Meski Sudah Putus, Kamu Tetap Pantas Berteman dengan Mantanmu

Berdamailah dan tetaplah berteman dengan dia

Putus dari pacar mungkin menjadi hal yang tidak pernah terpikirkan saat awal menjalin hubungan dengan dia. Begitu pula dengan rasa marah dan benci yang menjadi dampak dari berakhirnya jalinan kasih antara kalian berdua.

Berakhirnya sebuah hubungan bukan berarti kamu harus mengakhiri segala hal yang berhubungan dengan mantan, termasuk pertemanan. Seburuk apa pun mantanmu, dia adalah orang yang pernah mengisi bagian dalam hidupmu. Dan tentu saja pernah berbuat baik padamu.

Berdamailah dengan dirimu sendiri dan jangan lagi menambah masalah dengan menjadikan mantan sebagai musuhmu. Meski sudah putus, alasan berikut ini bisa jadi pertimbangan bahwa kamu tetap pantas berteman dengan mantanmu.

Putus dari pacar bukan berarti harus musuhan

sumber : pixabay.com
sumber : pixabay.com

Rasa sakit hati karena putus dari pacar memang menjadi hal yang sulit untuk dihilangkan. Tapi hal ini bukan berarti kamu harus menjadikan mantanmu sebagai musuh dalam hidupmu. Ketika kamu memulai hubungan dengan dia, pastinya kamu memulai dengan cara yang baik. Hingga tidak ada yang pernah tahu kalau hubunganmu dengan dia harus berakhir.

Kamu tidak boleh egois melimpahkan semua kesalahan pada mantanmu. Karena berakhirnya sebuah hubungan berarti kamu dan dia memang tidak bisa merawat hubungan dengan baik. Jadi, jangan sampai hubungan yang diawali dengan cara baik, malah harus diakhiri dengan cara yang buruk dan menjadikan mantan sebagai musuh.

Tunjukanlah kalau kamu adalah pribadi yang baik

sumber : pixabay.com
sumber : pixabay.com

Jika kamu merasa sakit hati pada mantan dan membuatmu merasa dendam padanya, lebih baik cepat-cepat buang rasa dendam seperti ini. Maafkanlah kesalahan yang sudah dia lakukan dan berusahalah untuk tidak mengungkitnya. Memelihara rasa dendam hanya akan mendorongmu untuk melakukan hal yang negatif dan merugikan dirimu sendiri.

Jika kamu bisa memaafkan dan tetap bersikap baik padanya. Kamu adalah orang yang memiliki sikap kontrol diri yang baik, dan itu menunjukan betapa baiknya kepribadianmu. Tetaplah berteman dengan mantanmu dan jagalah sikap baikmu yang seperti ini.

Dia pernah melakukan banyak hal untukmu

tetang LDR
Sumber: Pixabay.com

Seberapa besar marah atau bencimu pada mantanmu?. Pernahkah kamu membandingkannya dengan banyak hal yang sudah dia lakukan untukmu?. Tunjukanlah kedewasaanmu dengan tidak bersikap seperti anak kecil tanpa mempertimbangkan baik buruknya tindakan.

Marah dan benci karena merasa sakit hati tentu boleh saja, itu menjadi hal yang wajar. Tapi kemarahan dan kebencianmu bukan berarti harus membuatmu melupakan banyak hal yang telah dia lakukan untukmu. Bersikap adillah, meski dia tidak lagi pantas menjadi pacarmu tapi dia tetap pantas jadi temanmu.

Tetap menjalin pertemanan bukan berarti berharap untuk balikan

sumber : pixabay.com
sumber : pixabay.com

Ketika kamu tetap berteman dengan mantanmu, mungkin akan banyak teman yang mengejek dan mengira kamu bakal balikan sama dia. Tidak perlu mempedulikannya, tetaplah berteman dan tunjukan bahwa kamu dan mantan saat ini hanya sebatas teman.

Tapi jangan sering baper alias bawa perasaan ya, bersikaplah biasa dan bertemanlah sewajarnya. Berilah pengertian pada mantanmu yang sekarang jadi temanmu, agar tidak lagi mengungkit-ungkit masa lalu. Dengan begitu pertemananmu dengan dia tidak akan terganggu karena masalah perasaan yang mungkin masih belum tuntas.

Berbagi dan Diskusi

Written by Yudi Setyadi

Penyuka kopi dan gunung