Mumpung Masih Muda, Cobalah Lima Jenis Aktivitas Alam Bebas Ini

Alam bebas akan mengajarkanmu banyak hal

Masih muda dan punya banyak waktu luang, menjadi kesempatan yang harus kamu manfaatkan sebaik mungkin untuk menambah pengalaman. Daripada hanya sibuk melototin gadget dan bikin kamu selalu mager alias males gerak. Lebih baik manfaatkan saja waktumu untuk mencoba beraktivitas di alam bebas.

Aktivitas di alam bebas bisa mengajarkanmu akan banyak hal. Sampai ada istilah yang menyatakan “jika ingin tahu karakter asli seseorang, ajaklah dia naik gunung”. Aktivitas alam bebas tentu bukan hanya mendaki gunung saja. Ragam aktivitas alam bebas bisa kamu coba, dan kamu akan belajar banyak hal dari alam.

Gunung, bukit, tebing, lembah, sungai, air terjun, lautan, Indonesia memiliki semuanya. Jadi selagi masih muda, tambahlah pengalamanmu dengan melakukan lima jenis aktivitas alam bebas ini.

Climbing untuk menantang adrenalinmu

sumber : pixabay.com
sumber : pixabay.com

Climbing merupakan aktivitas alam bebas yang membutuhkan keterampilan dan peralatan khusus. Aktivitas ini membutuhkan medan berupa tebing batu yang memiliki kemiringan di atas 80 derajat. Climbing mutlak memerlukan alat bantu khusus panjat tebing.

Pengetahuan tentang tebing yang akan dipanjat dan penguasaan dalam penggunaan alat menjadi syarat utama dalam aktivitas climbing. Aktivitas ini juga membutuhkan latihan dan keterampilan khusus. Kalau kamu masih pemula, aktivitas ini harus didampingi oleh orang yang sudah berpengalaman.

Expedition bisa kamu lakukan jika ingin menjelajah alam bebas

sumber : pixabay.com
sumber : pixabay.com

Expedition merupakan kegiatan pendakian yang membutuhkan ragam pengetahuan dan waktu yang lama untuk dilakukan. Aktivitas ini biasanya dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisir dalam satu tim dan telah memiliki persiapan yang cukup matang.

Variasi medan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda, mengharuskan seseorang memiliki kemampuan melakukan jenis aktivitas yang bervariasi. Aktivitas expedition juga membutuhkan perbekalan yang dipersiapkan sesuai kebutuhan medan, waktu dan jarak tempuh yang akan dilalui.

Expedition biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah terlatih dan memiliki kemampuan penguasaan medan yang baik. Ajaklah teman-temanmu sesekali untuk melakukan expedition, kalian bisa belajar saling bekerjasama dalam tim.

Mengintip keindahan bawah laut dengan snorkeling

sumber : pixabay.com
sumber : pixabay.com

Snorkeling adalah aktivitas berenang di permukaan air untuk melihat apa yang ada di bawah permukaan air. Karena dilakukan di permukaan, aktivitas snorkeling tidak membutuhkan tabung udara sebagai alat bantu pernafasan. Pada aktivitas snorkeling, penyelam menggunakan snorkel sebagai alat bantu pernafasan.

Snorkel adalah peralatan selam berupa selang berbentuk huruf ‘J’ dengan pelindung mulut  di bagian ujung sebelah bawah. Alat ini berfungsi sebagai jalan masuk udara ketika bernafas dengan mulut, tanpa harus mengangkat muka dari permukaan air.

Selain menggunakan snorkel, penyelam juga menggunakan peralatan berupa masker selam dan alat bantu gerak yang mirip dengan kaki katak (sirip selam). Banyak rekomendasi laut di Indonesia yang menjadi surga untuk melakukan snorkeling, cobalah.

Menyelam lebih dalam dengan scuba diving

sumber : pixabay.com
sumber : pixabay.com

Scuba diving adalah kegiatan menyelam di bawah permukaan air menggunakan alat bantu pernafasan dengan tabung udara. Kata scuba sendiri berasal dari singkatan Self Contained Underwater Breathing Apparatus, alat inilah yang dibawa sendiri oleh para penyelam saat melakukan penyelaman. Dengan tabung udara yang dibawa saat melakukan penyelaman, para penyelam lebih bebas beraktivitas di dalam air.

Pada scuba diving, kegiatan menyelam memungkinkan dilakukan pada air yang lebih dalam karena ketersediaan udara dalam tabung untuk bernafas. Pemakaian baju selam sangat dibutuhkan untuk menjaga kemungkinan tergores karang atau benda lain di dalam air. Scuba diving tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Butuh pengetahuan dan kemampuan yang memadai untuk melakukan penyelaman scuba.

Canyoning, menyusuri sungai dengan memadukan berbagai teknik disiplin alam bebas

sumber : pixabay.com
sumber : pixabay.com

Canyoneering atau sering disebut Canyoning merupakan aktivitas yang digolongkan olahraga alam bebas. Olah raga jenis ini berbasis penelusuran sungai, ngarai/lembah, dan air terjun yang memadukan berbagai teknik disiplin alam bebas.

Canyoning merupakan sebuah disiplin ilmu alam bebas yang merangkum beberapa teknik sekaligus seperti pemanjatan (climbing), turun tebing (rapeling), berenang (swimming), dan lompat tebing (cliff jumping). Pada beberapa kondisi tertentu, menyelam (diving) juga menjadi bagian dari canyoning.

Aktivitas yang belakangan umum disebut dengan canyoning tersebut awalnya merupakan aktivitas yang lebih ditujukan untuk penelitian seperti hidrologi, klimatologi, ekologi, dan berbagai penelitian lain. Canyoning telah berkembang sejak akhir 1800-an di wilayah Eropa dan Amerika, serta semakin berkembang di wilayah Australia yang disebut sebagai surga para canyoneer (sebutan untuk pegiat canyoning).

Tapi tenang saja, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Australia kok. Kamu bisa mencoba canyoning di beberapa tempat di Indonesia, seperti di Bali dan Purwokerto, Jawa Tengah.

Jadi, tunggu apa lagi. Segera manfaatkan waktu luangmu untuk melakukan ragam aktivitas alam bebas ini. Jangan sampai kamu hanya mendengar cerita dari temanmu tentang keasyikan menjelajah alam bebas.

Berbagi dan Diskusi

Written by Yudi Setyadi

Penyuka kopi dan gunung