Ketahuilah, Masa Depan Terencana adalah Penentu Berhasil atau Tidaknya dalam Meraih Cita-cita

Perencenaan adalah kunci Meraih Cita-cita

“Apa cita-citamu kalau sudah besar nanti?” Itu adalah kalimat tanya yang dialami oleh sebagian besar orang khususnya pada masa kecil. Ada yang bercita-cita menjadi dokter, perawat, pilot, nahkoda, pemain bola, dan cita-cita lain sebagai motivasi semasa kecil.

Namun setelah dewasa, ada yang masih ingat dengan cita-cita masa kecilnya namun tak sedikit pula yang sudah melupakannya. Sebagian dari yang ingat itu belum tentu bisa memenuhi cita-cita masa kecil, apalagi yang telah melupakannya. Dan sebagian lainnya akhirnya juga lebih memilih mengejar cita-cita lain, apalagi setelah memperoleh banyak faktor yang memengaruhi perjalanan hidupnya.

Setelah dewasa dan bisa menentukan pilihan, seseorang akan meyakini jalan dan atau harapan hidup yang dipilih. Ada yang memiliki pada hal sederhana, ada pula yang memiliki harapan setinggi langit. Ada yang berusaha sekeras mungkin untuk menggapainya, ada juga yang memilih mengalir mengikuti arah kehidupan.

Jika kamu ingat dengan cita-cita masa kecilmu yang mungkin sampai saat ini belum terwujud. Tentunya kamu tidak akan menginginkan hal yang sama dengan cita-citamu setelah dewasa kan? Oleh karenanya, akan lebih baik adalah mulai membuat perencanaannya sedari sekarang demi cita-cita yang terealisasi.

Dengan Membuat Perencanaan Masa Depan, Kamu Memiliki Jembatan pada Cita-cita yang Ingin Kamu Raih

Sources: pixabay.com | CC0
Sources: pixabay.com | CC0

Saat¬† dewasa kamu akan memiliki “cita-cita masa depan” yang bukan lagi sebagaimana cita-cita semasa kecil, karena itu penting bagi kamu untuk membuat perencanaannya dengan sungguh-sungguh. Perencanaan masa depan merupakan jembatan asa yang menghubungkan antara cita-cita dengan kenyataan.

Memiliki perencanaan masa depan, akan membuat kamu memiliki arah tujuan dalam hidup. Kamu bisa menyusun tahapan-demi-tahapan jika ingin merealisasikan cita-cita. Dan akan membuat kamu bisa mengevaluasi dirimu sendiri, serta mengoreksinya jika yang kamu lakukan tidak sesuai dengan perencanaan yang kamu buat.

Setiap tahapan yang mampu kamu lewati dengan baik, akan membuat kamu semakin bersemangat untuk terus melewati tahapan berikutnya. Kamu bisa mengukur kemampuan yang kamu miliki dan membuat strategi hidup yang lebih baik lagi. Sehingga cita-citamu tidak hanya akan menjadi mimpi pada siang bolong.

Perencanaan Masa Depan yang Baik, Menjadi Takaran untuk Potensi yang Kamu Miliki

Sources: pixabay.com | CC0
Sources: pixabay.com | CC0

Ketika menentukan cita-cita masa depan yang ingin diraih, tentunya kamu tidak boleh asal-asalan. Kamu harus bisa menakar potensi yang ada dalam dirimu sendiri, sehingga kamu tahu sampai batas mana kemampuan yang kamu miliki.

Perencanaan masa depan yang baik, adalah perencanaan yang dibuat menyesuaikan dengan potensi yang kamu miliki. Dengan begitu potensi yang ada dalam dirimu bisa kamu maksimalkan untuk arah tujuan yang sudah kamu rencanakan.

Mampu atau tidaknya kamu dalam melalui tahapan setiap perencanaan masa depan, bisa kamu pertimbangkan dengan potensi yang kamu miliki. Memetakan tantangan yang mungkin akan kamu temui dan memikirkan cara penyelesaiannya sesuai dengan kemampuanmu. Kamu bisa membalik ketidakmungkinan menjadi sesuatu yang mungkin. Tentunya dengan memiliki perencanaan masa depan yang baik.

Perencanaan Masa Depan akan Membuat Kamu Terhindar dari Sikap Pasrah pada Nasib

Sources: pixabay.com | CC0
Sources: pixabay.com | CC0

Berlari, jatuh, bangun, berlari lagi dan jatuh lagi, lalu bangun lagi. Hal seperti ini mungkin akan kamu alami dalam usaha menggapai cita-cita. Tapi dengan memiliki perencanaan masa depan yang baik, akan membuat kamu terhindar dari sikap pasrah ketika kamu dalam kondisi sedang terjatuh.

Berbeda dengan orang yang tidak memiliki perencanaan masa depan dalam hidupnya. Orang seperti ini cenderung akan memilih sikap pasrah pada nasib. Tidak tahu harus berbuat apa, karena tidak pernah membuat perencanaan sebelumnya.

Perencanaan masa depan yang baik, merupakan kekuatan yang akan selalu membangkitkanmu ketika berada dalam keterpurukan sekalipun. Kamu akan punya visi yang jelas dalam hidup, sehingga tidak mudah bersikap pasrah meski telah terjatuh berulang kali.

Masa depan memang tidak ada yang pernah bisa menebaknya dan mungkin akan menjadi sesuatu yang tak pernah terduga. Tapi sebagai manusia kita harus selalu yakin bahwa, potensi yang ada dalam diri manusia sudah dipersiapkan oleh Tuhan untuk masa depan. Buatlah perencanaan masa depanmu dan maksimalkan potensi yang kamu miliki untuk meraih cita-cita.

Berbagi dan Diskusi

Written by Yudi Setyadi

Penyuka kopi dan gunung