Inilah 5 Alasan Kenapa Perlu Meminta Maaf ke Mantan

Meminta maaf ke mantan, Perlu ga sih?

“Dear Mantan, Maafkan Aku yang Dulu” merupakan sebuah meme yang belakangan ini ramai beredar di berbagai media sosial. Sebuah meme yang juga disertai visualisasi-foto penampakan berbeda antara penampilan dulu yang masih culun dengan penampilan sekarang yang sudah terlihat lebih ganteng ataupun cantik.

Ketika diperhatikan secara seksama, ada yang menganggap bahwa di balik meme permintaan maaf tersebut tidak terdapat ungkapan maaf yang tulus. Sebaliknya, justru terselip makna yang menunjukkan perubahan; bahwa setelah putus dari sang mantan malah bisa jadi lebih kece. Ini dibuat seolah bertujuan agar si mantan terkesan menyesali keputusannya itu.

Sebenernya Perlu Enggak, Minta Maaf Kepada Sang Mantan itu?

“Buat apa minta maaf, udah bikin sakit hati kok,”‘ngapain minta maaf, orang aku gak ada salah kok sama dia,” atau “aku udah ga ada hubungan lagi sama dia, cuy.” Begitulah kalimat-kalimat yang biasanya akan muncul.

Lalu bagaimana cara meminta maaf tapi juga masih terlihat oke dan tak terkesan gengsi dan jaim? Berikut adalah beberapa alasan permintaan maaf itu kita lakukan;

Biar Tali Silaturahmi Tetap Terjaga

silaturahmi sama mantan via Designed by Freepik
silaturahmi sama mantan via Designed by Freepik

Ketika sudah putus berpacaran, biasanya akan retak pula hubungan ataupun jalinan silaturahmi. Padahal bagaimanapun juga yang namanya pernah pacaran pasti pernah menjalin hubungan baik. Dan hubungan baik itu bukan saja dilakukan dengan sang mantan, tapi juga dengan keluarga mantan.

Menyikapi hal tersebut, dengan meminta maaf secara tulus dan ikhlas bisa jadi itu merupakan bagian dari tindakan rekonsiliasi, yaitu menyambungkan kembali keretakan dalam sebuah hubungan yang pernah terjalin. Kuncinya adalah memaafkan segala yang pernah terjadi dan kembali kuatkan jalinan tali silaturahmi, serta ingat pula untuk jangan pernah baper alias selalu ‘membawa perasaan. 😉

Manusia adalah Makhluk yang Tak Bisa Luput dari Salah

Minta maaf via Shutterstock
Minta maaf via Shutterstock

Gak usah muna deh kalau selama kamu pacaran dengan sang mantan pasti pernah bikin salah, baik disengaja maupun ga disengaja. Entah pernah minjem duitnya ga dibalikin, ngrusakin/ngilangin barangnya, atau bahkan membuat hatinya terluka dalam. Jadi minta maaflah.

Kodrat Manusia untuk Saling Memaafkan

maaf-maafan via pixabay.com
maaf-maafan via pixabay.com

Setiap agama pasti mengajarkan umatnya untuk saling memaafkan. Mungkin kemarin mantan duluan yang minta maaf karena ngerasa ada salah sama kamu, nah sekarang, kamu pun hendaknya juga meminta maaf atas kesalahan yang pernah kamu perbuat.

Biar Jalan Move On Semakin Mulus

move on via penulispro.net
move on via penulispro.net

Udah berusaha move on tapi belum bisa juga karena merasa masih ada yang mengganjal? Mungkin salah satu penyebabnya adalah kamu belum minta maaf. Coba deh kamu minta maaf dengan tulus, siapa tau dengan begitu beban yang mengganjal di hati bisa hilang dan jalan untuk move on jadi lebih mulus lagi.

Sebentar lagi Lebaran

Ilustrasi syawalan via rw12parkid.blogspot.com
Ilustrasi syawalan via rw12parkid.blogspot.com

Nah kalau di hari-hari biasa kamu masih ngerasa gengsi untuk meminta maaf kepada mantan, mungkin kamu bisa melakukannya di momen lebaran yang akan datang. Karena di momen Lebaran, orang-orang akan saling meminta maaf atas semua kesalahan, jadi kamu bisa sekalian memanfaatkan momen ini untuk meminta maaf juga ke mantan.

Gimana, sudah menyiapkan hati untuk minta maaf sama mantan? Peace!

Berbagi dan Diskusi