Saat Ini Kamu Masih Jomblo? Mungkin Ini Penyebabnya

Percayalah bahwa menjadi jomblo bukan berarti kamu tidak laku

Status jomblo yang kamu sandang mungkin saja membuatmu malu, hingga kadangkala keluar ucapan dari mulutmu bahwa menjadi jomblo adalah pilihan. Tapi tenang saja, menjadi jomblo bukan berarti kamu tidak laku. Mungkin kamu belum bertemu dengan orang yang tepat saja.

Berstatus jomblo bisa saja terjadi karena kamu belum memiliki kesempatan untuk menjalin hubungan dengan seseorang. Bisa jadi hanya masalah waktu yang belum tepat, seingga kamu masih harus terus bersabar.

Tapi tiada salah lho kamu mawas diri. Karena menjadi jomblo, bukan tidak mungkin disebabkan karena sikapmu sendiri selama ini. Menjadi pribadi yang lebih baik mungkin adalah kata kunci setelahnya. Kalau saat ini kamu masih jomblo, tolong deh amati lima hal berikut ini. Siapa tahu kamu menjadi salah satu pelakunya.

Terlalu Sibuk dengan Duniamu Sendiri Hingga Kamu Lupa Mencari Pasangan

sumber : pixabay.com
sumber : pixabay.com

Jika kamu sampai saat ini masih jomblo, mungkin saja selama ini kamu terlalu sibuk dengan duniamu sendiri. Kamu terlalu sibuk belajar, terlalu sibuk bekerja, terlalu sibuk dengan hobi, atau terlalu sibuk dengan hal lain yang membuatmu lebih banyak menyendiri.

Alasan ingin fokus pada hal tertentu boleh saja menjadi prioritasmu, tapi jangan sampai alasan ini membuatmu melupakan kehidupan pribadi. Terlalu sibuk dengan duniamu sendiri membuat kamu jarang bersosialisasi bersama teman-temanmu. Hal ini akan membuatmu kehilangan kesempatan untuk bisa dekat dengan seseorang, atau mengenal orang baru yang mungkin saja bisa jadi calon pendampingmu.

Kalau menurut kamu saat ini adalah waktu yang tepat bagimu mencari pasangan, introspeksi dirilah. Tanyakan pada dirimu sendiri bagaimana kehidupanmu selama ini. Tinggalkan sejenak rutinitasmu yang banyak menyita waktu. Bersosialisasilah, dengan begitu akan banyak orang mengenalmu dan membuka kesempatan bagimu mendapatkan pasangan.

Kamu Terus Berharap Mendapatkan Pasangan yang Sesuai Idamanmu

sumber : pixabay.com
sumber : pixabay.com

Pasangan idaman tentunya menjadi salah satu kriteria agar bisa memiliki pasangan yang sesuai harapan. Tapi jangan sampai hal ini membuat kamu menjadi kaku dan selalu menutup diri. Kamu tidak akan pernah tahu siapa orang yang bisa membuatmu bahagia kelak. Bisa saja orang itu sebenarnya tidak sesuai dengan kriteria idamanmu.

Terus berharap mendapatkan pasangan yang sesuai idamanmu, akan membuat kamu menolak kehadiran orang lain yang tertarik padamu. Kamu harus sadar bahwa kamu sendirilah yang menutup kesempatan untuk bisa mendapatkan pasangan.

Jadi kalau sampai saat ini kamu masih jomblo karena alasan seperti ini, kamu harus belajar untuk bisa menerima kehadiran orang lain. Cocok atau tidak, bahagia atau tidak, hanya kamu yang bisa merasakan setelah kamu memiliki pasangan. Cobalah untuk membuka diri dan cobalah untuk menerima orang lain. Meskipun pada awalnya dia tidak sesuai dengan kriteria idamanmu. Bukankah ada pepatah Jawa yang mengatakan “Tresna jalaran saka kulina?” alias Cinta bisa tumbuh karena terbiasa.

Tidak Percaya Diri dan Merasa Takut Ditolak Ketika Ingin Mencoba

sumber : pixabay.com
sumber : pixabay.com

Ketika kamu merasa memiliki kekurangan dalam dirimu dan itu membuatmu tidak percaya diri. Mungkin saja hal ini yang menjadi penyebab kamu merasa takut ditolak saat mencoba mendekati seseorang. Hal seperti ini akan membuat kamu berusaha untuk mengubah diri, hingga kadang melakukan hal konyol yang sebetulnya tidak sesuai dengan dirimu.

Orang yang dengan tulus menyanyangimu adalah yang bisa memahami dan menerimamu apa adanya. Dan tentunya kamu pingin punya pasangan yang memiliki perasaan tulus padamu, kan? Jadi tidak perlu mengubah diri kamu yang justru membuat kamu menjadi orang lain yang sebetulnya  sangat menyiksa.

Hargailah dirimu sendiri dan percaya dirilah dengan apa yang sekarang kamu miliki. Dengan begitu kamu tidak akan lagi merasa takut ditolak jika ingin mendekati seseorang.

Kamu Gengsi untuk Mengakui Kalau Saat ini Kamu Jomblo

sumber : pixabay.com
sumber : pixabay.com

Meskipun sering dibully oleh teman-temanmu karena saat ini masih jomblo, jangan sampai hal ini membuat kamu gengsi untuk mengakuinya. Kamu tidak perlu pura-pura sudah punya pasangan atau beralibi bahwa saat ini kamu memilih untuk single. Hal seperti ini hanya akan merugikanmu sendiri.

Mengakulah jika memang saat ini kamu masih jomblo. Ceritakan saja pada temanmu tentang alasan apa yang membuat kamu masih jomblo. Dengan begitu kamu akan punya teman untuk berbagi dan memungkinkan kamu menemukan solusi atas kejombloanmu saat ini.

Kamu Sering Galau dengan Pilihanmu Sendiri

sumber : pixabay.com
sumber : pixabay.com

Omongan atau pendapat teman tentang orang yang sedang kamu dekati atau orang yang sedang mendekatimu. Sering kali membuat kamu galau untuk menentukan pilihanmu sendiri. Padahal kamu belum tahu kebenaran tentang pendapat dari temanmu.

Daripada kamu galau dengan pilihanmu sendiri, akan lebih baik kalau kamu memastikannya sendiri tentang pilihanmu. Kamu bisa kok melakukan observasi kecil-kecilan tentang orang yang sedang dekat denganmu. Kamu bisa tanya tentang dia ke teman-temannya atau mengamati kebiasaannya, kepo sedikitlah agar kamu bisa mengambil keputusan yang tepat.

Tapi kalau kamu memang saat ini memiliki pilihan untuk tetap menyandang status jomblo karena alasan tertentu. Sebaiknya kamu jadi jomblo yang berkualitas. Kamu Pengen Jadi Jomblo yang Berkualitas? Ikuti Cara Ini Deh

Berbagi dan Diskusi

Written by Yudi Setyadi

Penyuka kopi dan gunung