banyak, Desa Pandesari kecamatan Pujon Kabupaten Malang.

Apa itu Gunung Banyak?

Gunung Banyak adalah tempat paling terkenal di Malang, yaitu sebagai lokasi wisata Batu Paralayang. Dari pusat kota Malang, ia memiliki jarak sekitar 30 km atau jika ditempuh dengan kendaraan berkecepatan rata-rata membutuhkan waktu sekitar satu jam.    Bagi Anda yang hendak berwisata di tempat itu, bisa pula mencoba beberapa tempat lain sebagai rangkaian perjalanannya. Di antaranya adalah air terjun Coban Rondo, wisata songgoriti, air terjun Supit Urang, Coban sewu dan air terjun Pitu Pujon.

Keunikan dari wisata Omah Kayu

Sumber: merahputih.com
Sumber: merahputih.com

Keunikan dari wisata Omah Kayu di Batu adalah adanya enam unit bangunan rumah yang di desain full dengan bahan baku dari kayu yang masing-masing memiliki keluasan 3x2x2 meter. Kayu Eukaliptus adalah bahan berualitas yang digunakan sebagai  kerangka bangunan dan juga untuk pagar serta balkon. Dan walau dibangun menggunakan batang kayu pinus, tapi rumah-rumah ini sangat kuat dan bisa menampung beban untuk enam orang.

Jika melihat lokasi rumah kayu yang ada di sebelah barat kota Batu dan terletak di puncak perbukitan atau gunung yang mengitari nya, maka akan terdapat satu keunikan jika Anda ingin menginap atau sekadar foto-foto di sana. Pemandangan menakjubkan dan tiada duanya akan bisa dirasakan baik pada siang ataupun malam hari.

Tiket masuk obyek wisata Omah Kayu adalah sebesar Rp 5000 per orang. Namun jika Anda ingin menginap ada dua varasi harga, yaitu harga weekend dan weekdays. Untuk weekend harganya Rp 450.000, sementara untuk weekday harganya Rp 350.000.

Rute Wisata Omah Kayu

Rute menuju tempat wisata Omah Kayu bisa diakses dari berbagai kota besar seperti Surabaya-Pasuruan, Kediri-jombang, Mojokerto maupun Blitar. Secara umum rutenya adalah menuju desa Pandesari kecamatan Pujon, Malang. Dan disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi baikm mobil ataupun motor karena akses masuknya yang jauh dari jalan utama.

Berbagi dan Diskusi

Written by Aisy Laztatie

Suka Jalan-jalan