Buat yang Punya Pacar, Hindari Seks Pra Nikah dengan Cara Ini

Seks Pra Nikah Hanya Akan Membuat Kamu Rugi

Rasa keingintahuan yang besar dan dorongan untuk memenuhi hasrat seks yang dimiliki oleh seorang remaja. Menjadikan remaja rentan terhadap pengaruh buruk yang mungkin didapatkan dari lingkungannya.

Pada jaman sekarang ini, pergaulan dan media memiliki pengaruh yang besar pada banyaknya remaja yang melakukan penyimpangan seks atau seks pra nikah. Hal ini terjadi karena kurangnya filter yang menyaring informasi tentang seks yang didapatkan oleh remaja.

Pemahaman yang salah berpotensi menjadikan remaja untuk melakukan hubungan seksual yang sebetulnya belum pada waktunya. Jika kamu saat ini sudah memiliki pacar, hal-hal berikut ini akan sangat bermanfaat buat kamu dan pacarmu. Agar kalian terhindar dari seks pra nikah.

Jangan sampai salah mengartikan rasa kasih sayang

sumber : pixabay.com
sumber : pixabay.com

Menyayangi atau disayangi oleh pacar tentu menjadi keinginan setiap orang. Rasa sayang ini bisa diungkapkan dengan berbagai cara, seperti memberi hadiah, membantu pasangan saat ada kesulitan, atau dengan cara lainnya sebagai wujud kasih sayang.

Meskipun terkadang kamu harus berkorban sesuatu untuk menunjukan rasa sayangmu pada pacarmu. Namun, saling menyayangi bukan berarti harus memberikan atau melakukan segala hal untuk pacar.

Baca juga : Kalau Kamu Punya Pacar yang Begini, Sebaiknya Kamu Putusin Kalau Tidak Mau Berubah

Kamu harus bisa tegas pada pacarmu untuk mengatakan “Tidak”, jika dia mengajakmu melakukan seks pra nikah. Jika pacarmu tetap memaksa, lebih baik putuskan saja. Itu berarti dia memang tidak sungguh-sungguh menyayangimu. Tidak usah takut kehilangan pacar macam itu, kamu pasti bisa mendapatkan yang lebih baik lagi. Dan pastinya orang yang bisa memahami arti kasih sayang sebenarnya.

Mintalah pacarmu untuk rajin beribadah

sumber : pixabay.com
sumber : pixabay.com

Sebagai pacar yang baik, kamu seharusnya sering mengingatkan atau meminta pacarmu untuk rajin beribadah. Jika dia rajin beribadah, dia akan selalu ingat pada Tuhan dan taat pada ajaran agama yang baik.

Ketaatannya akan membuat dia memiliki pengendalian diri yang baik. Dia akan menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan yang melanggar ajaran agamanya. Sehingga tidak akan muncul niat untuk mengajakmu melakukan seks pra nikah.

Tinggal tugas kamu deh, untuk sama-sama mengendalikan diri dan saling menjaga keimanan masing-masing. Ingat, seks pra nikah bisa terjadi bukan karena hanya ada niat salah satu pihak, tapi juga karena ada kesempatan.

Belajarlah pendidikan seks dari sumber yang benar

sumber : pixabay.com
sumber : pixabay.com

Kematangan biologis yang dialami remaja pada masa perkembangannya, akan membuat remaja mudah terpengaruh oleh stimulasi yang merangsang gairah seksual. Jangan sampai kondisi ini mendorong kamu untuk mencari informasi tentang seksual pada sumber yang salah. Misalnya melihat gambar atau film porno, atau membaca cerita-cerita cabul yang banyak tersebar di internet saat ini.

Jika memiliki rasa penasaran tentang seksual, carilah sumber informasi yang benar. Akan lebih baik kalau kamu belajar tentang seksual dari orang tuamu sendiri. Jangan malu untuk bertanya, mintalah orang tuamu untuk tidak menganggap obrolan tentang seksual sebagai hal yang tabu.

Baca juga : Pacarmu Selingkuh? Putuskan Saja, Ini Alasannya

Ingat, informasi yang salah akan membuat kamu memiliki pemahaman yang salah, dan berpeluang membuatmu melakukan hal yang salah pula. Carilah sumber informasi yang benar tentang seksual, sehingga kamu tidak akan salah jalan.

Manfaatkan masa remajamu untuk memahami peran sosial

sumber : bocahbancar.wordpress.com
sumber : bocahbancar.wordpress.com

Pemahaman tentang seksualitas bukan hanya tentang pemahaman terhadap hubungan seks yang dilakukan antara laki-laki dan perempuan. Sikap dan perilaku yang baik, serta pemahaman terhadap peran sosial laki-laki dan perempuan dalam lingkungan masyarakat. Akan menjadikan kamu memiliki kematangan sikap dan tindakan, serta mampu menghindarkan diri dari perilaku-perilaku yang menyimpang.

Ambillah peran sosialmu di dalam masyarakat dan pahamilah norma dan hukum yang berlaku. Dengan begitu kamu akan mampu menghindarkan diri dari perilaku seksual yang menyimpang. Dan tentunya kamu akan menjadi remaja yang memiliki pengendalian diri yang baik dan terhindar dari seks pra nikah.

Berbagi dan Diskusi

Written by Yudi Setyadi

Penyuka kopi dan gunung